Analisis Berpikir Kritis Kimia dalam Menyelesaikan Soal Two-Tier Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa

Alusti Cundo Manik, Siti Suryaningsih, Buchori Muslim

Abstract


Berpikir kritis merupakan salah satu tujuan penting dalam pendidikan untuk menghadapi pembelajaran kimia abad ke-21 namun pada umumnya kemampuan tersebut masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan setiap soal two-tier berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis kimia dan level akademik mahasiswa. Metode penelitiannya deskriptif kualitatif pada 31 mahasiswa semester 2 tahun ajaran 2018/2019 Program Studi Pendidikan Kimia. Subjek dibagi atas tiga kelompok yaitu level kemampuan tinggi (14 orang), sedang (10 orang), dan rendah (7 orang). Instrumen yang digunakan berupa tes soal two-tier. Pengolahan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi (mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa baik secara keseluruhan maupun berdasarkan level kemampuan kimia (tinggi, sedang, rendah) sudah memiliki kemampuan menjelaskan suatu konsep kimia (grafik titrasi) namun masih rendah dalam mambandingkan kekuatan asam basa berdasarkan ikatan O-H dan keelektronegatifan. Sehingga kemampuan berpikir kritis kimia yang dimiliki mahasiswa mampu mendorong dalam memahami konsep-konsep dasar kimia lebih mendalam agar dapat memberikan pemahaman pada tingkat makroskopis maupun mikroskopis.

Keywords


Berpikir kritis, level kemampuan, two-tier

Full Text:

PDF

References


Adair, D., & Jaeger, M. (2016). Incorporating ‎Critical Thinking into an Engineering ‎Undergraduate Learning Environment. ‎International Journal of Higher ‎Education, 5(2), 23–39. ‎https://doi.org/10.5430/ijhe.v5n2p23‎

Alatas, F. (2014). Hubungan Pemahaman ‎Konsep dengan Keterampilan Berpikir ‎Kritis Melalui Model Pembelajaran ‎Treffinger pada Mata Kuliah Fisika Dasar. ‎Edusains, 6(1), 87–99.‎

Carson, J. (2006). A Problem with Problem ‎Solving: Teaching Thinking without ‎Teaching Knowledge. Mathematics ‎Educator, 17(2), 7–14. Retrieved from ‎http://eric.ed.gov/?q=A+Problem+With+Problem+Solving&id=EJ841561‎

C., C. W., & Black, M. (2006). Critical ‎Thinking. An Introduction to Logic and ‎Scientific Method. The Journal of ‎Philosophy, 44(13), 361. ‎https://doi.org/10.2307/2019787‎

Cahyono, B. (2017). Korelasi Pemecahan ‎Masalah dan Indikator Berfikir Kritis. ‎Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, ‎‎5(1), 15. ‎https://doi.org/10.21580/phen.2015.5.1.8‎‎7‎

Ennis, R.H. (1996). Critical Thinking. New York: Prentice Hall.‎

Facione, N. C., & Facione, P. A. (1992). The ‎California critical thinking dispositions ‎inventory test manual. Millbrae: ‎California Academic Press, 44(1), 1–17. ‎https://doi.org/10.2307/27797240‎

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based ‎learning dalam upaya mengembangkan ‎kemampuan berpikir kritis mahasiswa. ‎Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), ‎‎95–101. ‎https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906‎

Garrison, D. R., Anderson, T., & Archer, W. ‎‎(2009). Critical thinking, cognitive ‎presence, and computer conferencing in ‎distance education. American Journal of ‎Distance Education, 15(1), 7–23. ‎https://doi.org/10.1080/08923640109527‎‎071‎

Gotoh, Y. (2016). Development of Critical ‎Thinking Rubric. 13th International ‎Conference on Cognition and ‎Exploratory Learning in Digital Age.‎

Heong, Y. M., Yunos, J. M., Othman, W., ‎Hassan, R., Kiong, T. T., & Mohamad, M. ‎M. (2012). The Needs Analysis of ‎Learning Higher Order Thinking Skills for ‎Generating Ideas. Procedia - Social and ‎Behavioral Sciences, 59(May 2014), ‎‎197–203. ‎https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.2‎‎65‎

Javed, M., Nawaz, M. A., & Qurat-ul-ain, A. ‎‎(2015). Assessing Postgraduate Students’ ‎Critical Thinking Ability. I-Manager’s ‎Journal on Educational Psychology, 9(2), ‎‎19–26. Retrieved from ‎https://search.proquest.com/docview/1763‎‎731604?accountid=14089%5Cnhttps://eu.‎alma.exlibrisgroup.com/view/uresolver/44‎UOC_INST/openurl?genre=article&atitle=‎Assessing+Postgraduate+Students%27+Critical+Thinking+Ability&author=Javed%2‎C+Muhammad%3BMuhammad+Ati

Lorentzen, L. (2013). Limiting Behavior of ‎Random Continued Fractions. ‎Constructive Approximation, 38(2), 171–‎‎191. https://doi.org/10.1007/s00365-013-‎‎9198-y

Mestre, J. P., Docktor, J. L., Strand, N. E., & ‎Ross, B. H. (2011). Conceptual Problem ‎Solving in Physics. Psychology of ‎Learning and Motivation - Advances in ‎Research and Theory (Vol. 55). Elsevier ‎Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-‎‎387691-1.00009-0‎

Ren, J., & Wang, N. (2018). Production-‎Oriented Approach and Its Implications ‎for the Cultivation of Critical Thinking ‎Skills in College English Instruction in ‎Mainland China. English Language ‎Teaching, ‎‎11(5),33.https://doi.org/10.5539/elt.v11n5‎p33‎

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian ‎Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti ‎Pemula. Bandung: Alfabeta.‎

Romero, M., Hyvonen, P., & Barbera, E. ‎‎(2012). Creativity in Collaborative ‎Learning across the Life Span. Creative ‎Education, 03(04), 422–429. ‎https://doi.org/10.4236/ce.2012.34066‎

Sadhu, S. (2018). Development and Validation ‎of an Integrated Assessment for ‎Measuring Critical Thinking and Chemical ‎Literacy in Chemical Equilibrium, 11(3), ‎‎557–572‎

Shidiq, A., Masykuri, M., & Van Hayus, E. ‎‎(2014). Pengembangan Instrumen ‎Penilaian Two-Tier Multiple Choice ‎Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir ‎Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking ‎Skills) Pada Materi Kelarutan Dan Hasil ‎Kali Kelarutan Untuk Mahasiswa. Jurnal ‎Pendidikan Kimia, 3(4), 83–92.‎

Sumantri, G.R. (2004). Memahami Metode ‎Kualitatif. Out-source call center operates ‎in the Moscow region. Elektrosvyaz, 9(5), ‎‎26.‎

Treagust, D. F. (1988). Development and use of ‎diagnostic tests to evaluate students’ ‎misconceptions in science. International ‎Journal of Science Education, 10(2), ‎‎159–169. ‎https://doi.org/10.1080/09500698801002‎‎04‎

Widiyowati, I. I. (2015). Hubungan ‎Kemampuan Berpikir Kritis Dengan ‎Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan ‎Model Pembelajaran Advance Organizer ‎Pada Materi Larutan Penyangga. ‎Pancaran, 4(1), 89–104.‎

‎Wiyoko, T. (2019). Analisis Profil Kemampuan ‎Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Dengan ‎Graded Response Models Pada ‎Pembelajaran IPA. Indonesian J. Integr. ‎Sci. Education (IJIS Edu).‎




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v2i1.2999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Jenderal Sudirman No. 06, Kota Tengah, Kota Gorontalo, 96128, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2020 Universitas Negeri Gorontalo. Powered by Public Knowledge Project OJS