Pengembangan Alat Evaluasi HOTS Berbasis BOT Telegram pada Materi Larutan Penyangga
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Arikunto, & Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Kedua). Bumi Aksara.
Basuki, I., & Hariyanto. (2014). Asesmen Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang nomor 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.
Dewi, C. K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Universitas islam Negeri Raden Intan.
Fitriani, N., Windayana, H., & Jenuri. (2015). The Influence Of Hots Through SPPKB Model In Mathematics Learning To Students' Creative Thinking Ability. Semantic Scholar.
Gunawan, L. N., Anjarwirawan, J., & Hadojo, A. (2018). Aplikasi Bot Telegram Untuk Alat Informasi Perkuliahan Program Studi Informatika-Sistem Informasi Bisnis Universitas Kristen Petra. Jurnal INFRA.
Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Rajawali.
Hardin, & Side, S. (2019). Pengembangan instrumen penilaian praktikum kimia fisik berbasis Keterampilan Generik Sains (KGS) yang valid, praktis dan efisien. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.
Heri Khariono, Rizky Parlika, Haidar Ananta Kusuma, & Dimas Arif Setyawan. (2021). Pemanfaatan Bot Telegram Sebagai E-Learning Ujian Berbasis File. Jurnal Informatika Polinema, 7(4), 65-72. https://doi.org/10.33795/jip.v7i4.696
Lenardo, G. C., Herianto, & Irawan, Y. (2020). Pemanfaatan Bot Telegram Sebagai Alat Informasi Akademik di STMIK Hang Tuah Pekanbaru. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia.
Mardupi, D. (2012). Pengukuan, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Nuha Medika.
Muhammad, R., Arwani, I., & Rahayudi, B. (2020). ). Implementasi Plugin Notifikasi Sebagai Alat Integrasi Antara E-Learning Moodle dengan BOT Telegram (Studi Kasus : Bimbingan Belajar The Second School). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer.
Mulyanto, A. D. (2020). Pemanfaatan Bot Telegram Untuk Alat Informasi Penelitian. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer.
Ramadhan, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Dengan Bot Api Media Sosial Telegram Di Akademi Farmasi Surabaya. It-Edu, 2(02).
Risanty, R. D., & Sopiyan, A. (2017). Pembuatan Aplikasi Kuesioner Evaluasi Belajar Mengajar Menggunakan Bot Telegram pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT-UMJ) dengan Metode Polling. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2017 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Soeroso, H., Arfianto, A. Z., & Mayangsari, N. E. (2017). Penggunaan Bot Telegram Sebagai Announcement System pada Intansi Pendidikan. Seminar Master PPNS.
Supriadi, S. R. R. P., Haedi, S. U., & Chusni, M. M. (2022). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam Pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 2(2), 192-198. https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i2.4036
Widoyoko, E. P. S. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Pustaka Pelajar.
Widyaningrum, R., Sarwanto, S., & Karyanto, P. (2013). Pengembangan Modul Berorientasi Poe (Predict, Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan Padamateri Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 100. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v6i1.3920
Zulaiha, R. (2008). Bagaimana Menganalisis Soal dengan Program ITEMAN. PUSPENDIK.
DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v5i2.16989
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
![]() |
Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo |
![]() |
E-mail: jjec@ung.ac.id |
![]() |
|
![]() |
Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |