Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Pilihan ‎Ganda dengan CRI Termodifikasi Materi Larutan ‎Elektrolit dan Non Elektrolit

Meiske Hasan, Astin Lukum, Erni Mohamad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa MAN 1 Kota Gorontalo tentang konsep larutan elektrolit dan non elektrolit dengan menggunakan Tes Pilihan Ganda dengan CRI Termodifikasi. Jenis Penelitian ini adalah deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Kota Gorontalo sebanyak 225 orang. Instrument berupa soal pilihan ganda beralasan terbuka menggunakan CRI Termodifikasi dengan 25 soal pilihan ganda. Data penelitian diperoleh dari hasil tes pilihan ganda beralasan terbuka. Hasil Penelitian menunjukan bahwa menggunakan Tes Pilihan Ganda Dengan CRI Termodifikasi diketahui siswa Kelas X MAN 1 Kota Gorontalo mengalami Miskonsepsi dengan Persentase tertinggi pada indikator menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit yakni Miskonsepsi 1 sebesar 25%, Miskonsepsi 2 sebesar 18% dan Miskonsepsi 3 sebesar 12%. Indikator dengan nilai presentase terendah adalah Indikator pengertian larutan elektrolit dan non elektrolit yakni Miskonsepsi 1 sebesar 15%, Miskonsepsi 2 sebesar 10% dan Miskonsepsi 3 sebesar 6%.

Keywords


Miskonsepsi, CRI Termodifikasi

Full Text:

PDF

References


Adu-Gyamfi, K., & Ampiah, J. G. (2019). "ŽStudents' Alternative Conceptions "ŽAssociated With Application of Redox "ŽReactions in Everyday Life. In Asian "ŽEducation Studies (Vol. 4, Issue 1, p. 29). "ŽJuly Press Pte. Ltd. "Žhttps://doi.org/10.20849/aes.v4i1.590"Ž

Budhi, H. S. (2018). Model Pembelajaran "ŽBerbasis Pengalaman untuk "ŽMeminimalkan Miskonsepsi Siswa pada "ŽMateri Cahaya. THABIEA: JOURNAL OF "ŽNATURAL SCIENCE "¦. "Žhttps://journal.iainkudus.ac.id/index.php/"ŽThabiea/article/view/4110"Ž

Depdiknas, P. K. B. (2007). Model Penilaian "ŽKelas Kurikulum Berbasis Kompetensi. "ŽDiakses pada tanggal 9 Maret 2021."Ž

Fitria, A. (2014). Miskonsepsi mahasiswa dalam "Žmenentukan grup pada struktur aljabar "Žmenggunakan certainty of response index "Ž"Ž(CRI) di jurusan pendidikan matematika "ŽIAIN "¦. core.ac.uk. "Žhttps://core.ac.uk/download/pdf/3272275"Ž"Ž35.pdf"Ž

Lukum, A., & Botutihe, D. N. (2018). Studi "ŽKomparasi Kemampuan Pemahaman "ŽKonseptual, Algoritmik, dan Grafis "ŽMahasiswa Jurusan Kimia pada Materi "ŽAsam Basa. Jambura Journal of "ŽEducational Chemistry. "Žhttps://www.neliti.com/publications/2774"Ž"Ž01/studi-komparasi-kemampuan-"Žpemahaman-konseptual-algoritmik-dan-"Žgrafis-mahasiswa-j

Putri, L. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa "Žpada Materi Larutan Elektrolit dan "ŽNonelektrolit di SMA Negeri 4 Banda "ŽAceh. repository.ar-raniry.ac.id. "Žhttps://repository.ar-"Žraniry.ac.id/id/eprint/5308/"Ž

Sadhu, S. (2019). Uncover Student's Alternative "ŽConception in Acid-Base Theory Using a "ŽModified Certainty of Response Index "ŽInstrument. Formatif: Jurnal Ilmiah "ŽPendidikan MIPA, 9(1)."Ž

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian "ŽBisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, "ŽKombinasi, dan R&D. Penerbit CV. "Žhttps://scholar.google.com/citations?view_"Žop=view_citation&hl=en&user=uUIIujUAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view"Ž=uUIIujUAAAAJ:M3NEmzRMIkIC"Ž

Suharsimi, A. (2009). Dasar-dasar evaluasi "Žpendidikan. Jakarta: Bumi Aksara."Ž




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v3i1.10185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS