Modul Praktikum Problem Based Learning Mata Kuliah Teknologi Motor bakar Program Studi Pendidikan Teknik Mesin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul praktikum berbasis Problem Based learning pada mata kuliah motor bensin di program studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas negeri Gorontalo. Pengembangan modul praktikum ini bisa memudahkan mahasiswa dalam pembelajaran mengenai memahami mekanisme katup, sistem injeksi bahan bakar, sistem pelumasan dan sistem pendingin motor bensin. Penelitian ini termasuk pada penelitian dan pengembangan dengan mengacu pada pendapat Thiagarajan. Subjek pada penelitian ini adalah ahli materi, yakni anggota tim pengajar mata kuliah motor bensin, ahli media dari pembelajaran, serta mahasiswa sebagai calon pengguna produk. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket. Angket digunakan untuk menilai validitas dan respon mahasiswa terhadap produk yang dikembangkan. Data dianalisis menggunakan tabel kategori yang dikemukakan oleh Suharsimi Arikunto. penelitian menunjukkan validitas materi produk berada pada kategori “Layak”, sedangkan validitas modul berada pada kategori “Sangat Layak”, dan respon mahasiswa menujukkan produk “Sangat Layak”.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., 2012, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta
Baedowi, A., 2015, Manajemen Sekolah Efektif, PT. Pustaka Alvabet, Jakarta
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kelima, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta
Prastowo, A., 2012, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif., Diva Press, Yogyakarta
Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., dan Triwiyono, E., 2017, Buku Pedoman Problem Based Learning, UNY Press, Yogyakarta
Suwiarta, K., 2020, Pengembangan Modul Praktikum Teknik Pengelasan GTAW dan GMAW Berbasis Proyek pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, Universitas Negeri gorontalo, Gorontalo
Taufiq Amir, M., 2016, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan, Penerbit Kencana, Jakarta
Thiagarajan, S., 1974, Thiagarajan, Sivasailam; And Others Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation in
DOI: https://doi.org/10.37905/jjee.v1i1.14568
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jambura Journal of Engineering Education