Identifikasi Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Koloid

Opir Rumape, Sasmita Pomuato, Erni Mohamad, Netty Ino Ischak, Yuszda K. Salimi, Haris Munandar, Najmah Najmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman kemampuan kongnitif siswa pada koloid di MAN I Kota Gorontalo. Penelitian/; yang dilakukan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif. Instrumen penelitian yang digunakan dalah pilihan ganda tidak beralasan. Subjek penlitian yang digunakan adalah kelas XI IPA MAN I Kota Gorontalo dengan jumlah sampel sebanyak 31 siswa. Data dipoeroleh dari jawaban siswa pada soal pilihan ganda tidak beralasan. Data tersebut diolah berdasarkan jawaban yang kemudian dikelompokkan berdasarkan 4 indikator, setiap indikator1-3 terdiri dari 4 nomor soal dan indikator 4 terdiri dari 3 nomor soal. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kemampuan kongnitif siswa pada “sangat baik” dengan nilai presentasi keseluruhan 83,76% dilihat berdasarkan tabel presentasi kemampuan kongnitif. Pada indikator satu kemampuan kongniti siswa 94,35% kategori “sangat baik”, indikator 2 kemampuan kongnitif siswa 79,84% kategori “baik”, indikator 3 kemampuan kongnitif siwa 78,23% kategori “baik” dan terakhir indikator 4 kemampuan kongnitif siswa 82, 80% kategori “sangat baik”.

Keywords


Kemampuan Kognitif; Koloid

Full Text:

PDF

References


Abas, N. S., Paputungan, M., & Suleman, N. (2019). Pengaruh Pemberian Tugas Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar Reaksi Oksidasi-Reduksi Siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.34312/jjec.v1i1.2068

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Fajriah, F., Salasi, R., Suryawati, S., & Fatimah, S. (2019). Analysis of problem solving ability in social arithmetics. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 042102. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042102

Genes, A. J., Lukum, A., & Laliyo, L. A. R. (2021). Identifikasi Kesulitan Pemahaman Konsep Larutan Penyangga Siswa di Gorontalo. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(2), 61–65.

Guritno, T. A. M. R., Masykuri, M., & Ashadi, A. (2015). Pembelajaran kimia melalui model pemecahan masalah dan inkuiri terbimbing ditinjau dari keterampilan proses sains (KPS) dasar dan sikap ilmiah siswa. Inkuiri, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v4i2.9530

Handayanti, Y., Sopandi, W., & Kadarohman, A. (2016). Profil kemampuan berinkuiri siswa SMA pada topik pengaruh perubahan suhu terhadap sistem kesetimbangan kimia. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 1(2), 38–46. https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.1249

Hanifah, M., & Purbosari, P. P. (2022). Studi Literatur: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry (GI) terhadap Hasil Belajar Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Siswa Sekolah Menengah pada Materi Biologi. BIODIK, 8(2), 38–46. https://doi.org/10.22437/BIO.V8I2.14791

Hartami, P., Abdullah, R., & Safitri, Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Pada Materi Minyak Bumi Di Kelas X MAN Sabang. Lantanida Journal, 2(2), 170–184. https://doi.org/10.22373/lj.v2i2.1407

Huda, N., & Mardapi, D. (2015). Komparasi model penskoran berdasarkan teori respons butir pada soal ujian nasional mata pelajaran matematika. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 3(1), 56–66.

Kartila, D., Sahputra, R., & Lestari, I. (2016). Pengaruh Teknik Talking Chips Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Koloid di SMA Panca Bhakti Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(9). https://doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16545

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2022). Kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada materi hidrokarbon di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41877

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga ranah taksonomi bloom dalam pendidikan. EDISI, 2(1), 132–139. https://doi.org/10.36088/edisi.v2i1.822

Nursa’adah, E., Kurniawati, D., & Yunita, Y. (2016). Analisis Kemampuan Kognitif Mahasiswa pada Konsep Asam-Basa Menggunakan Tes Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 1(1), 25–35. https://doi.org/10.30870/EDUCHEMIA.V1I1.437

Sahputra, R., & Hadi, L. (2017). Pengaruh Predict-Observe-Explain terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(5). https://doi.org/10.26418/jppk.v6i5.20128

Setyaningsih, R., Sutarni, S., & Rejeki, S. (2015). Analisis Kemampuan Kognitif Mahasiswa Matematika dalam Menyelesaikan Soal Struktur Aljabar II. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Analisis kemampuan kognitif dan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran berbasis proyek berpendekatan STEM. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 18–30. https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p018

Vellayati, S., Nurmaliah, C., Sulastri, S., Yusrizal, Y., & Saidi, N. (2020). Identifikasi tingkat pemahaman konsep siswa menggunakan tes diagnostik three-tier multiple choice pada materi hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 128–140. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15715

Yuliana, Y. (2019). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(03), 288–297. https://doi.org/10.30998/diskursus.v2i03.6708

Yuliansyah, E. F., Utomo, S. B., & Ashadi, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Numbered Heads Together Disertai Tutor Sebaya pada Materi Termokimia terhadap Prestasi dengan Memperhatikan Kemampuan Matematis Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 3 Boyolali. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(1), 45–53. https://doi.org/10.20961/JPKIM.V8I1.34880




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.13215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS