Pengaruh Strategi Joyful Learning Melalui Chemical Bonding Game Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa

Risciana Yusuf, Nurhayati Bialangi, Wiwin Rewini Kunusa, Mardjan Paputungan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Joyful Learning melalui Chemical Bonding Game terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Telaga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eeksperimen dengan desain “Pretest-Posttest group Design”. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa Instrumen tes dalam bentuk objektif. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat pengaruh pembelajaran Joyful Learning menggunakan Chemical Bonding Game. Hasil penelitian pada pretest rata-rata kelas eksperimen 23,18 dan kelas kontrol 25,21 masih sangat rendah, pada posttes rata-rata kelas eksperimen 76,788 dan kelas kontrol 67,242. Hasil hipotesis menunjukan thitung = 3,601 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 64 diperoleh ttabel = 1,669. Berdasarkan hasil uji hipotesis, jika thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Joyful Learning dengan menggunakan media Chemical Bonding Game memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Harsanto, R. (2007). pengelolaan kelas yang dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Bialangi, Nurhayati. & Kristin Lintong ( 2018). pengaruh penerapan strategi Pogil terhadap reduksi miskonsepsi siswa pada konsep redoks di SMA Negeri 1 Tapa. journal of educational chemistry, 13(2),215-220

Laliyo, L. A. R. (2012). Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya kognitif spasial terhadap hasil belajar ikatan kimia siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo. Jurnal pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19(1), 14-27

Mardhiyyah. (2017). pengaruh strategi joyful learning berbantuan media ular tangga terhadap hasil belajar siswa pada materi stoikiometri di SMAN 1 Labuhanhaji Aceh Selatan. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM, BANDA ACEH, 53(4), 130.

Margono. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Semarang: Rineka Cipta

Mulyasa, E. (2011). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. In Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sadulloh, U. (2008). Pengantar Filsafat Pendidikan. In Bandung: Alfabeta (p. 181).

Sugiyono, D. (2016). Metode penelitian pendidikan kuantitatif , kualitatif dan R&D / Sugiyono. In Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata Syaodih, N. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. In Bandung: Pustaka Setia.

Ochimath. (2012). Peningkatan keaktifan belajar

matematika melalui metode pembelajaran

berbasis joyful learning. Februari 27, 2019,

from http://Ochimat.Wordpress.Com/.

Kunusa, R. Wiwin. Netty ischak. & Ismail Sabihi (2018). Pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) menggunakan media animasi dan kartu terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit. journal of educational chemistry 13(1), 29-34,

Van Hayus, E. S., Pramesthi, H., & Saputro, A. (2015). Penerapan Pendekatan Joyful Learning Dengan Metode Guided Discovery Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dan Prestasi Belajar Pada Materi Hidrokarbon Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(1), 204–210.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v4i1.12725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS