PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER SISTEM KELISTRIKAN DIESEL PEMANAS BUSI PIJAR PADA TEKNOLOGI MOTOR BAKAR

Bambang Supriyadi, Buyung Rachmad Machmoed, esta larosa

Abstract


Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran trainer sistem kelistrikan diesel pemanas busi pijar pada mata kuliah teknologi motor bakar dengan materi sistem kelistrikan diesel, dengan belum sesuainya gaya belajar mahasiswa pendidikan teknik mesin yang lebih cenderung pada gaya belajar kinestetik, yang dimana mahasiswa pendidikan teknik mesin universitas negeri gorontalo lebih menyukai gaya belajar secara langsung atau menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari peneliatian ini menguji kelayakan dan mengembangkan media pembelajaran trainer sistem kelistrikan diesel pemanas busi pijar pada mata kuliah teknologi motor bakar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research & Development model  Thiagarajan (1974) 4D (define, design, development dan disseminate). Prosedur pengembangan diawali dari (1) analisis awal, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) pembuatan produk, (7) validasi produk, (8) revisi produk, (9) produk akhir, dan (10) diseminasi.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran trainer sistem penerangan luar kendaraan dan mengembangkan kelayakan media dengan nilai persentase rata-rata adalah 95%. Dari nilai dari validator ahli materi 96% dan nilai dari validator ahli media 100% beserta nilai persepsi pengguna yaitu 94%. Hal ini menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran trainer sistem kelistrikan diesel pemanas busi pijar sangat layak digunakan.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2019). Media Pembelajran. Depok: Rajawali Pers.

Daryanto. 2004. Motor Diesel Pada Mobil. Bandung: Yrama Widya

Muhammad Yasser, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Keterampilandengan Menggunakan Model Pembelajaran Training Within Industry (Twi). Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(9), 309–459.

Mustamin. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Transmisi Manual Pada Mata Kuliah Sistem Pemindah Tenaga. Skripsi Tidak diterbitkan. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alvabeta.

Sunardi. (2019). Pengembangan Employability Skill Mahasiswa Vokasi Melalui Pembelajaran Stem-Project Based Learning. Seminar Nasional Teknologi, (7), 210–217.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjee.v1i1.14924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jambura Journal of Engineering Education