Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Menggunakan Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice

Ahmat Sudir Umar, Astin Lukum, Windi Dilapanga, Akram La Kilo, La Ode Aman, La Alio, Kostiawan Sukamto, Abdul Wahab Pahrun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa pada materi ikatan kimia kelas XI IPA SMA N 1 Telaga Biru. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Instrument yang dilakukan adalah tes diagnostik Three Tier Multiple Choice. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga Biru dengan jumlah sampel sebanyak 76. Data penelitian diperoleh dari jawaban siswa pada soal tes Three Tier Multiple Choice. Data tersebut diolah berdasarkan pola jawaban siswa yang dikelompokan kedalam tiga kategori yaitu Paham Konsep, Tidak Paham Konsep dan Miskonsepsi. Pada hasil penelitian menunjukan bahwa kategori kemampuan pemahaman konsep memiliki presentase yang paham konsep sebesar 15, Tidak Paham Konsep sebesar 27 dan Miskonsepsi diperoleh presentase sebesar 58. Berdasarkan presentase ditemukan bahwa pengetahuan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga Biru termasuk pada kategori Miskonsepsi dengan kriteria tinggi.

Keywords


Pemahaman konsep; Ikatan Kimia

Full Text:

PDF

References


Adibatin, A. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Strategi Pembelajaran Pakem Melalui Permainan Cincin di Jempol Tangan (Karya Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.24246/J.SCHOLARIA.2016.V6.I1.P1-18

Anis, R. (2022). Kemampuan Number Sense Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Pecahan Kelas VII A MTs NU Al-Badar Kabupaten Jember. UIN KH Achmad Siddiq Jember.

Budiarti, V., & Lestariningsih, L. (2018). Profil Penyelesaian Soal Trigonometri Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 273–284. https://doi.org/10.31980/MOSHARAFA.V7I2.30

Djarwo, C. F. (2019). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Kimia pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 6(2), 90–97. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/2788

Genes, A. J., Lukum, A., & Laliyo, L. A. R. (2021). Identifikasi Kesulitan Pemahaman Konsep Larutan Penyangga Siswa di Gorontalo. Journal of Educational Chemistry, 3, 1–5.

Hairida, E., & Lestari, I. (2015). Pemahaman konsep siswa terhadap materi ikatan kimia melalui self assessment di sma muhammadiyah 1 pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(8). https://doi.org/10.26418/JPPK.V4I8.11061

Iswara, G. P. S., Kuswandi, D., & Husna, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Dilengkapi Dengan Simulasi Untuk Memvisualisasikan Reaksi Kimia Pada Materi Larutan Penyangga SMA Kelas XI. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 6(2), 58–68. https://doi.org/10.17977/UM031V6I22020P058

Lukum, A., Hasan, M., & Mohamad, E. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Pilihan ‎Ganda dengan CRI Termodifikasi Materi Larutan ‎Elektrolit dan Non Elektrolit. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.34312/jjec.v3i1.10185

Made, N. (2020). Analisis kesulitan belajar kimia siswa kelas XI pada materi larutan penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 1–12.

Meiyuri, Y. (2021). Pengembangan LKPD Berbantu PhET Simulation Pada Materi Kesetimbangan Kelarutan di SMA Inshafuddin Banda Aceh. UIN Ar-Raniry.

Mukminan. (2014). Tantangan Pendidikan Abad-21. In Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAN.

Novianti, R., Isa, I., & Salimi, Y. K. (2016). Identifikasi Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Konsep Mol di Kelas X SMA Negeri 1 Wonosari. JURNAL INOVASI PENELITIAN, PENDIDIKAN DAN PEMEBLAJARAN SAINS, 11, 1–5.

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan media vidio call dalam teknologi komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 1–23.

Sariati, N. K., Suardana, I. N., & Wiratini, N. M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 86–97. https://doi.org/10.23887/JIPP.V4I1.15469

Sartika, R. P. (2015). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Menggunakan Model Siklus Belajar 5E Berbantuan Multimedia pada Materi Koloid. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26418/JVIP.V6I3.9023

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif Kuantitatif Dan R&D). Alfabeta.

Uge, A., Lukum, A., & Rumape, O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Metode Demonstrasi Terhadap Pemahaman Konsep Reduksi Oksidasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Suwawa. Journal of Educational Chemistry, 2, 1–5.

Zakiah, Z., & Khairi, F. (2019). Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus 01 Kecamatan Selaparang. El Midad, 11(1), 85–100. https://doi.org/10.20414/ELMIDAD.V11I1.1906




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.18984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS