Identifikasi Miskonsepsi Ikatan Kimia Menggunakan Diagnostic Test Multiple Choice Berbantuan Certainty of Response Index

Fadila Karim, Netty Ino Ischak, Erni Mohamad, La Ode Aman, Yuszda K. Salimi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA Negeri 1 Kabila pada materi ikatan kimia dengan menggunakan instrumen Diagnostic test multiple choice berbantuan Certainty of response index. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah Three-tier multiple choice. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabila dengan jumlah sampel sebanyak 58 siswa. Data penelitian ini di peroleh dari jawaban siswa pada soal three-tier multiple choice dan diolah berdasarkan pola jawaban siswa yang kemudian di kelompokan ke dalam kategori paham konsep , miskonsepsi error 1, miskonsepsi error 2, miskonsepsi error 3 dan tidak paham konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa kategori miskonsepsi error 1 (MK1) 3,22%, miskonsepsi error 2 (MK2) 8,55%, dan kategori miskonsepsi error 3 (MK3) 19,34%. Sedangkan paham konsep 12,55% dan tidak paham konsep 56,32%.

Keywords


Miskonsepsi, Diagnostic test, CRI, Ikatan kimia

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara.

Arslan, H. O., Cigdemoglu, C., & Moseley, C. (2012). A Three-Tier Diagnostic Test to Assess Pre-Service Teachers’ Misconceptions about Global Warming, Greenhouse Effect, Ozone Layer Depletion, and Acid Rain. International Journal of Science Education, 34(11).https://doi.org/10.1080/09500693.2012.680618

Azura, S., & Copriady, J. (2017). Identification Misconception On Chemical Bonding Using Three Tier Diagnostic Test At Students In X Mia Class Senior High School Negeri 8 Pekanbaru Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Tiga Tingkat ( Three Tier ) Pada Peserta Didik Kelas X Mia. 3, 1–13.

Chang, R. (2004). Kimia dasar: konsep-konsep inti edisi ketiga Jilid 1. In Land Economics.

Dewi, Y. K. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Piktorial Pilihan Ganda Untuk Mengukur Dimensi Pengetahuan Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. Repository.Upi.Edu, 1–9.

Monoarfa, Z. P., La Kilo, A., & Botutihe, D. N. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 3 Gorontalo Utara pada Konsep Larutan Penyangga. Jambura Journal of Educational Chemistry, 12(2), 215–223.

Petrucci, R. H. (1987). Kimia Dasar Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Qurrota, A., & Nuswowati, M. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostic Multiple Choice Berbantuan CRI (Certainty of Response Index). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2108–2117.

Rahayu, Dona. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Ikatan Kimia: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Ilmu Pendidikan,3(3).https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Sugiyono, D. (2016). Metode penelitian pendidikan kuantitatif , kualitatif dan R&D / Sugiyono. In Bandung: Alfabeta.

Suharto, F. A. M. dan B. (2016). Identifikasi dan Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument pada Konsep Kesetimbangan Kimia. Inovasi Pendidikan Sains, 7(1).

Titin Sri Ratama. (2013). Remediasi miskonsepsi pada konsep gerak lurus menggunakan pendekatan konflik kognitif. Skripsi.

Utami, B., C.S, A., Mahardiani, L., Yamtinah, S., & Mulyani, B. (2009). KIMIA Untuk SMA/MA Kelas XII Program Ilmu Alam. In Pusat Perbukuan,Departemen Pendidikan Nasional (Issue April).

Yuniarti, E., Bahar, A., & Elvinawati, E. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Konsep Redoks Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Alotrop, 4(1). https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13714

Wirya, I. W., Suyanto, E., & Suyadi, G. (2009). Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Propinsi Lampung. 10, 9–18.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v4i1.13239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS