Perancangan Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Rekayasa Dengan Tema Modern

Rebuchi Lilian Andjani Padali, Sri Sutarni Arifin, Kalih Trumansyahjaya

Abstract


Keberadaan lemaga pendidikan di Indonesia terus memberikan kontribusi terhadap pembangunan disegala bidang. Salah satu Lembaga Pendidikan yang diharapkan menghasilkan manusia yang berkualitas adalah Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Rekayasa (SMKTR). Provinsi Gorontalo tercatat memiliki 58 SMK yang tersebar di seluruh wilayah, namun belum ada SMK dengan fokus utama pada teknologi rekayasa khususnya dalam konstruksi dan properti dengan menerapkan sistem sekolah ber-asrama. Perencanaan Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Rekayasa (SMKTR) yang menerapkan sistem Boarding School dan menitikberatkan pada arsitekur modern diharapkan dapat memaksimalkan sistem pendidikan SMK di Provinsi Gorontalo. Arsitektur modern merupakan istilah yang diberikan kepada sejumlah bangunan dengan ciri khas yang mengutamakan kesederhanaan bentuk dan menghilangkan segala macam ornamen. Keunggulan arsitektur modern adalah pelaksaaan konstruksi yang cepat dengan menghasilkan gaya arsitektur yang praktis (Inez, 2014). Oleh karena itu, bentuk arsitektur harus mengikuti fungsinya. Penekanan desain arsitektur modern adalah pada ruang, sehingga desainnya polos, sederhana dan memiliki area kaca yang luas. Arsitektur modern memiliki prinsip fungsionalitas dan efisiensi.

Dalam perancangan Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Rekayasa (SMKTR) ditemukan bahwa konsep perencanaan makro sudah sesuai dengan ketentuan yang ada dan mencakup seluruh kegiatan di sekolah yang bersangkutan, namun dengan beberapa kekurangan. Kekurangan ini ditanggulangi dari hasil analisa orientasi matahari, arah angin, kesibingan dan vegetasi. Perubahan perencanaan yang dapat memaksimalkan fungsi dari setiap bagian bangunan yang akan dibangun dimasa yang akan dating. Selain itu, analisis denah juga direkomendasikan untuk digunakan sebagai dasar perencanaan bangunan yang akan dibangun dengan menggunakan pendekatan arsitektur modern.


Keywords


Vocational School; Engineering Technology; Modern Architecture

Full Text:

PDF

References


Asnita, Armiati, & Cerya, E. (2018).

Analisis Pemeliharaan Sarana dan

Prasarana Sekolah di Sekolah

Menengah Kejuruan (SMK) Negeri

Padang EcoGen Volume 1 ,

Nomor 4 , 5 Desember 2018. 1(19),

–726.

Harusda, D., & Rizal, F. (2008).

PERANCANGAN AULA

SERBAGUNA SEKOLAH

MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1

PARIAMAN.

Hedriyenti. (2014). "Pelaksanaan

Program Boarding School Dalam

Pembinaan Moral Siswa di SMA

Taruna Indonesia Palembang".

Ta'dib, Vol. XIX, No.02.

Inez, E. (2014). Penerapan prinsip

arsitektur modern pada bangunan

fakultas pendidikan MIPA. 78.

https://www.academia.edu/33797853/

PENERAPAN_PRINSIP_ARSITEKT

UR_MODERN_PADA_BANGUNAN_FPMIPA_UPI_BANDUNG

Jerry Dwi Irawan, P. A. (2015).

Perancangan Sekolah Internasional

Pekanbaru dengan Pendekatan Eko

Arsitektur. JOM FTEKNIK, Volume 2

No.1.

Makale, M. R. (2021). SEKOLAH

MENENGAH ATAS ISLAM

TERPADU KOTA GORONTALO.

JAMBURA Journal of Architecture,

Vol. 3, No. 1

Simorangkir, Y. V., Topan, A.,

Alahudin, M., & Hidayat, R. (2018).

Asrama Mahasiswa Universitas

Musamus Merauke (Penerapan

Desain Green Architecture).

Musamus Journal of Architecture,

(01), 28–37.

https://doi.org/10.35724/mja.v1i01.13

Tri Wicaksono, M. R. T. (2020).

Kajian Arsitektur Modern Pada

Prasarana Sekolah Keberbakatan

Olahraga (Sko). Jurnal Arsitektur

ZONASI, 3(2), 252–260.

https://doi.org/10.17509/jaz.v3i2.2468

Triyono, A. (2019). Pendidikan

Karakter pada Sistem Boarding

School. Jurnal Kependidikan, Vol. 7

No. 2.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjoa.v4i2.15832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rebuchi Lilian Andjani Padali, Sri Sutarni Arifin, Kalih Trumansyahjaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN CETAK: 2654-5896
Website: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jja/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.