Analisis Berpikir Kritis Kimia dalam Menyelesaikan Soal Two-Tier Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa

Alusti Cundo Manik, Siti Suryaningsih, Buchori Muslim

Abstract


Berpikir kritis merupakan salah satu tujuan penting dalam pendidikan untuk menghadapi pembelajaran kimia abad ke-21 namun pada umumnya kemampuan tersebut masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan setiap soal two-tier berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis kimia dan level akademik mahasiswa. Metode penelitiannya deskriptif kualitatif pada 31 mahasiswa semester 2 tahun ajaran 2018/2019 Program Studi Pendidikan Kimia. Subjek dibagi atas tiga kelompok yaitu level kemampuan tinggi (14 orang), sedang (10 orang), dan rendah (7 orang). Instrumen yang digunakan berupa tes soal two-tier. Pengolahan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi (mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa baik secara keseluruhan maupun berdasarkan level kemampuan kimia (tinggi, sedang, rendah) sudah memiliki kemampuan menjelaskan suatu konsep kimia (grafik titrasi) namun masih rendah dalam mambandingkan kekuatan asam basa berdasarkan ikatan O-H dan keelektronegatifan. Sehingga kemampuan berpikir kritis kimia yang dimiliki mahasiswa mampu mendorong dalam memahami konsep-konsep dasar kimia lebih mendalam agar dapat memberikan pemahaman pada tingkat makroskopis maupun mikroskopis.

Keywords


Berpikir kritis, level kemampuan, two-tier

Full Text:

PDF

References


Adair, D., & Jaeger, M. (2016). Incorporating "ŽCritical Thinking into an Engineering "ŽUndergraduate Learning Environment. "ŽInternational Journal of Higher "ŽEducation, 5(2), 23-39. "Žhttps://doi.org/10.5430/ijhe.v5n2p23"Ž

Alatas, F. (2014). Hubungan Pemahaman "ŽKonsep dengan Keterampilan Berpikir "ŽKritis Melalui Model Pembelajaran "ŽTreffinger pada Mata Kuliah Fisika Dasar. "ŽEdusains, 6(1), 87-99."Ž

Carson, J. (2006). A Problem with Problem "ŽSolving: Teaching Thinking without "ŽTeaching Knowledge. Mathematics "ŽEducator, 17(2), 7-14. Retrieved from "Žhttp://eric.ed.gov/?q=A+Problem+With+Problem+Solving&id=EJ841561"Ž

C., C. W., & Black, M. (2006). Critical "ŽThinking. An Introduction to Logic and "ŽScientific Method. The Journal of "ŽPhilosophy, 44(13), 361. "Žhttps://doi.org/10.2307/2019787"Ž

Cahyono, B. (2017). Korelasi Pemecahan "ŽMasalah dan Indikator Berfikir Kritis. "ŽPhenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, "Ž"Ž5(1), 15. "Žhttps://doi.org/10.21580/phen.2015.5.1.8"Ž"Ž7"Ž

Ennis, R.H. (1996). Critical Thinking. New York: Prentice Hall."Ž

Facione, N. C., & Facione, P. A. (1992). The "ŽCalifornia critical thinking dispositions "Žinventory test manual. Millbrae: "ŽCalifornia Academic Press, 44(1), 1-17. "Žhttps://doi.org/10.2307/27797240"Ž

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based "Žlearning dalam upaya mengembangkan "Žkemampuan berpikir kritis mahasiswa. "ŽJurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), "Ž"Ž95-101. "Žhttps://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906"Ž

Garrison, D. R., Anderson, T., & Archer, W. "Ž"Ž(2009). Critical thinking, cognitive "Žpresence, and computer conferencing in "Ždistance education. American Journal of "ŽDistance Education, 15(1), 7-23. "Žhttps://doi.org/10.1080/08923640109527"Ž"Ž071"Ž

Gotoh, Y. (2016). Development of Critical "ŽThinking Rubric. 13th International "ŽConference on Cognition and "ŽExploratory Learning in Digital Age."Ž

Heong, Y. M., Yunos, J. M., Othman, W., "ŽHassan, R., Kiong, T. T., & Mohamad, M. "ŽM. (2012). The Needs Analysis of "ŽLearning Higher Order Thinking Skills for "ŽGenerating Ideas. Procedia - Social and "ŽBehavioral Sciences, 59(May 2014), "Ž"Ž197-203. "Žhttps://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.2"Ž"Ž65"Ž

Javed, M., Nawaz, M. A., & Qurat-ul-ain, A. "Ž"Ž(2015). Assessing Postgraduate Students' "ŽCritical Thinking Ability. I-Manager's "ŽJournal on Educational Psychology, 9(2), "Ž"Ž19-26. Retrieved from "Žhttps://search.proquest.com/docview/1763"Ž"Ž731604?accountid=14089%5Cnhttps://eu."Žalma.exlibrisgroup.com/view/uresolver/44"ŽUOC_INST/openurl?genre=article&atitle="ŽAssessing+Postgraduate+Students%27+Critical+Thinking+Ability&author=Javed%2"ŽC+Muhammad%3BMuhammad+Ati

Lorentzen, L. (2013). Limiting Behavior of "ŽRandom Continued Fractions. "ŽConstructive Approximation, 38(2), 171-"Ž"Ž191. https://doi.org/10.1007/s00365-013-"Ž"Ž9198-y

Mestre, J. P., Docktor, J. L., Strand, N. E., & "ŽRoss, B. H. (2011). Conceptual Problem "ŽSolving in Physics. Psychology of "ŽLearning and Motivation - Advances in "ŽResearch and Theory (Vol. 55). Elsevier "ŽInc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-"Ž"Ž387691-1.00009-0"Ž

Ren, J., & Wang, N. (2018). Production-"ŽOriented Approach and Its Implications "Žfor the Cultivation of Critical Thinking "ŽSkills in College English Instruction in "ŽMainland China. English Language "ŽTeaching, "Ž"Ž11(5),33.https://doi.org/10.5539/elt.v11n5"Žp33"Ž

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian "ŽUntuk Guru-Karyawan dan Peneliti "ŽPemula. Bandung: Alfabeta."Ž

Romero, M., Hyvonen, P., & Barbera, E. "Ž"Ž(2012). Creativity in Collaborative "ŽLearning across the Life Span. Creative "ŽEducation, 03(04), 422-429. "Žhttps://doi.org/10.4236/ce.2012.34066"Ž

Sadhu, S. (2018). Development and Validation "Žof an Integrated Assessment for "ŽMeasuring Critical Thinking and Chemical "ŽLiteracy in Chemical Equilibrium, 11(3), "Ž"Ž557-572"Ž

Shidiq, A., Masykuri, M., & Van Hayus, E. "Ž"Ž(2014). Pengembangan Instrumen "ŽPenilaian Two-Tier Multiple Choice "ŽUntuk Mengukur Keterampilan Berpikir "ŽTingkat Tinggi (Higher Order Thinking "ŽSkills) Pada Materi Kelarutan Dan Hasil "ŽKali Kelarutan Untuk Mahasiswa. Jurnal "ŽPendidikan Kimia, 3(4), 83-92."Ž

Sumantri, G.R. (2004). Memahami Metode "ŽKualitatif. Out-source call center operates "Žin the Moscow region. Elektrosvyaz, 9(5), "Ž"Ž26."Ž

Treagust, D. F. (1988). Development and use of "Ždiagnostic tests to evaluate students' "Žmisconceptions in science. International "ŽJournal of Science Education, 10(2), "Ž"Ž159-169. "Žhttps://doi.org/10.1080/09500698801002"Ž"Ž04"Ž

Widiyowati, I. I. (2015). Hubungan "ŽKemampuan Berpikir Kritis Dengan "ŽRespon Mahasiswa Terhadap Penggunaan "ŽModel Pembelajaran Advance Organizer "ŽPada Materi Larutan Penyangga. "ŽPancaran, 4(1), 89-104."Ž

"ŽWiyoko, T. (2019). Analisis Profil Kemampuan "ŽBerpikir Kritis Mahasiswa PGSD Dengan "ŽGraded Response Models Pada "ŽPembelajaran IPA. Indonesian J. Integr. "ŽSci. Education (IJIS Edu)."Ž




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v2i1.2999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS