Perancangan Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Rekayasa Dengan Tema Modern
Abstract
Keberadaan lemaga pendidikan di Indonesia terus memberikan kontribusi terhadap pembangunan disegala bidang. Salah satu Lembaga Pendidikan yang diharapkan menghasilkan manusia yang berkualitas adalah Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Rekayasa (SMKTR). Provinsi Gorontalo tercatat memiliki 58 SMK yang tersebar di seluruh wilayah, namun belum ada SMK dengan fokus utama pada teknologi rekayasa khususnya dalam konstruksi dan properti dengan menerapkan sistem sekolah ber-asrama. Perencanaan Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Rekayasa (SMKTR) yang menerapkan sistem Boarding School dan menitikberatkan pada arsitekur modern diharapkan dapat memaksimalkan sistem pendidikan SMK di Provinsi Gorontalo. Arsitektur modern merupakan istilah yang diberikan kepada sejumlah bangunan dengan ciri khas yang mengutamakan kesederhanaan bentuk dan menghilangkan segala macam ornamen. Keunggulan arsitektur modern adalah pelaksaaan konstruksi yang cepat dengan menghasilkan gaya arsitektur yang praktis (Inez, 2014). Oleh karena itu, bentuk arsitektur harus mengikuti fungsinya. Penekanan desain arsitektur modern adalah pada ruang, sehingga desainnya polos, sederhana dan memiliki area kaca yang luas. Arsitektur modern memiliki prinsip fungsionalitas dan efisiensi.
Dalam perancangan Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Rekayasa (SMKTR) ditemukan bahwa konsep perencanaan makro sudah sesuai dengan ketentuan yang ada dan mencakup seluruh kegiatan di sekolah yang bersangkutan, namun dengan beberapa kekurangan. Kekurangan ini ditanggulangi dari hasil analisa orientasi matahari, arah angin, kesibingan dan vegetasi. Perubahan perencanaan yang dapat memaksimalkan fungsi dari setiap bagian bangunan yang akan dibangun dimasa yang akan dating. Selain itu, analisis denah juga direkomendasikan untuk digunakan sebagai dasar perencanaan bangunan yang akan dibangun dengan menggunakan pendekatan arsitektur modern.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asnita, Armiati, & Cerya, E. (2018).
Analisis Pemeliharaan Sarana dan
Prasarana Sekolah di Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) Negeri
Padang EcoGen Volume 1 ,
Nomor 4 , 5 Desember 2018. 1(19),
–726.
Harusda, D., & Rizal, F. (2008).
PERANCANGAN AULA
SERBAGUNA SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1
PARIAMAN.
Hedriyenti. (2014). "Pelaksanaan
Program Boarding School Dalam
Pembinaan Moral Siswa di SMA
Taruna Indonesia Palembang".
Ta'dib, Vol. XIX, No.02.
Inez, E. (2014). Penerapan prinsip
arsitektur modern pada bangunan
fakultas pendidikan MIPA. 78.
https://www.academia.edu/33797853/
PENERAPAN_PRINSIP_ARSITEKT
UR_MODERN_PADA_BANGUNAN_FPMIPA_UPI_BANDUNG
Jerry Dwi Irawan, P. A. (2015).
Perancangan Sekolah Internasional
Pekanbaru dengan Pendekatan Eko
Arsitektur. JOM FTEKNIK, Volume 2
No.1.
Makale, M. R. (2021). SEKOLAH
MENENGAH ATAS ISLAM
TERPADU KOTA GORONTALO.
JAMBURA Journal of Architecture,
Vol. 3, No. 1
Simorangkir, Y. V., Topan, A.,
Alahudin, M., & Hidayat, R. (2018).
Asrama Mahasiswa Universitas
Musamus Merauke (Penerapan
Desain Green Architecture).
Musamus Journal of Architecture,
(01), 28–37.
https://doi.org/10.35724/mja.v1i01.13
Tri Wicaksono, M. R. T. (2020).
Kajian Arsitektur Modern Pada
Prasarana Sekolah Keberbakatan
Olahraga (Sko). Jurnal Arsitektur
ZONASI, 3(2), 252–260.
https://doi.org/10.17509/jaz.v3i2.2468
Triyono, A. (2019). Pendidikan
Karakter pada Sistem Boarding
School. Jurnal Kependidikan, Vol. 7
No. 2.
DOI: https://doi.org/10.37905/jjoa.v4i2.15832
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rebuchi Lilian Andjani Padali, Sri Sutarni Arifin, Kalih Trumansyahjaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
ISSN CETAK: 2654-5896
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â