Pengaruh Penggunaan Edible Coating Berbahan Dasar Pati Pisang Goroho (Musaacuminafe, Sp) Terhadap Kualitas Buah Jambu Kristal (Psidium Guajava L) Selama Penyimpanan

Sahrul Husain Husain, Siti Aisa Liputo, Purnama Ningsih Maspeke

Abstract


Jambu biji (Psidium guajava L) merupakan buah yang tergolong dalam buah klimaterik, dengan demikian termasuk buah yang cepat mengalami kerusakan karena daya simpannya setelah panen pada suhu ruang yang tidak lama. Oleh karena itu untuk memperpanjang umur simpan adalah dengan penyimpanan dengan metode penggunaan edible coating berbahan dasar pati pisang goroho. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan edible edible coating terhadap kualitas jambu kristal selama penyimpanan. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian dilaksanakan dalam 3 kali ulangan dan pengamatan dilakukan selama 12 hari setiap 6 hari sekali. Parameter yang diamati adalah vitamin C, susut bobot, laju respirasi, kadar air, dan organoleptik. Hasil analisis sidik ragam (0,05) menunjukkan bahwa  pada perlakuan 3 % dan 5 % pati pada pelapisan edible coating memberikan perlakuan terbaik karena dapat menekan vitamin C, susut bobot, kadar air, laju respirasi dan organoleptik pada warna dan tekstur.

Kata Kunci : Edible Coating, Pati Pisang Goroho, Jambu Kristal.

 


Full Text:

PDF

References


Darmawati, Emmy, Rokhani Hasbullah, Dan Harli Prawaningrum. 2013. “Pencegahan Kerusakan Fisiologis Belimbing (Avverhoa Carambola) Dalam Rantai Pasok Dengan Optimisasi Model Kombinasi Perlakuan Air Panas Dan Cacl2 Menggunakan Response Surface Method.” 18: 9.

Fitria, L. 2016. Kajian Pertumbuhan, Produksi Dan Kualitas Jambu Biji (Psidium Guajava L) Varietas Kristal Pada Asal Bibit Dan Pemangkasan Yang Berbeda. [Thesis]. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Fradika Putri, Fina. 2017. “Edible Coating Lidah Buaya (Aloel Vera L.) Terhadap Buah Apel Manalagi Potong Pada Penyimpanan Suhu Rendah (Kajian Konsentrasi Cmc Dan Asam Askorbat).” 2017.

Hanik, Umu. 2019. “Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Pati Talas (Colocasia Esculenta) Pada Aplikasi Edible Coating Dan Suhu Penyimpanan Terhadap Kualitas Buah Tomat (Lycopersicon Esculentum Mill).” : 1–101.

Henny Mandei, Judith, Dan Fetty Indriayty. 2017. “Effect Of Addition Of Banana Goroho Flour On The Quality Of Snack Food.” Desember 2017 : 85-96 9(2): 1–12.

Huse, M. A. 2011. Aplikasi Edible Coating Dari Karagenan Dan Gliserol Untuk Mengurangi Penurunan Kerusakan Apel Romebeauty. Jurnal Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Ftp. Universitas Brawijaya.

Mardiana, K. 2008. Pemanfaatan Gel Lidah Buaya Sebagai Edible Coating Buah Belimbing Manis (Averrhoa Carambola L). Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Medho, Maria Cristantina. “Feeding The Bees Wax Coating With Ethyl Ether Solvents On The Power Save And The Quality Of Guava Fruit (Psidium Guajava L.).” 2019: 1–142.

Novita, Dwi Dian, Cicih Sugianti, Dan Karunia Putri Wulandari. 2016. “Pengaruh Konsentrasi Karagenan Dan Gliserolterhadap Perubahan Fisik Dan Kandungan Kimia Buah Jambu Biji Varietas ‘Kristal’ Selama Penyimpanan.” April 2016 Vol 5(1): 8.

Rachmawati, Maulida. 2017. “Chitosan Coating Onto Pondoh Snakefruit (Salacca Edulis Reinw.) To Extend The Shelf-Life And Its Physical Characteristics Study During Storage.” Jurnal Teknologi Pertanian Vol 6(2): 45–49.

Slamet Susanto, Atika Romalasari, Maya Melati, Dan Ahmad Junaedi. 2017. “Improvement Fruit Quality Of Guava (Psidium Guajava L.) Cv. Krystal By Different Colors And Bagging Materials.” Desember 2017 Vol 8(3): 151–61.

Susanto, Slamet, Delys Inkorisa, Dan Dadang Hermansyah. 2018. “Pelilinan Efektif Memperpanjang Masa Simpan Buah Jambu Biji (Psidium Guajava L.) ‘Kristal.’” Jurnal Hortikultura Indonesia 9(1): 19–26.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjft.v4i2.10655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jambura Journal of Food Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.