KONSEP HUMANISTIK PADA DESAIN LEMBAGA PEMBINAAN ANAK KHUSUS KELAS II GORONTALO

Ernawati Ernawati, Eka Zulisa Pratiwi Imran

Abstract


Dalam kehidupan sosial perkembangan anak cenderung menjadi sorotan karena anak digadang-gadang sebagai generasi penerus yang menjadi harapan orang tua, keluarga, agama bahkan negara. Kekhawatiran akan masa depan anak muncul ketika anak berkonflik dengan hukum akibat tindak kriminal yang dilakukannya dan menjalani masa pemidanaan. Namun kekhawatiran tersebut ditepis dengan hadirnya peraturan perundang-undangan yang meyakinkan bahwa negara ini memiliki perhatian lebih terhadap sumber daya manusianya. Tujuan penelitain ini  adalah menghasilkan sebuat konsep desain yang humanistik  yang akan menjadi acuan dalam mendesain LPKA yang dapat menjadi wadah pembinaan anak selama menjalani masa pidana sekaligus dapat mempersiapkan anak menjalani kehidupan yang lebih baik setelah proses pidana selesai. Penelitian ini merupakan Penelitian  Kualitatif. Dengan mengambil konsep desain yang humanistik yang mengacu pada  Kebutuhan dasar, kebutuhan rasa aman ,kebutuhan sosial dan kasih sayang dan kebutuhan aktualisasi diri yang nantinya akan diterapkan pada Desain Lembaga Pembinaan Khusus anak {LPKA} di Gorontalo

 

Kata kunci: humanisme, konsep desain, LPKA


Keywords


humanisme, konsep desain, LPKA

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37905/jjoa.v3i2.11972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN CETAK: 2654-5896
Website: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jja/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.