Identifikasi Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Koloid
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abas, N. S., Paputungan, M., & Suleman, N. (2019). Pengaruh Pemberian Tugas Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar Reaksi Oksidasi-Reduksi Siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.34312/jjec.v1i1.2068
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Fajriah, F., Salasi, R., Suryawati, S., & Fatimah, S. (2019). Analysis of problem solving ability in social arithmetics. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 042102. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042102
Genes, A. J., Lukum, A., & Laliyo, L. A. R. (2021). Identifikasi Kesulitan Pemahaman Konsep Larutan Penyangga Siswa di Gorontalo. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(2), 61–65.
Guritno, T. A. M. R., Masykuri, M., & Ashadi, A. (2015). Pembelajaran kimia melalui model pemecahan masalah dan inkuiri terbimbing ditinjau dari keterampilan proses sains (KPS) dasar dan sikap ilmiah siswa. Inkuiri, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v4i2.9530
Handayanti, Y., Sopandi, W., & Kadarohman, A. (2016). Profil kemampuan berinkuiri siswa SMA pada topik pengaruh perubahan suhu terhadap sistem kesetimbangan kimia. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 1(2), 38–46. https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.1249
Hanifah, M., & Purbosari, P. P. (2022). Studi Literatur: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry (GI) terhadap Hasil Belajar Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Siswa Sekolah Menengah pada Materi Biologi. BIODIK, 8(2), 38–46. https://doi.org/10.22437/BIO.V8I2.14791
Hartami, P., Abdullah, R., & Safitri, Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Pada Materi Minyak Bumi Di Kelas X MAN Sabang. Lantanida Journal, 2(2), 170–184. https://doi.org/10.22373/lj.v2i2.1407
Huda, N., & Mardapi, D. (2015). Komparasi model penskoran berdasarkan teori respons butir pada soal ujian nasional mata pelajaran matematika. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 3(1), 56–66.
Kartila, D., Sahputra, R., & Lestari, I. (2016). Pengaruh Teknik Talking Chips Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Koloid di SMA Panca Bhakti Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(9). https://doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16545
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2022). Kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada materi hidrokarbon di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41877
Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga ranah taksonomi bloom dalam pendidikan. EDISI, 2(1), 132–139. https://doi.org/10.36088/edisi.v2i1.822
Nursa’adah, E., Kurniawati, D., & Yunita, Y. (2016). Analisis Kemampuan Kognitif Mahasiswa pada Konsep Asam-Basa Menggunakan Tes Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 1(1), 25–35. https://doi.org/10.30870/EDUCHEMIA.V1I1.437
Sahputra, R., & Hadi, L. (2017). Pengaruh Predict-Observe-Explain terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(5). https://doi.org/10.26418/jppk.v6i5.20128
Setyaningsih, R., Sutarni, S., & Rejeki, S. (2015). Analisis Kemampuan Kognitif Mahasiswa Matematika dalam Menyelesaikan Soal Struktur Aljabar II. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Analisis kemampuan kognitif dan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran berbasis proyek berpendekatan STEM. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 18–30. https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p018
Vellayati, S., Nurmaliah, C., Sulastri, S., Yusrizal, Y., & Saidi, N. (2020). Identifikasi tingkat pemahaman konsep siswa menggunakan tes diagnostik three-tier multiple choice pada materi hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 128–140. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15715
Yuliana, Y. (2019). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(03), 288–297. https://doi.org/10.30998/diskursus.v2i03.6708
Yuliansyah, E. F., Utomo, S. B., & Ashadi, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Numbered Heads Together Disertai Tutor Sebaya pada Materi Termokimia terhadap Prestasi dengan Memperhatikan Kemampuan Matematis Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 3 Boyolali. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(1), 45–53. https://doi.org/10.20961/JPKIM.V8I1.34880
DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.13215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo |
|
E-mail: jjec@ung.ac.id |
|
Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |