Review: Laboratorium Virtual untuk Pembelajaran Kimia di Era Digital
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adha, D. F., & Wahyuni, I. (2020). Penerapan Model Inquiry Training Menggunakan Media Laboratorium Virtual (Online Labs) Terhadap Keterampilan Proses Sains pada Pelajaran Fisika di SMA. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 6(3), 23-27.
Ardius, A. (2019). Pemanfaatan Laboratorium Maya: Peluang dan Tantangan. Jurnal Teknodik, 24(2), 147-160.
Bakar, A., Haryanto, H., Afrida, A., & Sanova, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Sains Kimia Berbasis Eksperimen Menggunakan Aplikasi Virtual Lab Authoring Tool Chemcollective. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pinang Masak, 1(2), 40-47.
Bhati, P., & Kumar, I. (2020). Role of library professionals in a pandemic situation like COVID-19. International Journal of Library and Information Studies, 10(2), 33-48.
Dewi, A., Tika, N., & Suardana, I. N. (2019). Komparasi Praktikum Riil Dan Praktikum Virtualterhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Pada Pembelajaran Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 85-93.
Gaffar, A. A., & Sugandi, M. K. (2019). Pengembangan Media Perangkat Pembelajaran Berbasis Praktikum Virtual untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Biotek, 7(2), 96-110.
Hasibuan, S. R. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAS Nurul "˜Ilmi. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(2), 7-12.
Hendrajanti, P. (2022). Discovery Learning Berbantuan Virtual Chemistry Laboratory untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 188-196.
Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2015). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 97-102.
Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan laboratorium virtual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 186-195.
Kartika, H. S., Harjono, Sumarni, W., & Murbangun. (2019). Kontribusi virtual laboratory pada pembelajaran titrasi asam-basa dengan predict-observe-explain terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Phenomenon, 09(2), 190-205.
Lutfi, A., & Hidayah, R. (2017). Training science process skills using virtual laboratory on learning acid, base, and salt. JCER (Journal of Chemistry Education Research), 1(2), 56-61.
Maksum, A. H., & Saragih, Y. (2020). Analisis penerapan virtual laboratorium versus reality laboratorium. Jurnal Tiarsie, 17(2), 47-52.
Mauliza, N. (2018). Pengaruh Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Siswa Dalam Pembelajaran Kimia. Prosiding Seminar Nasional Mipa IV, 286-291.
Muhali, M., Asy'ari, M., & Sukaisih, R. (2021). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Metakognitif Siswa. Empiricism Journal, 2(2), 73-84.
Musyaillah, D. A., & Muhab, S. (2020). Pengaruh Integrasi Laboratorium Virtual dalam Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Elektrolit dan Non elektrolit. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 10(1), 46-52.
Ningsih, R. D., Natasyah, E., Ananta, S., Fitra, P., Novianty, R., & Rahma, N. (2019). Pegasus: Penerapan Teknologi Menggunakan Chemcollective's Virtual Chemistry Laboratory. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(1), 73-79.
Nisa, U. M. (2017). Metode praktikum untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas V MI YPPI 1945 Babat pada materi zat tunggal dan campuran. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 15(1), 62-68.
Novitasari, S., Tulandi, D. A., & Lolowang, J. (2021). Pengembangan panduan praktikum online menggunakan smartphone berbasis aplikasi phypox. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 35-42.
Putri, E. P. K., Hamzah, H. B., & Tiwow, V. M. A. (2017). Perbedaan Model Pembelajaran Modified Free Inquiry (MFI) Berbasis Laboratorium Riil Dengan Virtual Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMAN 1 Pasangkayu. Mitra Sains, 5(1), 26-35.
Rahayuningtyas, N. H., & Jannah, A. (2020). Laboratorium Virtual sebagai Penunjang Praktikum di Masa Belajar dari Rumah. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 3, 391-394.
Redhana, I. W., Suardana, I. N., Selamat, I. N., & Merta, L. M. (2020). Pengaruh Praktikum Kimia Hijau Pada Sikap Siswa Terhadap Kimia. EDUSAINS, 12(2), 154-165.
Risna, R., Hamid, A., & Winarti, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Creative Problem Solving Dilengkapi Laboratorium Virtual Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 2 SMA PGRI 4. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 1(1), 131-142.
Rizkiana, M. E., Nurhadi, M., & Watulingas, M. C. (2018). Perbedaan hasil belajar siswa SMA pada laboratorium nyata dan virtual dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 27-32.
Sanova, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Praktikum Virtual Kimia SMA Menggunakan Program Chem Collective Berbasis Scientific Approach. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 1(2), 220-230.
Setiawati, A., Ajizah, D. N., Anisa, N. N., Ambarwati, P., Izzati, Z. A. N., & Erika, F. (2021). The 21st century skills on chemistry learning based on virtual lab in senior high school. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 27-39.
Sugiharti, S., & Sugandi, M. K. (2020). Laboratorium virtual: media praktikum online untuk meningkatkan pemahaman siswa di masa pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 45-51.
Supurwoko, S., Cari, C., Sarwanto, S., Sukarmin, S., Budiharti, R., & Dewi, T. S. (2017). Virtual lab experiment: physics educational technology (PhET) photo electric effect for senior high school. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 381.
Tirmizi, A., & Rahmanpiu, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Lab Dalam Praktikum Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 6(3), 149. https://doi.org/10.36709/jpkim.v6i3.19777
Wibawanto, W. (2020). Laboratorium Virtual Konsep Dan Pengembangan Simulasi Fisika. LPPM UNNES.
Wulandari, N., & Vebrianto, R. (2017). Studi literatur pembelajaran kimia berbasis masalah ditinjau dari kemampuan menggunakan laboratorium virtual. Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi Dan Industri, 709-715.
DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.15008
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
![]() |
Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo |
![]() |
E-mail: jjec@ung.ac.id |
![]() |
|
![]() |
Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |