Pengembangan Video Animasi Kimia Terintegrasi Keislaman pada Materi Struktur Atom
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran berupa video animasi kimia terintegrasi keislaman pada materi struktur atom. Proses pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari dari analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian uji coba terbatas kepada mahasiswa diantaranya aspek minat terhadap media dengan presentase 84%, aspek penguasaan materi dengan presentase 83,30%, aspek integrasi sains dan islam dengan presentase 86,4%, aspek tampilan dengan presentase 83%, aspek keterlaksanaan dengan presentase 84,7%, serta aspek audio dengan presentase 84,1%. Sehingga secara keseluruhan uji coba terbatas kepada mahasiswa mendapatkan presentase 84,30% dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian produk video animasi oleh ahli media sebesar 82,50% untuk video 1, 83,75% untuk video 2, dan 82,50% untuk video 3. Sehingga video animasi yang dikembangkan dalam penelitian ini mendapat kriteria sangat layak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Farizi, Z., Sulisworo, D., Hasan, M. H., & Rusdin, M. E. (2019). Pengembangan Media Animasi untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis TPACK dengan POWTOON pada Materi Torsi SMA Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(2), 108–113.
Anggriani, N. Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 6(1).
Arifudin, I. (2017). Integrasi Sains dan Agama serta Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Edukasia Islamika, 161–180.
Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 69–88.
Azhar, A. (2014). Media Pembelajaran (Depok: PT Rajagrafindo Persada).
Brady, J. E. (1999). Kimia Universitas Asas & Struktur Jilid 1. Edisi Ke5, Jakarta: Binarupa Aksara.
Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 63–70.
Ghalib, A. K. (2009). The True Power Of Atom. Diva Press.
Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan buku ajar geografi desa-kota menggunakan model ADDIE. Jurnal Educatio, 11(1), 90–105.
Kusuma, W. M., Sudira, P., Hasibuan, M. A., & Daryono, R. W. (2021). The Perceptions of Vocational School Students of Video Animation-Based Learning Media to Operate Lathes in Distance Learning. Journal of Education Technology, 5(2).
Ladan, S. I. (2015). The relevance of studying astronomy in islamic universities of Nigeria with particular reference to Al-Qalam university, Katsina. European Scientific Journal, 11(5).
Lawshe, C. H. (1975). A quantitative approach to content validity. Personnel Psychology, 28(4), 563–575.
Mas’ud, H. A. (2020). Paradigma Pendidikan Islam Humanis. IRCISOD.
Rohman, M. A. (2015). Pengembangan Media Permainan Monopoli dalam Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas VI SDN Tanamera I. Jurnal Seni Rupa, 3(1).
Sabarni, S. (2019). Struktur Atom Berdasarkan Ilmu Kimia dan Perspektif Al-quran. Lantanida Journal, 7(1), 87–100.
Sakai, R. (2017). Analisis Efektifitas Jembatan Penyeberangan di Jalan S. Parman (Samping Mall Lembuswana) Samarinda. Kurva S Jurnal Mahasiswa, 2(2), 314–325.
Suardika, I. K. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Kebugaran Jasmani Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 2(2), 93–101.
Zaini, M. S., & Nugraha, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidorajo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 349–361.
DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v3i2.11568
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo |
|
E-mail: jjec@ung.ac.id |
|
Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |