Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Pada Materi Larutan Penyangga di Kelas XI SMA Negeri 1 Telaga

Ni Wayan Desni, Mangara Sihaloho, Masrid Pikoli

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning pada materi Larutan Penyangga di Kelas XI SMA Negeri 1 Telaga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Telaga dan diambil 2 kelas sebagai sampel. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental dengan desain Pretest-Postest Nonequivalent Control Grup. Instrumen penelitian
berupa tes berpikir kritis dalam bentuk esay yang sudah di uji validitas dan reliabilitas. Tes yang digunakan berstatus valid dengan reliabilitas r = 0,72 (kategori tinggi). Analisis data menggunakan uji F untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai Fhitung = 6,68 > Ftabel = 3,99 sehingga H0 berada pada daerah penolakan atau terima H1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords


Discovery Learning; Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Agustya, D. (2018). Efektivitas Model "ŽPembelajaran Discovery Learning "ŽBerbasis Ethnomathematics ditinjau dari "Žkemampuan berfikir kritis siswa. "ŽLampung: Universitas Lampung."Ž

Darmawan. (2018). Meningkatkan Kemampuan "ŽBerpikir Kritis Siswa Melalui Model "ŽPembelajaran Problem Based Learning "ŽPada Materi Larutan Penyangga dikelas "ŽXI SMA Negeri 1 Telaga. Universitas "ŽNegeri Gorontalo."Ž

Irham, M., & Wiyani, N. A. (2013). Psikologi "ŽPendidikan: Teori dan aplikasi dalam "Žproses pembelajaran. Yogyakarta: Ar-"ŽRuzz Media."Ž

Johnson, E. B. (2007). Contextual teaching and "Žlearning: Menjadikan kegiatan belajar "Žmengajar mengasyikkan dan bermakna. "ŽBandung: Mizan Learning Center."Ž

Kurniati, I. W., Pujiastuti, E., & Kurniasih, A. "ŽW. (2017). Model Pembelajaran "ŽDiscovery Learning Berbantuan Smart "ŽSticker untuk Meningkatkan Disposisi "ŽMatematik dan Kemampuan Berpikir "ŽKritis. Kreano, Jurnal Matematika "ŽKreatif-Inovatif, 8(2), 109-118."Ž

Nikmah, A., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. "Ž"Ž(2018). Efektivitas Discovery Learning "Žuntuk Meningkatkan Kemampuan "ŽBerpikir Kritis dan Penguasaan Konsep "ŽAsam Basa Arrhenius. Jurnal Pendidikan "ŽDan Pembelajaran Kimia, 7(2)."Ž

Oktaviana, I. A., Saputro, A. N. C., & Utami, B. "Ž"Ž(2016). Upaya Peningkatkan Kemampuan "ŽBerpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa "ŽMelalui Penerapan Model Pembelajaran "ŽProblem Based Learning (Pbl) Dilengkapi "ŽModul Pada Materi Kelarutan Dan Hasil "ŽKali Kelarutan Kelas XI SMA Negeri 1 "ŽGondang. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), "Ž"Ž143-152."Ž

Redhana, I. W. (2015). Liliasari. 2008. Program "ŽPembelajaran Keterampilan Berpikir Kritis "Žpada Topik Laju Reaksi untuk Siswa "ŽSMA. Jurnal Forum Kependidikan, 27(2), "Ž"Ž103-112."Ž

Sugiono, M. P. K., & Kuantitatif, P. (2007). "Žkualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta."Ž

Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA teori dan "Žpraktik. Sumedang: Rizal Nur."Ž

Sujatmika, S., Hasanah, D., & Hakim, L. L. "Ž"Ž(2018). Effect of quantum learning model "Žin improving creativity and memory. "ŽJournal of Physics: Conference Series, "Ž"Ž1006(1), 12036."Ž

Surya, M. (2014). Strategi Kognitif. Bandung: "ŽAlfabeta."Ž

Susilo, A. B. (2012). Pengembangan model "Žpembelajaran IPA berbasis masalah untuk "Žmeningkatkan motivasi belajar dan "Žberpikir kritis siswa SMP. Journal of "ŽPrimary Education, 1(1)."Ž

Widjajanti, D. B. (2011). Problem based "Žlearning dan contoh implementasinya. "ŽMakalah Universitas Negeri Yogyakarta."Ž

Zarita, S. S., Halim, A., & Syukri, M. (2015). "ŽDampak Pembelajaran Problem Based "ŽLearning (Pbl) Dengan Pendekatan "ŽSaintifik Terhadap Berpikir Kritisdan "ŽSikap Siswa Pada Pembelajaran Fisika. "ŽJurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), "Ž"Ž96-104."Ž




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v1i2.2666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS