Desain Kearifan Lokal Gorontalo sebagai Bahan Kajian dalam Pembelajaran Sains
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y., Mulyani, T., & Yunansah, H. (2018). PEMBELAJARAN LITERASI: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara. (Y. N. I. Sari, Ed.). Bumi Aksara.
Artho, L. N., Wuisan, J., & Najoan, J. A. (2015). EFEK SERBUK KOPI ROBUSTA (Coffea canephora) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA INSISI PADA KELINCI (Oryctolagus cuniculus). Jurnal e-Biomedik (eBm), 3(3), 743–748.
Dictionary, M.-W. (2023). Merriam-Webster Dictionary.
Ernawati, & Rahmatiah. (2019). KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT GORONTALO DALAM MELESTARIKAN TRADISI PAYANGO. Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Humaniora 2019 (SemanTECH2019), 176–180.
Jupri, A. (2019). KEARIFAN LOKAL UNTUK KONSERVASI MATA AIR.
Lukitaningsih, E., & Holzgrabe, U. (2014). BIOACTIVE COMPOUNDS IN BENGKOANG (Pachyrhizus erosus) AS ANTIOXIDANT AND TYROSINASE INHIBITING AGENTS. Indonesian J. Pharm, 25(2), 68–75. https://doi.org/10.14499/indonesianjpharm25iss2pp75
Mahardika, I. K., Sari, E., Handono, S., Aqilla, S. L., Faruqi, R., Ramadani, A., & Al-Jufri, Z. (2023). Hakikat dan Fungsi Sains Dalam Pembelajaran Fisika. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(6), 3955–3964.
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). LITERASI NUMERASI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH TIDAK TERSTRUKTUR. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.
Maryani, I., & Fatmawati, L. (2018). Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Teori dan Praktik). deepublisher.
Mujtahidin, M., & Oktarianto, M. L. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Dasar: Kajian Perspektif Filsafat Ilmu . TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 108–116.
Narut, Y. F., Supardi, K., Pgsd, P., St, S., Paulus, J. J. A., & Yani, R.-F. (2019). LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI INDONESIA. Inovasi Pendidikan Dasar, 61–67.
Nicholas, G. (2019). An uneasy alliance indigenous traditional knowledge enriches science. The Conversation.
Prasetyo, Z. K. (2017). Pembelajaran dan Kompetensi Pendidik Abad-21. Inovasi Pendidikan, 2–8.
Purba, A. R., & Siahaan, J. (2020). Meaning and Function of Lokal Wisdom in the Proverb (Limbaga) Simalungun. BIRCI-Journal, 3(4), 3904–3911. https://doi.org/10.33258/birci.v3i4.1256
Rahman, T. M. (2020). Filsafat Ilmu Pengetahuan (R. Rosyad & D. Suherman, Ed.). Prodi S-2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Rumapea, M. E. M. (2018). Tantangan Pendidikan Pada Era Revolusi 4.0. TANTANGAN YANG DIHADAPI DALAM DUNIA PENDIDIKAN dan SOCIAL STUDIES di ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 TANTANGAN YANG DIHADAPI DALAM DUNIA PENDIDIKAN DAN SOCIAL STUDIES DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 2, 451–455. http://semnasfis.unimed.ac
Saptono, Y. J. (2016). MOTIVASI DAN KEBERHASILAN BELAJAR SISWA. Dalam Volume I | Nomor 1 | Maret.
Syamsuddin, N. (2021). Sistem Model dan Desain Pembelajaran.
Wachidah, K., & Darmawan, M. K. W. (2018). DESAIN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KAWASAN PERTAMBAKAN KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 156–165. https://doi.org/10.21009/JPD.091.14
Wonorahardjo, S. (2020). Dasar Sains - Sadar Sains: Membangun Masyarakat Sadar Sains (R. Ari, E. Risanto, & R. Indra, Ed.; 1 ed.). CV. ANDI OFFSET.
Zamzami, N. D., Nurhayati, N., Sofiyulloh, M. W., & Salimi, M. (2017). Ragam Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Inovasi Pendidikan, 346–351.
Zuhdan, K., & Prasetyo, M. E. (2013). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 1–9. http://fisika.fkip.uns.ac.id
Zulkifli. (2022, Agustus 2). Implementasi Kurikulum Merdeka, Muatan Kearifan Lokal Bisa Dimasukkan Melalui Tiga Opsi. Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 470/sipers/A6/VIII/2022. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/08/implementasi-kurikulum-merdeka-muatan-kearifan-lokal-bisa-dimasukkan-melalui-tiga-opsi
DOI: https://doi.org/10.37905/jjec.v6i1.23506
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
![]() |
Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo |
![]() |
E-mail: jjec@ung.ac.id |
![]() |
|
![]() |
Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |