Analisis Model Mental Siswa dalam Mentransformasikan Konsep Laju Reaksi Melalui Multipel Representasi

Masrid Pikoli, Kadek Sukertini, Ishak Isa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model mental siswa dalam mentrasformasikan konsep laju reaksi melalui multipel representasi siswa SMA Negeri 1 Limboto. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel berjumlah 150 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes diagnostik two tier multiple choice, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase model mental yang dimiliki siswa adalah: model mental Inisial (36,2%), model mental Sintetik (29,4%) dan model mental Saintifik (34,4%). Multipel representasi siswa dalam memahami konsep laju reaksi masih sangat rendah pada level submikroskopik. Penyebab terbentuknya model mental siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.

Keywords


Model Mental, Multipel Representasi, Konsep Laju Reaksi

Full Text:

PDF

References


Adadan, E. (2013). ‘Using Multiple Representations To Promote Grade 11 Students’ Scientific Understanding Of The Particle Theory Of Matter’, Research Science Education, Vol. 43, hh. 1079-1105

Cin, M. (2013). Undergraduate students’ mental models of hailstone formation. International Journal of Environmental and Science Education, 8(1), 163–174.

Iriany. (2009). Model Pembelajaran Inkuiri Laboratorium Berbasis Teknologi Informasi Pada Konsep Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Berpikir Kreatif Siswa SMU. Tesis. UPI, Bandung.

Johnstone, A.H. (2000). Teaching of chemistry logical or psychological. Chemistry Education: Research and Practice in Europe, Vol.1, No.1, pp 9-15.

Kurnaz, Altan M., & Eksi, C. (2015). An analysis of high school students’ mental models of solid friction in physics. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 15(3), 787–795

Laliyo, A. R. L. (2011). Model Mental Siswa dalam Memahami Perubahan Wujud Zat. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 8(1), 1–12.

Lilhaq, Abdul Hadi. (2009). Studi Eksploratif Model Mental Pemahaman Konsep Ikatan Hidrogen Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Negeri Gorontalo Tahun Akademik 2010/2011. SKRIPSI. Gorontalo.

Lin, J.W., & Chiu, .M.H. (2010). The Mismatch between Students’ Mental Models of Acids/Bases and their Sources and their Teacher’s Anticipations thereof. International Journal of Science Education.32 (12), 1617-164

McClary, L., & Talanquer, V., (2011). Collage Chemistry Students’ Mental Model of Acid Strength. Journal of Reasearch In Science Teaching, 48(4), 396-413

Pikoli, M., & Sihaloho, M. (2014, September). Implementasi Pembelajaran dengan Menginterkoneksikan Multipel Representasi pada Materi Hidrolisis Garam untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Jurusan Kimia FMIPA.

Pikoli, M. (2020). Using Guided Inquiry Learning with Multiple Representations to Reduce Misconceptions of Chemistry Teacher Candidates on Acid-Base Concept. International Journal of Active Learning, 5(1), 1-10.

Portolés, Josep Solaz-, J., & Sanjosé Lopez, V. (2007). Representations in problem solving in science: Directions for practice. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 8(4), 1–17.

Safitri, N. C., Nursaadah, E., & Wijayanti, I. E. (2019). Analisis Multipel Representasi Kimia Siswa pada Konsep Laju Reaksi. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 4(1), 1.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : ALFABETA

Sunyono. (2015). Model Pembelajaran Multipel Representasi. Yokyakarta: Media Akademi.

Supriadi, S., Ibnu, S., & Yahmin, Y. (2018). Analisis Model Mental Mahasiswa Pendidikan Kimia Dalam Memahami Berbagai Jenis Reaksi Kimia. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 1

Wang, C.Y., (2007). The Role of Mental Modeling Ability, Content Knowlwdge, and Mental Models in General Students Chemistry Understanding about Molecular Polari. Dissertation for the Doctor Degree of Philosophy in the Graduate School of the University of Missouri. Columbia.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v4i1.13515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS