STRATEGI PENERAPAN SUSTAINABLE ARCHITECTURE PADA BANGUNAN SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Nazifa Firda Nisa, Ernawati Ernawati, Muhammad Rizal Mahanggi

Abstract


Sekolah Vokasi merupakan perguruan tinggi yang terfokus pada pendidikan vokasi dengan jenjang Diploma I (D1), Diploma II (D2), Diploma 3 (D3) dan Diploma IV (D4), yang diharapkan mampu melahirkan Sumber Daya Manusia dengan keahlian dan keterampilan (Soft Skill and Hard Skill) dibidangnya, disertai kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan suatu masalah, ketika dihadapkan dengan dunia kerja. Tujuan dari adanya Sekolah Vokasi Universitas Negeri Gorontalo yaitu sebagai penunjang kebutuhan daerah akan tenaga-tenaga ahli baru yang mumpuni dibidangnya, sehingga dapat diwujudkan dalam desain kawasan Sekolah Vokasi yang menunjang segala aktivitas, baik dalam perkuliahan, praktik, diskusi maupun wadah dalam mengembangkan potensi. Kawasan tersebut didukung oleh suasana aman, nyaman dan kondusif serta berdampak baik pada lingkungan, yang diwujudkan dalam penerapan Arsitektur Berkelanjutan (Sustainable Architecture).


Keywords


Vocational Schools; Universitas Negeri Gorontalo; Sustainable Architecture

Full Text:

PDF

References


Avesta, R., Putri, A. D., Hanifah, R. A.,

Hidayat, N. A., & Dunggio, M. D. (2017).

Strategi Desain Bukaan terhadap

Pencahayaan Alami untuk Menunjang

Konsep Bangunan Hemat Energi pada

Rusunawa Jatinegara Barat. Jurnal

Rekayasa Hijau, 1(2), 124–135.

Gunawan, B. dkk. (2012). Buku Pedoman

Energi Efisiensi untuk Desain Bangunan

Gedung di Indonesia.

Jusuf, M. N. A., Tallei, V. R., & Mokodongan,

E. F. (2022). Asrama Mahasiswa Putri

Universitas Negeri Gorontalo Dengan

Pendekatan Sustainable Architecture.

JAMBURA Journal of Architecture, 3(2), 97–

Madonna, S. (2016). Efisiensi Energi

Melalui Penghematan Penggunaan Air

(Studi Kasus: Institusi Pendidikan Tinggi

Universitas Bakrie). Jurnal Teknik Sipil,

(4), 267–274.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjoa.v4i2.16557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nazifa Firda Nisa, Ernawati Ernawati, Muhammad Rizal Mahanggi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN CETAK: 2654-5896
Website: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jja/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.