Perbedaan Hasil Belajar Antara Siswa yang Diajar dengan Media Teka-Teki Silang (TTS) dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada Materi Sistem Koloid

Agus Said, Mardjan Paputungan, Julhim S. Tangio

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantukan media Teka-Teki Silang (TTS) dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada materi sistem koloid di SMA Negeri 4 Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah sampel 2 kelas yang masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Desain penelitian ini menggunakan pola rancangan “randomized pretest-posttest comparison group design”. Data hasil belajar kognitif menggunakan tes pilihan ganda, data afektif dan psikomotor menggunakan lembar observasi, uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TPS berbantukan TTS memberikan hasil belajar lebih baik dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran TPS berbantukan LKPD baik kognitif, afektif dan psikomotor. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji-t perbandingan antara kedua kelas dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 6,530 > ttabel =1,672.

Keywords


TPS, TTS, LKPD, Hasil Belajar, Sistem Koloid

Full Text:

PDF

References


Aini, N., Ashadi, A., & Nurhayati, N. D. (2014). Studi Komparasi Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dilengkapi Dengan Media Key Relation-Chart (Kr-Chart) Dan Lks Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Termokimia Kelas Xi Semester Ganjil Sma N 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 98–104.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Halalutu, H., Isa, I., & Bialangi, N. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning dan Model Discovery Learning Pada Materi Larutan Asam dan Basa di Madrasah Aliyah Negeri Limboto. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1(1), 7–12.

Huda, M. (2014). Model–model Pembelajaran dan pengajaran. Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Latif, F., Rumape, O., & Tangio, J. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Disertai Crowsword Puzzel terhadap Prestasi Belajar pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 13(2), 199–203.

Sudjana, N. (1989). Cara belajar siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Sinar Baru Algesindo.

Zulfajri, M., & Amelia, R. (2016). Pengaruh model discovery learning dengan media teka-teki silang terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem koloid. Jurnal Edukasi Kimia (JEK), 1(1), 12–18.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v3i2.10435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS