Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Hidrolisis Garam

Nurhayati Bialangi, Fadilah Alawiya Paputungan, Mardjan Paputungan, Nita Suleman, Arviani Arviani, Erga Kurniawati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrument yang digunakan adalah tes esai pada materi hidrolisis garam. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang siswa SMA Negeri 4 Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil persentase rata-rata dari keseluruhan butir soal yaitu sebesar 45% termasuk kedalam kategori cukup. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada tahap memahami masalah sebesar 53.50% termasuk kedalam kategori cukup. Kemampuan pemecahan siswa pada tahap merencanakan pemecahan masalah sebesar 50.75% termasuk kedalam kategori cukup. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian sebesar 46.67% termasuk kedalam kategori cukup. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada tahap memeriksa kembali jawaban yang diperoleh sebesar 24% termasuk kedalam kategori kurang.

Keywords


Kemampuan pemecahan masalah; Hidrolisis garam

Full Text:

PDF

References


Aini, M. N., Marsitin, R., & Fayeldi, T. (2020). Analisis Pemecahan Masalah Matematika dalam Discovery Link Map. Pi: Mathematics Education Journal, 3(2), 68–74. https://doi.org/10.21067/PMEJ.V3I2.4533

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 3). Bumi Aksara.

Budianti, D. A., Roshayanti, F., Hayat, M. S., & Syafiq, M. A. (2022). Profil Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik MA Darul Muqorrobin pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(1), 38–45. https://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/153

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.

Ergul, R. (2017). Examining of the non-routine problem-solving skills of prospective science teachers as part of the understand the problem and the solution plan. International Journal of Learning and Teaching, 9(4), 425–430. https://doi.org/10.18844/IJLT.V9I4.2647

Junita, B. A. (2015). Implementasi Think Aloud Pair Problem Solving (Tapps) Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah DanHasil Belajar Kognitif Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(2), 274–282.

Kholid, M. N., Telasih, S., Pradana, L. N., & Maharani, S. (2021). Reflective Thinking of Mathematics Prospective Teachers’ for Problem Solving. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012102

Khomsiatun, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Problem Based Learning Dengan Permainan Plucking Star untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX Smp N 1 Patuk Gunungkidul. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(3), 338–347. https://doi.org/10.51878/SCIENCE.V2I3.1552

Laliyo, L. A. R., Kau, M., La Kilo, J., La Kilo, A., & No, J. J. S. (2020). Kemampuan siswa memecahkan masalah hukum-hukum dasar kimia melalui pembelajaran inkuiri terbimbing. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 8(1), 1–8.

Maemanah, S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Siswa melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Materi Laju Reaksi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Midawati. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 831–837. https://doi.org/10.31949/EDUCATIO.V8I3.2589

Rahayuningsih, S., Sirajuddin, S., & Nasrun, N. (2020). Cognitive flexibility: exploring students’ problem-solving in elementary school mathematics learning. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 6(1), 59–70. https://doi.org/10.23917/JRAMATHEDU.V6I1.11630

Rahim, A., Nopriadi, N., & Oktariani, D. (2022). Hubungan Antara Motivasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio, 8(3), 816–823. https://doi.org/10.31949/EDUCATIO.V8I3.2521

Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis kesulitan belajar kimia siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18–29. https://doi.org/https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.431

Safitri, E., Sartika, R. P., & Hadi, L. (2021). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Bentuk Molekul Mas Al-Mustaqim. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 9(1).

Sophia, A., Enawaty, E., & Sartika, R. P. (2017). Deskripsi kemampuan pemecahan masalah dalam materi perhitungan kimia pada siswa kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2).

Sugiyono. (2018). metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D) (edisi ke-2). ALFABETA.

Sulaiman, D. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Argumentasi Ilmiah Siswa Sma Negeri 1 Tarakan Dinamika Gerak Rotasi. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 7(1), 55. https://doi.org/10.26714/jps.7.1.2019.55-63

Villarta, Y. M., Atibula, L. T., & Gagani, F. S. (2021). Performance-based assessment: Self-efficacy, decision-making, and problem-solving skills in learning science. Journal La Edusci, 2(3), 1–9. https://doi.org/10.37899/JOURNALLAEDUSCI.V2I3.381

Wulandari, R., Shofiyah, N., & Kurniawan, M. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Kolaboratif Calon Guru IPA pada Perkuliahan Blended Learning Berbasis Multikultural. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 258–270. https://doi.org/10.20527/QUANTUM.V13I2.14168




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.14863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS