DESAIN RUANG TERBUKA TAMAN RAMAH ANAK SEKOLAH PAUD MENARA ILMU KABUPATEN GORONTALO

Ratna Dwi Ma'sum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi kondisi ruang terbuka di lingkungan pendidikan anak usia dini Menara Ilmu Limboto di Kabupaten Gorontalo, serta mengembangkan rekomendasi desain ramah anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan holistik anak usia dini. Mengacu pada indikator Ruang Ramah Anak antara lain lokasi yang strategis, fasilitas penunjang, aksesibilitas, keamanan dan kenyamanan, studi ini menyoroti bahwa pendidikan anak usia dini tidak hanya bertujuan untuk merangsang, membimbing dan mengasuh anak tetapi juga memberikan pengetahuan untuk mengoptimalkan aspek fisik, kognitif, emosional. dan sosial mereka. Melalui analisis mendalam terhadap kondisi ruang terbuka yang ada, diketahui bahwa meskipun luas ruang terbuka saat ini berpotensi, ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki untuk menciptakan lingkungan yang lebih kondusif dan menginspirasi. konsep desain mengoptimalkan area ruang terbuka dengan mengintegrasikan area lapangan serbaguna dan area bermain, gazebo, taman vertikal, dan area parkir secara harmonis, dengan tujuan memberikan pengalaman interaktif dan edukasi yang lebih komprehensif bagi anak-anak. Rekomendasi praktis yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi acuan perbaikan dari kondisi sebelumnya. Hasil penelitian ini memberikan rancangan strategis untuk pengembangan infrastruktur pendidikan yang inovatif dan berwawasan lingkungan sebagai landasan penting untuk mewujudkan generasi penerus yang unggul sehingga penelitian ini tidak hanya menawarkan solusi desain tetapi juga menekankan pentingnya peran ruang terbuka sebagai investasi jangka panjang dalam pengembangan pendidikan anak usia dini yang berkualitas di sekolah. 

Kata kunci: Ruang terbuka; Taman ramah anak; Sekolah anak usia dini


Keywords


Ruang terbuka; Taman ramah anak; Sekolah anak usia dini

References


Aguspriyanti, C. D., Ayunda, R., Artanti, N. K., Khairi, M. Z., Tysen, F., & Suwarlan, S. A. (2024). Peran Psikologi Arsitektur dalamMewujudkan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak di Dataran Engku Putri Batam. Arsitektura : Jurnal Ilmiah Arsitektur Dan Lingkungan Binaan, 22(1), 155–164. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/arst.v22i1.82064

Kusumastuti, N. (2020). Implementasi Pilar-Pilar Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02),333–344. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2525

Lazuardini, A. D., & Nurhasan. (2023). Analisa Taman Kota Banjarsari sebagai Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). SIAR IV 2023 : Seminar Ilmiah Arsitektur,447–456. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/siar/article/view/2995%0Ahttps://proceedings.ums.ac.id/index.php/siar/article/download/2995/2955

Ling, L. M. (2019). Institusi Sosial: Perannya Dalam Keberlangsungan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Di Jakarta. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran, Dan Ilmu Kesehatan, 3(2), 193–200.

Lubis, E. S., & Nurhasan, N. (2021). Kesesuaian Taman Kota Jaya Wijaya Sebagai Taman Kota Layak Anak Di Surakarta. SIAR II 2021: Seminar Ilmiah Arsitektur, 8686, 378–387. http://siar.ums.ac.id/

Nusantara, B., Gunagama, M. G., & Suryanti, N. (2023). Identifikasi Penerapan Konsep Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (Rptra) Di Taman Bhumi Merapi Yogyakarta. Seminar Karya & Pameran Arsitektur Indonesia 2023 Place Making Untuk Mewujudkan Komunitas Yang Lebih Berdaya, 6(1), 1–13.

Rizal, R. N., & Prasetya, D. B. (2020). Kesesuaian taman kota sebagai ruang publik terpadu ramah anak di Kota Bandar Lampung. Itera, 1–15. http://repo.itera.ac.id/assets/file_upload/SB2009110053/22116166_20_140544.pdf

Salsabila, F., & Lessy, Z. (2022). Pembentukan Karakter Disiplin Anak: Sebuah Tinjauan Dari Pendidikan Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1),30–39. https://doi.org/10.25078/pw.v7i1.267

Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak pada Usia Dini. At-Ta’dib : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam , 10(2), 192–209.

Sarasati, C. (2024). Kajian Prinsip Psikologi Arsitektur Pada Panduan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Perspektif Arsitektur, 19(02), 41–53.

Sari, R. A., Siregar, M. F. Z., & Nurhamidah, N. (2024). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies,1(1),10–22. https://doi.org/10.51178/cjerss.v5i3.2019

Shafira, T. A., & Pramitasari, D. (2024). Kajian Ruang Terbuka Hijau Publik Ramah Anak Pada Area Permukiman Kota Yogyakarta. Modul Arsitektur Fakultas Teknik Undip, 24(2), 71–79.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjoa.v7i1.31527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ratna Dwi Ma'sum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN CETAK: 2654-5896
Website: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jja/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.