Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Asam Basa Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, V. R. (2012). Pengertian Penelitian Deskriptif. Medan: Sofmedia.
Agatha, B., Amiza, R. F., & Sulistyaningsih, Y. (2022). Analisis Miskonsepsi Calon Guru Kimia dengan Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Test pada Materi Kesetimbangan Kimia. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 5(2), 9. https://doi.org/10.31602/dl.v5i2.6323
Agung, S., & Saridewi, N. (2017). Miskonsepsi siswa pada materi asam basa dengan menggunakan instrumen tes diagnostik two-tier. Repository.Uinjkt.Ac.Id.
Amala, F., & Habiddin, H. (2022). Pemahaman Konsep dalam Topik Sifat Asam Basa Larutan Garam: Studi pada Siswa SMA di Blitar. Jurnal Zarah, 10(2), 91–100. https://doi.org/10.31629/zarah.v10i2.4321
Antika, L. T. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Teori Evolusi pada Mahasiswa. Natural Science Education Research, 1(2). https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.4793
Bachtiar, R. A., Nahadi, N., & Firman, H. (2020). The development of an instruments diagnostic two-tier multiple choice assisted smartphone on salt hydrolysis. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1), 012085. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012085
Bayrak, B. K. (2013). Using Two-Tier Test to Identify Primary Students’ Conceptual Understanding and Alternative Conceptions in Acid Base. Online Submission. https://eric.ed.gov/?id=ED543593
Fitranda, M., & Muntholib, M. (2020). Identifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal hidrolisis garam menggunakan langkah penyelesaian soal. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 5(1). https://doi.org/10.17977/um026v5i12020p032
Laliyo, L. A. R. (2018). Model Mental Siswa Dalam Memahami Perubahan Wujud Zat. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 8(1).
Mahfuzoh. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Teknik Evaluasi Two Tier Multiple Choice Diagnostic. PEDIAMATIKA: Journal of Mathematical Science and Mathematics Education, 1(2).
Nazarudin, N., & Sukarmin. (2017). Penerapan Pembelajaran dengan Strategi Konflik Kognitif untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Pokok Asam dan Basa di Kelas XI MAN Mojosari Kota Mojokerto. Journal of Chemical Education, 6(1), 81–88.
Nursamsudin, I. (2016). Konsep Dan Karakteristik Pendekatan Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society) pada Pelajaran Kimia SMA. Jurnal Pembelajaran FIisika, 4(5).
Pikoli, M. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Dengan Menggunakan Strategi Konflik Kognitif Untuk Meluruskan Kesalahan Konsep Kimia Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia UNG. Penelitian Berorientasi Pengembangan Produk, 2(839).
Pikoli, M. (2017). Pola-pola Kesalahan Siswa dalam Memahami Konsep Hidrolisis Garam Ditinjau dari Aspek Gambaran Makroskopik-Submikroskopik. Jurnal Entropi, 12(2).
Sahputra, R. (2014). Deskripsi Kemampuan Representasi Mikroskopik dan Simbolik Siswa SMA Negeri di Kabupaten Sambas Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(1). https://doi.org/10.26418/jppk.v3i1.4431
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian peendidikan. Alfabeta.
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi & perubahan konsep dalam pendidikan fisika. Gramedia Widiasarana.
Tümay, H. (2016). Reconsidering learning difficulties and misconceptions in chemistry: Emergence in chemistry and its implications for chemical education. In Chemistry Education Research and Practice (Vol. 17, Issue 2). https://doi.org/10.1039/c6rp00008h
Wulansari, N. S., Musa, W. J. A., & Laliyo, L. A. R. (2016). Pemetaan Struktur Pengetahuan Siswa untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Konsep Laju Reaksi. JURNAL ENTROPI ,Inovasi Penelitian, Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 11, 1–10.
Yuliana, R., Karyanto, P., & Marjono, M. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Concept Map dalam Model Konstruktivisme tipe Novick terhadap Miskonsepsi pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia. BIO-PEDAGOGI, 2(2). https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v2i2.5298
Zidny, R., Sopandi, W., & Kusrijadi, A. (2013). Analisis pemahaman konsep siswa SMA kelas X pada materi persamaan kimia dan stoikiometri melalui penggunaan diagram submikroskopik serta hubungannya dengan kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Riset Dan Praktik Pendidikan Kimia, 1(1), 27–36.
DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v5i2.13229
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo |
|
E-mail: jjec@ung.ac.id |
|
Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |