Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Hidrokarbon

Harsya Wiriawan Dilapanga, Mardjan Paputungan, Julhim S. Tangio, Jafar La Kilo

Abstract


Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa SMA Negeri 4 Gorontalo Pada Materi Hidrokarbon. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Mardjan Paputungan M.Si dan Pembimbing II Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada materi Hidrokarbon. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 4 Gorontalo yang berjumlah 3 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes two tier multiple choice. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep siswa untuk indikator mengidentifikasi unsur-unsur dalam senyawa karbon kategori cukup paham konsep sebesar 42.11%, untuk indikator mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon kategori kurang paham 29.24%, untuk indikator membedakan atom karbon primer, sekunder, tersier dan kuartener kategori tidak paham konsep 12%, untuk indikator mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan kategori tidak paham 17.54%, untuk indikator memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna kategori tidak paham 17.54% dan untuk indikator menentukan titik didih dan hubungannya dengan Mr kategori kurang paham konsep 24.56%. dan untuk indikator menentukan isomer dalam senyawa hidrokarbon kategori tidak paham konsep sebesar 10.53%.

Keywords


Pemahaman konsep, Hidrokarbon

Full Text:

PDF

References


Abdul, majid. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ahmad, Rohani. (1997). Media Intruksional Deduktif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Andi, Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inofatif Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik Dan Menyenangkan. Jogjakarta: Diva Press.

Anita, lee. (2014). Cooperatif Learning. Mempraktekkan Cooperatif Learning di ruangan kelas. Jakarta: PT gransindo.

Anni, Catharina Tri. (2006). Teori Pembelajaran. Semarang: MKU UNNES

Arends. (1997). Model-model Pembelajaran Inofatif Berorientasi Konstruktifitas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Budianingsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyo, Agus N. (2011). Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak. Jogjakarta.

Dimyanti & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Agus. (2009). Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 3, pp. 23–34).

Gunarso, Arif. (2012). Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli (Artikel).Jakarta.

Hidayah, N., Melati, H. A., & Sartika, R. P. (2010). Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidik dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(9),1-10

Pramita, A. (2016). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas Xi Sma Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa (Development Of Media Snakes And Ladders Game On Hydrocarbon Compound Xi Grade Senior High School To Improve Understanding The Concept Of Students). Unesa Journal of Chemical Education, 5(2)

Tusyuz, C. (2009). Development Of Two Tier Diagnostic Instrument And Assess Students Understanding In Chemistry. Scientific Research and Essay. 4(6).

Hidayah, N., Melati, H. A., & Sartika, R. P. (2010). Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal. Pendidik dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(9),1-10




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v4i1.13405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS