Pengaruh waktu perendaman asam sitrat terhadap peningkatan kualitas fisik tepung pisang kepok (musa paradisaca) di UMKM miss putungo

Novita Lalu, Suryani Une, Yoyanda Bait

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu perendaman asam sitrat terhadap peningkatan kualitas fisik tepung pisang kepok (Musa paradisiaca) di UMKM Miss Putungo. Metode yang digunakan yaitu metode rancangan acak lengkap (RAL) faktor tunggal dengan 4 perlakuan dimana masing-masing perlakuan di ulang sebanyak 3 kali ulangan. Data analisis dengan uji statitik Analisys of Variance (ANOVA), apabila terdapat perbedaan nyata (p<0,5) pada tiap perlakauan, maka dilanjutkan dengan uji Duncan Multitiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan dengan waktu perendaman asam sitrat berpengaruh nyata terhadap derajat putih, pH, rendemen, dan pengujian organoleptik (warna, rasa, aroma, overall). Perlakuan terbaik pada penelitian ini yaitu perlakuan dengan waktu perendaman asam sitrat 120 menit, dengan kadar air 5,97%, derajat putih 87,95%, nilai pH 5,80, rendemen 25.02 , dan penilaian organoleptik terbaik pada warna yaitu pada perlakuan perendaman 120 menit dengan skor 6,33 (suka), rasa penilaian terbaik terdapat pada perlakuan tanpa  perendaman dengan skor 5,2 (agak suka). Aroma penilian terbaik yaitu pada perlakuan perendaman 120 menit dengan skor 5,30 (agak suka), dan pada over all penelian terbaik terdapat pada perlakuan perendaman 120 menit dengan skor 5,83 (agak suka).

Kata kunci: asam sitrat, pisang kepok, umkm miss putungo.

 


Keywords


asam sitrat, pisang kepok, umkm miss putungo.

Full Text:

PDF

References


Hidayat, T. (n.d.). 2012. Pengaruh Konsentrasi dan Waktu Perendaman dalam Asam Sitrat terhadap Mutu Lada Hijau Kering. 9.

Hutasoit, M. S. 2017. Pengaruh Perendaman dalam Asam Sitrat dan Blanching Terhadap Mutu Fisik, Kimia dan Fungsioanal Tepung Ubi Jalar Ungu

Meilgaard, 2000. Sensory Evaluation Techniques. Boston. CRC dalam Panggi, H. Kombinasi Metode Perendaman Asam Sitrat dan Steam Blanching. [Skripsi]. Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Negeri Gorontalo.

Ningsih, A. P. 2013. Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Kental Tanaman Pisang Kepok Kuning (Musa paradisiaca Linn.) terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Jurnal Biologi Universitas Andalas (J. Bio. UA.) 7.

Panggi, H. 2017. Kombinasi Metode Perendaman Asam Sitrat dan Steam Blanching.[Skripsi]. Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Negeri Gorontalo, 14.

Putra, D. A., Zaini, M. A., & Handito, D. 2018. Pengaruh Tepung Tempe dan Virgin Coconut Oil (VCO) Terhadap Mutu Nutrisi dan Sensoris Keripik Jagung-Tempe. Pro Food, 4(2)

Putu A.A Asasia & Sudarminto S.Y. Pengaruh Konsentrasi Tepung Maizena Dan Konsentrasi Asam Sitrat Terhadap Sifat Fisik, Kimia Dan Organoleptik Selai Mawar. Teknologi Hasil Pertanian, FTP Universitas Brawijaya.

Sjamsiwarni, Reny S. Fetty.Indriaty. 2015. Pengaruh Bahan Perendam pada Proses Pembuatan Tepung Pisang Goroho. Jurnal Penelitian Teknologi Industri. 7. 2.

Teja, W. Albert, Ignatius Sindi P., Aning Ayucitra dan Laurentia E. K. Setiawan. 2008. Karakteristik Pati Sagu dengan Metode Modifikasi Asetilasi dan Cross-Linking. Jurnal Teknik Kimia Indonesia

Winarno, F. G. 1997. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Winarno, F.G. 2002. Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.37905/jjft.v5i02.16567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jambura Journal of Food Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.