Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Pilihan ‎Ganda dengan CRI Termodifikasi Materi Larutan ‎Elektrolit dan Non Elektrolit

Meiske Hasan, Astin Lukum, Erni Mohamad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa MAN 1 Kota Gorontalo tentang konsep larutan elektrolit dan non elektrolit dengan menggunakan Tes Pilihan Ganda dengan CRI Termodifikasi. Jenis Penelitian ini adalah deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Kota Gorontalo sebanyak 225 orang. Instrument berupa soal pilihan ganda beralasan terbuka menggunakan CRI Termodifikasi dengan 25 soal pilihan ganda. Data penelitian diperoleh dari hasil tes pilihan ganda beralasan terbuka. Hasil Penelitian menunjukan bahwa menggunakan Tes Pilihan Ganda Dengan CRI Termodifikasi diketahui siswa Kelas X MAN 1 Kota Gorontalo mengalami Miskonsepsi dengan Persentase tertinggi pada indikator menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit yakni Miskonsepsi 1 sebesar 25%, Miskonsepsi 2 sebesar 18% dan Miskonsepsi 3 sebesar 12%. Indikator dengan nilai presentase terendah adalah Indikator pengertian larutan elektrolit dan non elektrolit yakni Miskonsepsi 1 sebesar 15%, Miskonsepsi 2 sebesar 10% dan Miskonsepsi 3 sebesar 6%.

Keywords


Miskonsepsi, CRI Termodifikasi

Full Text:

PDF

References


Adu-Gyamfi, K., & Ampiah, J. G. (2019). ‎Students’ Alternative Conceptions ‎Associated With Application of Redox ‎Reactions in Everyday Life. In Asian ‎Education Studies (Vol. 4, Issue 1, p. 29). ‎July Press Pte. Ltd. ‎https://doi.org/10.20849/aes.v4i1.590‎

Budhi, H. S. (2018). Model Pembelajaran ‎Berbasis Pengalaman untuk ‎Meminimalkan Miskonsepsi Siswa pada ‎Materi Cahaya. THABIEA: JOURNAL OF ‎NATURAL SCIENCE …. ‎https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/‎Thabiea/article/view/4110‎

Depdiknas, P. K. B. (2007). Model Penilaian ‎Kelas Kurikulum Berbasis Kompetensi. ‎Diakses pada tanggal 9 Maret 2021.‎

Fitria, A. (2014). Miskonsepsi mahasiswa dalam ‎menentukan grup pada struktur aljabar ‎menggunakan certainty of response index ‎‎(CRI) di jurusan pendidikan matematika ‎IAIN …. core.ac.uk. ‎https://core.ac.uk/download/pdf/3272275‎‎35.pdf‎

Lukum, A., & Botutihe, D. N. (2018). Studi ‎Komparasi Kemampuan Pemahaman ‎Konseptual, Algoritmik, dan Grafis ‎Mahasiswa Jurusan Kimia pada Materi ‎Asam Basa. Jambura Journal of ‎Educational Chemistry. ‎https://www.neliti.com/publications/2774‎‎01/studi-komparasi-kemampuan-‎pemahaman-konseptual-algoritmik-dan-‎grafis-mahasiswa-j

Putri, L. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa ‎pada Materi Larutan Elektrolit dan ‎Nonelektrolit di SMA Negeri 4 Banda ‎Aceh. repository.ar-raniry.ac.id. ‎https://repository.ar-‎raniry.ac.id/id/eprint/5308/‎

Sadhu, S. (2019). Uncover Student’s Alternative ‎Conception in Acid-Base Theory Using a ‎Modified Certainty of Response Index ‎Instrument. Formatif: Jurnal Ilmiah ‎Pendidikan MIPA, 9(1).‎

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian ‎Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, ‎Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. ‎https://scholar.google.com/citations?view_‎op=view_citation&hl=en&user=uUIIujUAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view‎=uUIIujUAAAAJ:M3NEmzRMIkIC‎

Suharsimi, A. (2009). Dasar-dasar evaluasi ‎pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.‎




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v3i1.10185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS