Pengaruh Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dengan Bantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi

Hendri Iyabu, Netty Ino Ischak, Yogi Supriadin, La Alio

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan bantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan IPA2 SMA Negeri 1 Telaga Biru, berjumlah 64 siswa, dengan menggunakan rancangan penelitian “Posttest-Only Control Design”. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 13 nomor soal yang digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dengan bantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Telaga Biru pada materi laju reaksi. Pengujian hipotesis data pada hasil penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan kriteria pengujian H¬¬0 ditolak jika thitung  ttabel pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian adalah adanya pengaruh model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dengan bantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Telaga Biru pada materi laju reaksi. Berdasarkan pengujian tersebut diperoleh thitung = 5,026  ttabel = 1,999, maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima.

Keywords


Model Pembelajaran NHT, Multimedia Interaktif, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, & Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

Astutik, P. (2013). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara & Ibnu Miskawyh.Trenggalek: Pena Nusantara.

Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Hosnan,. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Munir. (2013). Multimedia interaktif. Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Solihatin, Solihatin dan Raharjo. (2008). Cooperatif Learning (Analisis Model Pembelajaran IPS). Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta:prestasi pustaka.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v3i2.11897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS