Peningkatan Hasil Belajar Kimia Dasar Mahasiswa STKIP PI Makassar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kimia Berbasis Concept Mapping Dipadu Teams Games Tournament

Haris Munandar, Opir Rumape

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan menerapkan model pembelajaran kimia Berbasis Concept Mapping Dipadu Teams Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar kimia dasar mahasiswa STKIP PI Makassar. Adapun subjek penelitian adalah mahasiswa kelas I A, berjumlah 35 mahasiswa. Pelaksanaan ini dilaksanakan dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu pertemuan evaluasi. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan terjadi peningkatan kategori hasil belajar mahasiswa, pada siklus I berada pada kategori sedang yaitu 10 orang mahasiswa atau 28,58% dan meningkat di siklus II pada kategori tinggi yaitu 22 orang mahasiswa atau 62,86%, terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar mahasiswa yaitu pada siklus I 54,14 dan meningkat pada siklus II menjadi 75,43. Serta peningkatan ketuntasan belajar mahasiswa pada siklus I yaitu 11 orang atau 47.14 dan meningkat pada siklus II menjadi yaitu 31 orang 88,57%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kimia berbasis Concept Mapping dipadu Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil Belajar kimia dasar mahasiswa STKIP PI Makassar.

Keywords


Hasil Belajar, Concept Mapping, Teams Games Tournament

Full Text:

PDF

References


Hamdayama, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Impelementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Naniastuti, I., Nurvitasari, E., & Marlissa, I. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Think Talk Write Dan Make a Match Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas Xi Sma Ypk Merauke. Musamus Journal of Science Education, 1(2), 074–082. https://doi.org/10.35724/mjose.v1i2.1699

Pongkendek, J. J., Marpaung, D. N., & Siregar, L. F. (2019). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament. Musamus Journal of Science Education, 2(1), 31–38. https://doi.org/10.35724/mjose.v2i1.2243

Darnella, R., Afriansyah, D., & Syarifah. (2020). Penerapan Metode Concept Mapping ( Peta Konsep) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Gerak di MAN 1 Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains, 9 (1), 73-86

Ratieh, W. dan, & Fachrurrozie. (2014). Teams Games Tournament (Tgt) Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Belajar. Dinamika Pendidikan Unnes, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.15294/dp.v9i1.3355

Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Sugiyono. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Taniredja, T. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Tarmidzi, T. (2019). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Ausubel Menggunakan Model Pembelajaran Dan Evaluasi Peta Konsep (Concept Mapping) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Ipa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 1(2), 131. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v1i2.2504

Vitantri, C. A. (2017). Integrasi concise learning method dengan mind mapping dalam pembelajaran matematika di perguruan tinggi. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 203–221. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.110




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v3i2.11194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS