Analisis Kualitas Air Sungai Berbasis Praktikum sebagai Bentuk Penerapan Project Based Learning

Wiwin Rewini Kunusa, Ramli Utina, Frida Maryati Yusuf, Cecy Rahma Karim, Nur Inda R. Umadji

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan ketrampilan proses sains mahasiswa semester VII yang sedang menempuh mata kuliah Kimia Analitik III. Kemampuan mahasiswa dalam melakukan analisis tentang permasalahan lingkungan masih rendah. Penerapan Project Based Learning ini dengan melibatkan mahasiswa secara langsung di luar kelas dalam mengembangkan sejumlah keterampilan proses sains untuk menganalisis kualitas air sungai di Lokasi Wisata Desa Meranti Kecamatan Tapa Kabupaten BoneBolango. Kualitas air sungai Desa Meranti ditentukan berdasarkan parameter warna, rasa, bau, pH, dan analisis logam berat. Pembelajaran dilakukan secara berkelompok dengan tahapan 1) menentukan proyek, 2) merancang langkah-langkah penyelesaian proyek, 3) menyusun jadwal pelaksanaan proyek, 4) penyelesaian proyek, 5) menyusun laporan dan publikasi hasil proyek, dan 6) evaluasi proses dan hasil proyek. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design. Indikator keterampilan proses sains yang diteliti meliputi: 1) menyajikan data dalam bentuk grafik, 2) mengumpulkan dan mengolah data, 3) merancang penelitian dan 4) melaksanakan eksperimen 5) membuat laporan akhir.

Keywords


Kualitas Air, PjBL, Pre-Experimental

Full Text:

PDF

References


Adnyana, S., Wayan, I., & Rai, I. N. (2017). Studi analisis kualitas air di daerah aliran Sungai Pakerisan Provinsi Bali. Ecotrophic, 11(2), 378159. https://doi.org/10.24843/EJES.2017.v11.i02.p01

Alamsyah, D., & Mulawati, R. (2013). Pilar Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Nuha Medika.

Anggreni, L. D., Jampel, I. N., & Diputra, K. S. (2020). Pengaruh model project based learning berbantuan penilaian portofolio terhadap literasi sains. Mimbar Ilmu, 25(1), 41–52. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24475

Budner, D., & Simpson, B. (2018). Project-based integrated lecture and laboratory quantitative analysis course. Journal of Chemical Education, 95(9), 1533–1540. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.8b00146

Davis, E. J., Pauls, S., & Dick, J. (2017). Project-based learning in undergraduate environmental chemistry laboratory: using EPA methods to guide student method development for pesticide quantitation. Journal of Chemical Education, 94(4), 451–457. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.6b00352

Dewanti, S. S. (2011). Mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Matematika sebagai calon pendidik karakter bangsa melalui pemecahan masalah.

Effendi, M. S. (2013). Desain eksperimental dalam penelitian pendidikan. Jurnal Perspektif Pendidikan, 6(1), 87–102.

Gao, R. (2015). Incorporating students’ self-designed, research-based analytical chemistry projects into the instrumentation curriculum. Journal of Chemical Education, 92(3), 444–449.

Hermawan, M. (2020). Langkah-Langkah Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). 24/11/2020. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/project-based-learning/

Kember, D., Ho, A., & Hong, C. (2008). The importance of establishing relevance in motivating student learning. Active Learning in Higher Education, 9(3), 249–263. https://doi.org/10.1177/146978740809584

Lucyanti, S., Hendrarto, B., & Izzati, M. (2013). Penilaian Daya Dukung Wisata di Obyek Wisata Bumi Perkemahan Palutungan Taman Nasional Gunung Ciremai Propinsi Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan, 27.

Malahayati, E. N., & Sofiyana, M. S. (2019). Project Based Learning Berbasis Outdoor Study untuk Menganalisis Kualitas Air Tanah Warga Sekitar TPA Sampah Ngegong Kota Blitar pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 12–19. https://doi.org/10.35457/konstruk.v11i1.662

Masyruroh, A., & Karyadi, E. (2013). Analisa terhadap Kualitas Air Permukaan pada Sungai Cibanten di Sekitar Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Serang. Fondasi: Jurnal Teknik Sipil, 2(2). https://doi.org/10.36055/jft.v2i2.1724

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105

Puspasari, R. (2017). Implementasi project based learning untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar mahasiswa dalam pembuatan alat peraga matematika inovatif. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 10–22.

Sugiyanto, S., Setiawan, A., Hamidah, I., & Ana, A. (2020). Integration of mobile learning and project-based learning in improving vocational school competence. Journal of Technical Education and Training, 12(2), 55–68.

Taher, T. (2019). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kimia Berbasis Budaya Lokal. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1(2), 69–73.

Tomasik, J. H., LeCaptain, D., Murphy, S., Martin, M., Knight, R. M., Harke, M. A., Burke, R., Beck, K., & Acevedo-Polakovich, I. D. (2014). Island explorations: discovering effects of environmental research-based lab activities on analytical chemistry students. Journal of Chemical Education, 91(11), 1887–1894. https://doi.org/10.1021/ed5000313

Widakdo, W. A. (2017). Mathematical representation ability by using project based learning on the topic of statistics. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 12055.

Yustika, V., Kasim, N. M., Andimala, F., Amboy, M., Daaliwa, S. M., Nurlisa, W. O., & Kunusa, W. R. (2022). Analisis Kandungan Logam dalam Air Limbah Laundry dengan Metode Spektrofotometri UV-Vis. Jurnal Inovasi Teknik Kimia, 7(2), 14–22./




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.12726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS