EKOWISATA RAMMANG-RAMMANG SEBAGAI LABORATORIUM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL GEOGRAFI DI KABUPATEN MAROS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, S., Nuhasanah, Hadi, H., & Agustina, S. (2021). Studi Kelayakan Kebun Raya Lemor Sebagai Laboratorium Alam untuk Pembelajaran Geografi. GEODIKA: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 5(2), 291–302. https://doi.org/10.29408/geodika.v5i2.4330
Fatchan, Ach., Soekamto, H., Sumarmi, ., & Utaya, S. (2016). Effect of Learning “Outdoor Study” Ability to Communicate in Writing and Social-Geography Student Learning Outcomes at “Mataraman” East Java-The Republic of Indonesia*. Mediterranean Journal of Social Sciences, 7(3), 429–435. https://doi.org/10.5901/mjss.2016.v7n3p429
Gusdiantini, L., Aeni, A. N., & Jayadinata, A. K. (2017). Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Gesek melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 10.
Harnida, H., & Tahir, M. (2012). Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Obyek Wisata Hutan Batu Rammang-Ramang di Kabupaten Maros. Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2(2). https://doi.org/10.26618/ojip.v2i2.47
Hatibu, H., Hanafie Prasad, A. H., Baharuddin, I. I., Nurfadilah, N., & Azhim, M. I. (2018). The Potential Development of Rammang – Rammang Karst Landscape As An Ecotourism In Maros Regency. UNM Geographic Journal, 1(2), 153. https://doi.org/10.26858/ugj.v1i2.6727
Invanni, I., & Zhiddiq, S. (2022). Kesiapan Geopark Nasional Maros Pangkep Menuju Unesco Global Geopark (Studi Pembanding UNESCO Global Geopark Gunung Sewu). Jurnal Environmental Science, 4, 14.
Kasim, M., Yahya, M., & Ridwan, M. (2022). Pemetaan Sebaran Daya Tarik Wisata di Desa Bulo sebagai Kawasan Agrowisata Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. JAMBURA GEO EDUCATION JOURNAL, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.34312/jgej.v3i1.13812
Kurniati, R., & Siswanto, R. A. (2020). Perancangan Media Promosi Objek Wisata Alam Karst Rammang-Rammang di Kabupaten Maros. e-Proceeding of Art & Design, 7(2), 2224.
Latief, H. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VII di SMPN 4 Padalarang). Jurnal Geografi Gea, 14(2). https://doi.org/10.17509/gea.v14i2.3395
Muhlisin, A. (2013). Ekowisata Sebagai Penunjang Pembelajaran Kontekstual Menumbuhkan Sikap Kepedulian Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 12.
Prastiyono, H., Utaya, S., Sumarmi, S., Astina, I. K., Amin, S., & Aliman, M. (2021). Development of E-Learning, Mobile Apps, Character Building, and Outdoor Study (EMCO Learning Model) to Improve Geography Outcomes in the 21st Century. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 15(07), 107. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i07.21553
Ratnawati, N., Sukamto, S., Ruja, I. N., & Wahyuningtyas, N. (2017). Pengembangan Buku Pedoman Lab Alam Fakultas Ilmu Sosial Untuk Siswa SMP. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 61–65. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p061
Sahrina, A., & Deffinika, I. (2021). Potensi Laboratorium Alam Sumbermanjing Wetan dalam Pembelajaran Geografi Berbasis Kerja Lapangan (Fieldwork). Jurnal Pendidikan Geografi, 26(2), 61–72. https://doi.org/10.17977/um017v26i22021p061
Sambolangi, A., Arsyad, M., & Tiwow, V. A. (2022). Karakteristik Gua Kelelawar di Kawasan Karst Rammang-Rammang Maros TN Bantimurung Bulusaraung. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 17(3), 260. https://doi.org/10.35580/jspf.v17i3.30657
Saripudin, D., & Komalasari, K. (2016). Culture-Based Contextual Social Studies Learning For Development of Social and Cultural Values of Junior High School Students. Thes Social Sciences, 11(23), 5726–5731.
Suwarno, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Siantan. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(1), 10.
Syofniati, S. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Geografi (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 4 Pekanbaru). JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 6(1). https://doi.org/10.20527/jpg.v6i1.6996
Taher, A., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Group Investigation terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian dan Pengembangan, 4, 456–461.
UNESCO. (2014). Guidelines and Criteria for National Geoparks seeking UNESCO’s assistance to join the Global Geoparks Network (GGN).
Widiasworo, E. (2017). Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (outdoor leaning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, & Komunikatif. Yoyakarta: Ar-Ruzz.
DOI: https://doi.org/10.34312/jgej.v3i2.15366
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.