Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sel Volta dan Sel Elektrolisis dengan Menggunakan Tes Open-Ended Problem
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, Y., Duskri, M., & Ahmad, A. (2015). Penerapan Model Eliciting Activities Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2).
Effendi, K. N., & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130-137. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2013
Ernawati, M. D. W., Muhammad, D., Asrial, A., & Muhaimin, M. (2019). Identifying Creative Thinking Skills in Subject Matter Bio-Chemistry. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 581-589.
Firdaus, As'ari, A. R., & Qohar, Abd. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA melalui Pembelajaran Open-ended Pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan, 1(2), 227-236.
Gusti Rahmadani. (2022). Determining Talent Based on Student Skills Using Fuzzy Logic. International Journal of Health Engineering and Technology, 1(3). https://doi.org/10.55227/ijhet.v1i3.77
Hajar, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Poso Pada Materi Hukum Dasar Ilmu Kimia di Masa Pandemi Covid-19. In Skripsi. Universitas Tadulako.
Humaeroh, I. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Elektrokimia Melalui Model Open-Ended Problems. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Jumi, W., Suleman, N., & Tangio, J. S. (2018). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Soal Tes Open Ended Problem Pada Materi Elektrokimia di SMA Negeri 1 Telaga. Jurnal Entropi, 13(1), 35-43.
Kurniati, R. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 1-18.
Maftukhah, N. A., Nurhalim, K., & Isnarto. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Model Connecting Organizing Reflecting Extending Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Journal of Primary Education, 6(3), 267-276.
Matondang, K., & Matondang, A. R. (2021). Penerapan Pendekatan Open Ended dalam Pembelajaran Matematika Realistik. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 197-201. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.316
Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPPM, 10(2), 8-13.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinasi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135.
Purba, J., & Siregar, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek di SMA Negeri 2 Lintongnihuta Pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 2(2), 110-115.
Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Jurnal Refleksi Edukatika, 6(2), 145-157.
Siregar, R. N., Mujib, A., Hasratuddin, & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan, 4(1), 56-62.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sutantri, N. (2022). Studi Literatur: Kesulitan Siswa Pada Pembelajaran Kimia SMA Topik Sel Volta. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 2(1), 13. https://doi.org/10.52434/jkpi.v2i1.1624
Wiyati, A. (2020). Modul Pembelajaran SMA Kimia. Surabaya: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN
DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v5i2.14492
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
![]() |
Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo |
![]() |
E-mail: jjec@ung.ac.id |
![]() |
|
![]() |
Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |