Identifikasi Pemahaman Konsep Tingkat Representasi Makroskopik, Mikroskopik, dan Simbolik pada Materi Ikatan Kimia

Weny J.A Musa, Mohamad Alan Mantuli, Julhim S. Tangio, Hendri Iyabu, Jafar La Kilo, Ahmad Kadir Kilo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa tingkat representasi makroskopik, mikroskopik, dan simbolik pada materi ikatan kimia di SMAT Wira Bhakti Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang diujikan kepada 57 siswa kelas X SMAT Wira Bhakti Gorontalo. Pengumpulan data menggunakan tes diagnostik tiga tingkat. Level pemahaman siswa dibagi menjadi tiga kategori yaitu paham konsep, tidak paham konsep, dan miskonsepsi, yang terdiri dari tiga tingkat representasi yaitu makroskopik, mikroskopik, dan simbolik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tingkat representasi makroskopik siswa paham konsep sebesar 9,20%, tidak paham konsep sebesar 23,60%, dan miskonsepsi sebesar 67,20%. Pada tingkat representasi mikroskopik siswa paham konsep sebsar 15,75%, siswa tidak paham konsep sebsar 17%, dan miskonsepsi sebesar 67,25%. Pada tingkat representasi simbolik siswa paham konsep sebsar 7,17%, tidiak paham konsep sebesar 23,17%, dan miskonsepsi sebesar 69,67%. Sehingga dapat ditemukan bahwa ketiga tingkat representasi berada dikategori miskonsepsi dengan kriteria tinggi, yaitu pada makroskopik sebesar 67,20%, mikroskopik sebesar 67,25%, dan simbolik sebesar 69,67%. Sehingga rata-rata totalnya didapatkan sebesar 68,04%. Berdasarkan presentase ditemukan bahwa pengetahuan siswa kelas X SMAT Wira Bhakti Gorontalo termasuk pada kategori miskonsepsi dengan kriteria tinggi.

Keywords


Pemahaman Konsep; Makroskopik; Mikroskopik; Simbolik; Ikatan Kimia

Full Text:

PDF

References


Adadan, E. (2013). Using Multiple Representations to Promote Grade 11 Students’ Scientific Understanding of the Particle Theory of Matter. Research in Science Education, 43(3), 1079–1105. https://doi.org/10.1007/s11165-012-9299-9

Adriani, N., & Silitonga, F. S. (2017). Pengembangan Modul Ajar Kimia Unsur Berbasis Inkuiri Terbimbing Fase Development untuk Mahasiswa Pendidikan Kimia. Jurnal Zarah, 5(2), 44–47. https://doi.org/10.31629/ZARAH.V5I2.219

Agustina, A. (2016). Pembelajaran Konsep Ikatan Kimia dengan Animasi Terintegrasi LCD Projector Layar Sentuh (Low Cost Multi Touch White Board). Jurnal Tadris Kimiya, 1(1), 8–13. https://doi.org/10.15575/JTA.V1I1.1163

Apriani, R., Harun, A. I., Erlina, Sahputra, R., & Ulfah, M. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Multipel Representasi dengan Bantuan Teknologi Augmented Reality untuk Membantu Siswa Memahami Konsep Ikatan Kimia. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 5(4), 305–330. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i4.23260

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 3). Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=j5EmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=dasar-dasar+evaluasi+pendidikan&ots=6uCLGfvO2K&sig=XytiTkyb4kcMKXzuku_sZQJNx58&redir_esc=y#v=onepage&q=dasar-dasar%20evaluasi%20pendidikan&f=false

Arslan, E., & Sahbaz, Ü. (2012). A study to develop a scale for determining the social acceptance levels of special-needs students, participating in inclusion practices. Educational Research and Reviews, 7(29), 651–662. https://doi.org/10.5897/ERR11.262

Chuenmanee, C., & Thathong, K. (2018). The current practice of using multiple representations in year 4 science classrooms. AIP Conference Proceedings, 1923(1), 30015. https://doi.org/10.1063/1.5019506/761989

Dilapanga, H. W., Paputungan, M., Tangio, J. S., & Kilo, J. La. (2022). Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Hidrokarbon. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(1), 26–30. https://doi.org/10.34312/JJEC.V4I1.13405

Djarwo, C. F. (2019). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Kimia pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 6(2), 90–97. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/2788

Doyan, A., Taufik, M., & Anjani, R. (2018). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/JPPIPA.V4I1.99

Fahmi, & Irhasyuarna, Y. (2017). The Misconceptions of Senior High School Students in Banjarmasin on Chemical Bonding. Journal of Education and Practice, 8(17), 32–39. https://iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/37464

Farida, I., Helsy, I., Fitriani, I., & Ramdhani, M. A. (2018). Learning Material of Chemistry in High School Using Multiple Representations. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 288(1), 012078. https://doi.org/10.1088/1757-899X/288/1/012078

Farida, I., Liliasari, L., Sopandi, W., & Widyantoro, D. H. (2017). A web-based model to enhance competency in the interconnection of multiple levels of representation for pre-service teachers. Ideas for 21st Century Education, 359–362. https://doi.org/10.1201/9781315166575-72

Handayani, S. L. (2018). Mengevaluasi Konsepsi dan Miskonsepsi Mahasiswa PGSD Materi Optik Geometri Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Tiga Tingkat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2788

Maghfiroh, L., Santosa, S., & Suryadharma, I. B. (2016). Identifikasi Tingkat Pemahaman Konsep Stoikiometri Pada Pereaksi Pembatas dalam Jenis-Jenis Reaksi Kimia Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 4 Malang. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 1(2), 32–37. http://journal2.um.ac.id/index.php/j-pek/article/view/766

Nurfadilah, S., & Siswanto, J. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Konsep Polimer dengan Pendekatan STEAM Bermuatan ESD Siswa SMA Negeri 1 Bantarbolang. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 14(1), 45–51. https://doi.org/10.26877/MPP.V14I1.5543

Saat, R. M., Fadzil, H. M., Aziz, N. A. Abd., Haron, K., Rashid, K. A., & Shamsuar, N. R. (2016). Development of An Online Three-Tier Diagnostic Test To Assess Pre-University Students’ Understanding of Cellular Respiration - ProQuest. Journal of Baltic Science Education, 15(4), 532–546. https://doi.org/10.33225/jbse/16.15.532

Sastrika, I. A. K., Sadia, W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(2). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/799

Setianingsih, A. (2018). Bahan Ajar Kimia Sistem Periodik Unsur dan Ikatan Kimia Berbasis Konteks Kendaraanuntuk Siswa SMK Teknik Otomotif [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/57851/

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Treagust, D. F. (2018). The Importance of Multiple Representations for Teaching and Learning Science | ISRES - International Society for Research in Education and Science. https://www.isres.org/the-importance-of-multiple-representations-for-teaching-and-learning-science-97-s.html

Widarti, H. R., Safitri, A. F., & Sukarianingsih, D. (2018). Identifikasi Pemahaman Konsep Ikatan Kimia. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 3(1), 41–50. https://doi.org/10.17977/UM026V3I12018P041

Widiyatmoko, A., & Shimizu, K. (2018). The Development of Two-Tier Multiple Choice Test to Assess Studentsâ€TM Conceptual Understanding about Light and Optical Instruments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 491–501. https://doi.org/10.15294/JPII.V7I4.16591




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.15201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS