Keefektifan Program Pembelajaran Kimia Dasar : Evaluasi Model CIPP Pada Jurusan MIPA STKIP Gotong Royong Masohi
Abstract
Penelitian ini membahas untuk mempelajari penerapan model evaluasi CIPP dan perbedaan hasil belajar siswa pada mata kuliah Kimia Dasar sebelum dan sesudah perbaikan program pembelajaran. Subjek penelitian terdiri dari 2 dosen pengampu mata kuliah dan 73 mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA-STKIP Gotong Royong Masohi. Pengumpulan data pada setiap proses evaluasi model pembelajaran CIPP menggunakan instrumen panduan wawancara; panduan observasi; lembar penilaian proses; dan studi dokumen. Data hasil penelitian dideskripsikan dalam bentuk naratif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dari proses pembelajaran Kimia Dasar di STKIP Gotong Royong Masohi, disetujui telah cukup efektif, dengan beberapa perbaikan sebagai bentuk umpan balik dari hasil penelitian produk Efektifitas program pembelajaran setelah perbaikan dapat dilihat dari peningkatan jumlah nilai akhir (predikat A, B, dan C) mahasiswa. Berdasarkan nilai KKM> 60, maka dapat disimpulkan bahwa belajar untuk kelas Biologi sebanyak 40 siswa atau 95,23%, sedangkan untuk kelas Matematika sebanyak 29 siswa atau sebesar 93,55%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi Program Model pada Proses Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah, 1(2), 75-82.
Muyana, S. (2017). Context Input Process Product (CIPP) : Model Evaluasi Layanan Informasi. In Seminar Bimbingan dan Konseling, 1(1), 342-347.
Ruslan. (2009). Validitas Isi; Buletin Pa’biritta No.10 Tahun IV September 2009.
Stufflebeam, D. L. (2003). The CIPP Model For Evaluation. Retrieved February 26 2018, from https://www.scribd.com/document/58435354/The-Cipp-Model-for-Evaluation-by-Daniel-l-Stufflebeamj.
Stufflebeam, D. L. (2007). CIPP Evaluation Model Checklist (2nd Ed.). Retrieved February 26 2018, from http://www.wmich.edu/evalctr/archive_checklists/cippchecklist.
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v1i2.2534
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo |
|
E-mail: jjec@ung.ac.id |
|
Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |