The Effect of STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Learning Model on Critical Thinking Ability of Students on Colloid Material
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alisia, G. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran STEM Terhadap Self Efficacy dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Fisika di SMAN 1 Padang Cermin.
Andayani, Y. (2020). Hubungan Keaktifan Bertanya dengan Kecenderungan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA di SMA/MA Se-Kecamatan Narmada Tahun Ajaran 2019/2020. Universitas Mataram.
Angga, Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1), 1046-1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2084
Apriyani, L., Nurlaelah, I., & Setiawati Ina. (2017). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa Pada Materi Biologi. Quagga, 9 (1), 41-54.
Ariyatun, A., & Octavianelis, D. F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JEC: Journal of Educational Chemistry, 2(1), 33. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.1.5434
Atika, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII di MTs Muhammadiyah Penyasawan Pada Materi Pemanasan Global. Skripsi.
Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(1), 11-22.
Erawati, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 1 Nanggulan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Harianto, A., Suryati, & Khery, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Penumbuhan Literasi Sains Siswa Pada Materi Reaksi Redoks dan Elektrokimia. In Desember (Vol. 5, Issue 2). http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/hydrogen/index
Koernelia. (2017). Pengaruh Pembelajaran STEM-PJBL terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Madiun, Indonesia: IKIP PGRI.
Kristaliningtyas, B., Utomo, S. B., & Yamtinah, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan dan Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 2 Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 7 (2), 236-243. https://jurnal.uns.ac.id/jpkim
Nailuh, Abdurahman, & Wahyudi. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Gelombang Bunyi. JRKPF UAD , 5(2), 56-62.
Nuraeni, S. (2019). Hubungan Self-Efficacy Dengan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia.
Ode, N. M. Y., Bialangi, N., & Ischak, N. I. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Nama Senyawa Kimia di SMA Negeri 1 Telaga Biru T.A 2015/2016.
Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains.
Rizal Masdul, M. (2018). Komunikasi Pembelajaran. IQRA"¯: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 13, 1-9.
Rumape, O., Pomuato, S. M., Mohamad, E., Ischak, N. I., Salimi, Y. K., Munandar, H., & Najmah. (2023). Identifikasi Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Koloid. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 36-44. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.13215
Sari, E. O., Ningsih, J. R., & Musdansi, D. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantu Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa (Pada Materi Senyawa Hidrokarbon di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Benai).
Tangio, J. S., Said, A., & Paputungan, M. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Antara Siswa yang Diajar dengan Media Teka-Teki Silang (TTS) dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada Materi Sistem Koloid. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(2), 33–39.
Tureni, D., Febriawan, A., Fardha, R., & Buntu, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran STEM di Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 5 Palu. In Jurnal Kreatif Online (JKO) (Vol. 9, Issue 3). http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jko
Warahmah, M., Rahmawati, & Siahaan, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Chemistry Education Practice, 4(1), 73. https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2200
Yasifa, A., Hasibuan, N. H., Siregar, P. A., Zakiyah, S., & Anas, N. (2023). Implementasi Pembelajaran STEM pada Materi Ekosistem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 05(04), 11385-11396. http://jonedu.org/index.php/joe
Saeng, Y. C., Lukum, A., & Botutihe, D. N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis SMA Terpadu Wira Bhakti pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks). Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(1). https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.13215
DOI: https://doi.org/10.37905/jjec.v7i1.28516
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
![]() |
Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo |
![]() |
E-mail: jjec@ung.ac.id |
![]() |
|
![]() |
Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |