EKOWISATA RAMMANG-RAMMANG SEBAGAI LABORATORIUM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL GEOGRAFI DI KABUPATEN MAROS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, S., Nuhasanah, Hadi, H., & Agustina, S. (2021). Studi Kelayakan Kebun Raya Lemor Sebagai Laboratorium Alam untuk Pembelajaran Geografi. GEODIKA: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 5(2), 291-302. https://doi.org/10.29408/geodika.v5i2.4330
Fatchan, Ach., Soekamto, H., Sumarmi, ., & Utaya, S. (2016). Effect of Learning "Outdoor Study" Ability to Communicate in Writing and Social-Geography Student Learning Outcomes at "Mataraman" East Java-The Republic of Indonesia*. Mediterranean Journal of Social Sciences, 7(3), 429-435. https://doi.org/10.5901/mjss.2016.v7n3p429
Gusdiantini, L., Aeni, A. N., & Jayadinata, A. K. (2017). Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Gesek melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 10.
Harnida, H., & Tahir, M. (2012). Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Obyek Wisata Hutan Batu Rammang-Ramang di Kabupaten Maros. Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2(2). https://doi.org/10.26618/ojip.v2i2.47
Hatibu, H., Hanafie Prasad, A. H., Baharuddin, I. I., Nurfadilah, N., & Azhim, M. I. (2018). The Potential Development of Rammang - Rammang Karst Landscape As An Ecotourism In Maros Regency. UNM Geographic Journal, 1(2), 153. https://doi.org/10.26858/ugj.v1i2.6727
Invanni, I., & Zhiddiq, S. (2022). Kesiapan Geopark Nasional Maros Pangkep Menuju Unesco Global Geopark (Studi Pembanding UNESCO Global Geopark Gunung Sewu). Jurnal Environmental Science, 4, 14.
Kasim, M., Yahya, M., & Ridwan, M. (2022). Pemetaan Sebaran Daya Tarik Wisata di Desa Bulo sebagai Kawasan Agrowisata Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. JAMBURA GEO EDUCATION JOURNAL, 3(1), 21-27. https://doi.org/10.34312/jgej.v3i1.13812
Kurniati, R., & Siswanto, R. A. (2020). Perancangan Media Promosi Objek Wisata Alam Karst Rammang-Rammang di Kabupaten Maros. e-Proceeding of Art & Design, 7(2), 2224.
Latief, H. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VII di SMPN 4 Padalarang). Jurnal Geografi Gea, 14(2). https://doi.org/10.17509/gea.v14i2.3395
Muhlisin, A. (2013). Ekowisata Sebagai Penunjang Pembelajaran Kontekstual Menumbuhkan Sikap Kepedulian Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 12.
Prastiyono, H., Utaya, S., Sumarmi, S., Astina, I. K., Amin, S., & Aliman, M. (2021). Development of E-Learning, Mobile Apps, Character Building, and Outdoor Study (EMCO Learning Model) to Improve Geography Outcomes in the 21st Century. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 15(07), 107. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i07.21553
Ratnawati, N., Sukamto, S., Ruja, I. N., & Wahyuningtyas, N. (2017). Pengembangan Buku Pedoman Lab Alam Fakultas Ilmu Sosial Untuk Siswa SMP. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 61-65. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p061
Sahrina, A., & Deffinika, I. (2021). Potensi Laboratorium Alam Sumbermanjing Wetan dalam Pembelajaran Geografi Berbasis Kerja Lapangan (Fieldwork). Jurnal Pendidikan Geografi, 26(2), 61-72. https://doi.org/10.17977/um017v26i22021p061
Sambolangi, A., Arsyad, M., & Tiwow, V. A. (2022). Karakteristik Gua Kelelawar di Kawasan Karst Rammang-Rammang Maros TN Bantimurung Bulusaraung. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 17(3), 260. https://doi.org/10.35580/jspf.v17i3.30657
Saripudin, D., & Komalasari, K. (2016). Culture-Based Contextual Social Studies Learning For Development of Social and Cultural Values of Junior High School Students. Thes Social Sciences, 11(23), 5726-5731.
Suwarno, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Siantan. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(1), 10.
Syofniati, S. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Geografi (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 4 Pekanbaru). JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 6(1). https://doi.org/10.20527/jpg.v6i1.6996
Taher, A., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Group Investigation terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian dan Pengembangan, 4, 456-461.
UNESCO. (2014). Guidelines and Criteria for National Geoparks seeking UNESCO's assistance to join the Global Geoparks Network (GGN).
Widiasworo, E. (2017). Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (outdoor leaning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, & Komunikatif. Yoyakarta: Ar-Ruzz.
DOI: https://doi.org/10.34312/jgej.v3i2.15366
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Authors

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.