Modul Praktikum Problem Based Learning Mata Kuliah Teknologi Motor bakar Program Studi Pendidikan Teknik Mesin

Annas Dwi Ramadhani Arief Azis, Monica Pratiwi, Stella Junus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul praktikum berbasis Problem Based learning pada mata kuliah motor bensin di program studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas negeri Gorontalo. Pengembangan modul praktikum ini bisa memudahkan mahasiswa dalam pembelajaran mengenai memahami mekanisme katup, sistem injeksi bahan bakar, sistem pelumasan dan sistem pendingin motor bensin. Penelitian ini termasuk pada penelitian dan pengembangan dengan mengacu pada pendapat Thiagarajan. Subjek pada penelitian ini adalah ahli materi, yakni anggota tim pengajar mata kuliah motor bensin, ahli media dari pembelajaran, serta mahasiswa sebagai calon pengguna produk. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket. Angket digunakan untuk menilai validitas dan respon mahasiswa terhadap produk yang dikembangkan. Data dianalisis menggunakan tabel kategori yang dikemukakan oleh Suharsimi Arikunto. penelitian menunjukkan validitas materi produk berada pada kategori “Layak”, sedangkan validitas modul berada pada kategori “Sangat Layak”, dan respon mahasiswa menujukkan produk “Sangat Layak”.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., 2012, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta

Baedowi, A., 2015, Manajemen Sekolah Efektif, PT. Pustaka Alvabet, Jakarta

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kelima, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta

Prastowo, A., 2012, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif., Diva Press, Yogyakarta

Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., dan Triwiyono, E., 2017, Buku Pedoman Problem Based Learning, UNY Press, Yogyakarta

Suwiarta, K., 2020, Pengembangan Modul Praktikum Teknik Pengelasan GTAW dan GMAW Berbasis Proyek pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, Universitas Negeri gorontalo, Gorontalo

Taufiq Amir, M., 2016, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan, Penerbit Kencana, Jakarta

Thiagarajan, S., 1974, Thiagarajan, Sivasailam; And Others Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation in




DOI: https://doi.org/10.37905/jjee.v1i1.14568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jambura Journal of Engineering Education

slot online slot gacor slot