Analisis Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Introvert dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching

Tamrin Taher

Abstract


Pembelajaran yang berorientasi untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mengakibatkan perkembangan keterampilan abad 21 siswa seperti komunikasi dan kolaborasi sering terabaikan, terutama bagi siswa yang berkepribadian introvert. Keterampilan tersebut perlu dikembangkan terutama bagi siswa introvert karena mereka mengalami kesulitan dan membutuhkan waktu untuk bekerja sama atau mengemukakan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa introvert melalui Pendekatan Culturally Responsive Teachng. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kota Tidore Maluku Utara tahun pelajaran 2020/2021. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA yang berkeperibadian introvert. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan interpretatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling melalui tes Eysenck Personality Inventory (EPI), sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, reflektif jurnal, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan siswa introvert berkembang dalam berkolaborasi dengan teman-temannya. Intensitas komunikasi mereka juga mengalami peningkatan. Penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching menjadikan siswa introvert memiliki motivasi, keberanian, dan percaya diri untuk mengemukakan pendapat baik kepada teman maupun guru serta mampu bekerja sama dengan siswa lain dalam kelompoknya.

Keywords


Keterampilan Komunikasi; Kolaborasi; Introvert; CRT

Full Text:

PDF

References


Akram, T. M., Ijaz, A., & Ikram, H. (2017). Exploring the Factors Responsible for Declining Students ’ Interest in Chemistry. 7(2). https://doi.org/10.18178/ijiet.2017.7.2.847

Courtland L. Bovee dan John V. Thill. (2012). Komunikasi Bisnis (9 Jilid 1).

Desi., Qadaruddin, M., & N. (2022). : Indonesian Journal of Islamic Studies –. 4(02), 88–96.

Frederick, F., & Tablatin, L. S. (2017). Redalyc.Exploring The Importance of Soft and Hard Skills as Perceived by IT Internship Students and Industry : A Gap Analysis.

Greenstein, L. (2012). Assesing 21st Century Akills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. Corwin.

Hayat, M. S., Rustaman, N. Y., Rahmat, A., & Redjeki, S. (2019). Profile of life-long learning of prospective teacher in learning biology. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022083

Hemayanti, K. L., Muderawan, I. W., & Selamat, I. N. (2020). Analisis Minat belajar Mahasiswa kels XI MIA pada Mata Pelajaran Kimia. 4(1), 20–25.

Jacobs, G. (2014). Introverts Can Succeed with Cooperative Learning. Parole, 4(1), 83–93. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED573764.pdf

Kivunja, C. (2015). Teaching Students to Learn and to Work Well with 21 st Century Skills : Unpacking the Career and Life Skills Domain of the New Learning Paradigm. 4(1), 1–11. https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p1

Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 24. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2876

Putri, A., Enawaty, E., & Lestari, I. (2016). Deskripsi Keterampilan Komunikasi Siswa SMA Negeri 9 Pontianak Melalui Metode Praktikum pada Materi ksp. 5(9), 1–11.

Putri, V. W., & Gazali, F. (2021). Studi Literatur Model Pembelajaran POGIL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Kimia. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(2), 1–6.

Rahmawati, Y., Ridwan, A., & Nurbaity. (2017). Should we learn culture in chemistry classroom? Integration ethnochemistry in culturally responsive teaching. AIP Conference Proceedings, 1868(August 2017). https://doi.org/10.1063/1.4995108

Robo, R., Taher,T., Lukman,A. (2021). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Terintegrasi Etnokimia untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 225–231.

Saeng, C. Y., Lukum, A., & Botutihe, D. N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer ‎Instruction Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan ‎Berpikir Kritis SMA Terpadu Wira Bhakti pada Materi Reaksi ‎Reduksi Oksidasi (Redoks)‎. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.34312/jjec.v3i1.7087

Sakdiah, H., & Maryam Jamilah. (2022). Digital Literacy Students Facing to Independent Learning Independent Campus Curriculum. Community Medicine and Education Journal, 3(1), 217–222. https://doi.org/10.37275/cmej.v3i1.180

Taher, T., Erdawati, E., & Afrizal, A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Tipe Kepribadian Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Koloid. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 28–34. https://doi.org/10.21009/jrpk.081.03

Tama, D. M. (2018). Proses Pembuatan Lagu Anak Melalui Metode Tandasa Sesuai dengan kecakapan Abad-21. Universitas Pasundan.

Ulwiyah, W. Z., Djuhan, M. W., Pembelajaran, P., & Sosial, K. (2021). Keperibadian Ekstrovert dan Introvert pada SIswa Kelas VII G SMP Negeri 2 Ponorogo pda proses Pembelajaran dalam Perspektif Psikologi Sosial. 1(2), 117–140.

Yulianto & Sutrisno. S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematikan Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 289–295.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.17463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS