Review: Laboratorium Virtual untuk Pembelajaran Kimia di Era Digital

Lestari Lestari, Lisa Aprilia, Nezalsa Fortuna, Risky Nor Cahyo, Suci Fitriani, Yuni Mulyana, Pintaka Kusumaningtyas

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi informasi di era digital harus dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kimia. Di era digital ini, penggunaan laboratorium virtual dapat menggantikan laboratorium nyata sebagai sarana untuk membuktikan teori, hukum, dan konsep kimia. Kajian ini menelaah berbagai platform laboratorium virtual yang dapat digunakan dalam pembelajaran kimia. Platform laboratorium virtual yang dikaji dalam artikel ini adalah Chemcollective, Laboratorium Maya, PhET, dan Olabs. Setiap platform laboratorium virtual yang dikaji memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga informasi ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru dalam memilih platform laboratorium virtual yang sesuai dengan tujuan pembelajaran kimia yang telah dirancang.

Keywords


Laboratorium Virtual; Pembelajaran Kimia; Media Digital

Full Text:

PDF

References


Adha, D. F., & Wahyuni, I. (2020). Penerapan Model Inquiry Training Menggunakan Media Laboratorium Virtual (Online Labs) Terhadap Keterampilan Proses Sains pada Pelajaran Fisika di SMA. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 6(3), 23–27.

Ardius, A. (2019). Pemanfaatan Laboratorium Maya: Peluang dan Tantangan. Jurnal Teknodik, 24(2), 147–160.

Bakar, A., Haryanto, H., Afrida, A., & Sanova, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Sains Kimia Berbasis Eksperimen Menggunakan Aplikasi Virtual Lab Authoring Tool Chemcollective. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pinang Masak, 1(2), 40–47.

Bhati, P., & Kumar, I. (2020). Role of library professionals in a pandemic situation like COVID-19. International Journal of Library and Information Studies, 10(2), 33–48.

Dewi, A., Tika, N., & Suardana, I. N. (2019). Komparasi Praktikum Riil Dan Praktikum Virtualterhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Pada Pembelajaran Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 85–93.

Gaffar, A. A., & Sugandi, M. K. (2019). Pengembangan Media Perangkat Pembelajaran Berbasis Praktikum Virtual untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Biotek, 7(2), 96–110.

Hasibuan, S. R. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAS Nurul ‘Ilmi. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(2), 7–12.

Hendrajanti, P. (2022). Discovery Learning Berbantuan Virtual Chemistry Laboratory untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 188–196.

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2015). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 97–102.

Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan laboratorium virtual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 186–195.

Kartika, H. S., Harjono, Sumarni, W., & Murbangun. (2019). Kontribusi virtual laboratory pada pembelajaran titrasi asam-basa dengan predict-observe-explain terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Phenomenon, 09(2), 190–205.

Lutfi, A., & Hidayah, R. (2017). Training science process skills using virtual laboratory on learning acid, base, and salt. JCER (Journal of Chemistry Education Research), 1(2), 56–61.

Maksum, A. H., & Saragih, Y. (2020). Analisis penerapan virtual laboratorium versus reality laboratorium. Jurnal Tiarsie, 17(2), 47–52.

Mauliza, N. (2018). Pengaruh Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Siswa Dalam Pembelajaran Kimia. Prosiding Seminar Nasional Mipa IV, 286–291.

Muhali, M., Asy’ari, M., & Sukaisih, R. (2021). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Metakognitif Siswa. Empiricism Journal, 2(2), 73–84.

Musyaillah, D. A., & Muhab, S. (2020). Pengaruh Integrasi Laboratorium Virtual dalam Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Elektrolit dan Non elektrolit. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 10(1), 46–52.

Ningsih, R. D., Natasyah, E., Ananta, S., Fitra, P., Novianty, R., & Rahma, N. (2019). Pegasus: Penerapan Teknologi Menggunakan Chemcollective’s Virtual Chemistry Laboratory. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(1), 73–79.

Nisa, U. M. (2017). Metode praktikum untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas V MI YPPI 1945 Babat pada materi zat tunggal dan campuran. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 15(1), 62–68.

Novitasari, S., Tulandi, D. A., & Lolowang, J. (2021). Pengembangan panduan praktikum online menggunakan smartphone berbasis aplikasi phypox. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 35–42.

Putri, E. P. K., Hamzah, H. B., & Tiwow, V. M. A. (2017). Perbedaan Model Pembelajaran Modified Free Inquiry (MFI) Berbasis Laboratorium Riil Dengan Virtual Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMAN 1 Pasangkayu. Mitra Sains, 5(1), 26–35.

Rahayuningtyas, N. H., & Jannah, A. (2020). Laboratorium Virtual sebagai Penunjang Praktikum di Masa Belajar dari Rumah. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 3, 391–394.

Redhana, I. W., Suardana, I. N., Selamat, I. N., & Merta, L. M. (2020). Pengaruh Praktikum Kimia Hijau Pada Sikap Siswa Terhadap Kimia. EDUSAINS, 12(2), 154–165.

Risna, R., Hamid, A., & Winarti, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Creative Problem Solving Dilengkapi Laboratorium Virtual Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 2 SMA PGRI 4. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 1(1), 131–142.

Rizkiana, M. E., Nurhadi, M., & Watulingas, M. C. (2018). Perbedaan hasil belajar siswa SMA pada laboratorium nyata dan virtual dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 27–32.

Sanova, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Praktikum Virtual Kimia SMA Menggunakan Program Chem Collective Berbasis Scientific Approach. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 1(2), 220–230.

Setiawati, A., Ajizah, D. N., Anisa, N. N., Ambarwati, P., Izzati, Z. A. N., & Erika, F. (2021). The 21st century skills on chemistry learning based on virtual lab in senior high school. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 27–39.

Sugiharti, S., & Sugandi, M. K. (2020). Laboratorium virtual: media praktikum online untuk meningkatkan pemahaman siswa di masa pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 45–51.

Supurwoko, S., Cari, C., Sarwanto, S., Sukarmin, S., Budiharti, R., & Dewi, T. S. (2017). Virtual lab experiment: physics educational technology (PhET) photo electric effect for senior high school. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 381.

Tirmizi, A., & Rahmanpiu, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Lab Dalam Praktikum Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 6(3), 149. https://doi.org/10.36709/jpkim.v6i3.19777

Wibawanto, W. (2020). Laboratorium Virtual Konsep Dan Pengembangan Simulasi Fisika. LPPM UNNES.

Wulandari, N., & Vebrianto, R. (2017). Studi literatur pembelajaran kimia berbasis masalah ditinjau dari kemampuan menggunakan laboratorium virtual. Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi Dan Industri, 709–715.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.15008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS