Pengaruh Strategi REACT Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Larutan Penyangga

Nita Suleman, Marlina H. Naiyo, Suleman Duengo, Ahmad Kadir Kilo

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh strategi REACT terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 55 siswa terbagi pada kelas eksperimen sebanyak 29 siswa dan kelas kontrol sebanyak 26 siswa. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran strategi REACT (Relating, Experiencing, Applayng, Cooperatif, dan Transfering) sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil uji validitas tes menunjukkan bahwa 15 soal valid dan hasil reliabilitas tes adalah 0,8454 tergolong dalam kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 53 diperoleh thitung sebesar 5,695 lebih besar dari ttabel yaitu 1,674 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran berstrategi REACT terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi larutan penyangga. Adapun data aspek afektif dari kedua kelas dikategorikan baik, dengan rata-rata kelas eksperimen 80,345% sedangkan pada kelas kontrol 68,942%. Sedangkan pada aspek psikomotor kelas eksperimen sebesar 75,431% termasuk dalam kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 48,750% termasuk kategori masih kurang.

Keywords


Strategi REACT, Hasil Belajar, Larutan Penyangga

Full Text:

PDF

References


Arnas, E. A. J. (2012). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Dan Laboratorium Real Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga [Universitas Negeri Medan]. http://digilib.unimed.ac.id/3586/

Crawford, M. L. (2001). Teaching contextually. Research, Rationale, and Techniques for Improving Student Motivation and Achievement in Mathematics and Science. Texas: Cord.

Farid, A., & Nurhayati, S. (2014). Pengaruh penerapan strategi REACT terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI. Chemistry in Education, 3(1).

Ismawati, R. (2017). Strategi REACT Dalam Pembelajaran Kimia SMA. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 1–7.

Ismawati, R., & Wijayati, N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berstrategi REACT terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/4405/3770

Larasati, L. D. (2016). Pengembangan Permainan Kartu Domino Kimia Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Unsur Bagi Siswa Smalb Tunarungu (Development Of Domino Chemistry Card Games On The Subject Matter Of Unsure For Learning Media For Smalb DEAF STUDENTS). UNESA Journal of Chemical Education, 5(1).

Sari, D. K., Suryaningsih, S., & Yunita, L. (2020). Implementasi Kecerdasan Emosional dan Minat Siswa pada Pembelajaran Kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 2(1), 40–47.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Ültay, N., Durukan, Ü. G., & Ültay, E. (2015). Evaluation of the effectiveness of conceptual change texts in the REACT strategy. Chemistry Education Research and Practice, 16(1), 22–38.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v4i1.13634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS