Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer ‎Instruction Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan ‎Berpikir Kritis SMA Terpadu Wira Bhakti pada Materi Reaksi ‎Reduksi Oksidasi (Redoks)‎

Cicilia Yulianti Saeng, Astin Lukum, Deasy N Botutihe

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer ‎instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA ‎Terpadu Wira Bhakti pada materi reaksi reduksi oksidasi (redoks). Penelitian ini merupakan ‎penelitian kuantitatif dengan desain penelitian true experimental design dengan rancangan ‎posttest-only control design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA ‎Terpadu Wira Bhakti masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Model pembelajaran yang ‎digunakan pada kelas eksperimen adalah pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer ‎instruction sedangkan pada kelas kontrol adalah pembelajaran konvensional. Instrument ‎penelitian menggunakan tes objektif 20 nomor soal untuk mengukur penguasaan konsep siswa ‎sedangkan tes esay 6 nomor untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis ‎data pada pengujian hipotesis menggunakan uji-t. dengan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan ‎hasil perhitungan untuk penguasaan konsep siswa thitung = 2,11 > ttabel = 1,68, sedangkan untuk ‎perhitungan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai thitung = 5 > ttabel = 1,68.‎

Keywords


Inkuiri Terbimbing, Peer Instruction, Penguasaan Konsep, Berpikir Kritis, Redoks‎

Full Text:

PDF

References


Asmawati, E. Y. (2015). Lembar kerja siswa "Ž"Ž(LKS) menggunakan model guided "Žinquiry untuk meningkatkan keterampilan "Žberpikir kritis dan penguasaan konsep "Žsiswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1)."Ž

Desni, N. W., Sihaloho, M., & Pikoli, M. "Ž"Ž(2019). Studi Komparasi Kemampuan "ŽBerpikir Kritis Siswa Menggunakan "ŽModel Pembelajaran Problem Based "ŽLearning dan Discovery Learning Pada "ŽMateri Larutan Penyangga di Kelas XI "ŽSMA Negeri 1 Telaga. Jambura Journal "Žof Educational Chemistry, 1(2), 63-68."Ž

Dewi, C., Utami, L., & Octarya, Z. (2020). "ŽPengaruh Model Pembelajaran Inkuiri "ŽTerbimbing Integrasi Peer Instruction "Žterhadap Kemampuan Berpikir Kritis "ŽSiswa SMA pada Materi Laju Reaksi. "ŽJournal of Natural Science and "ŽIntegration, 3(2), 196. "Žhttps://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9100"Ž

Kurniawati, I. D., Wartono, & Diantoro, M. "Ž"Ž(2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri "Žterbimbing integrasi peer instruction "Žterhadap penguasaan konsep dan "Žkemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal "ŽPendidikan Fisika Indonesia, 10(1)."Ž

Lastyono, J., Slamet, R., & Marheni, M. (2012). "ŽUpaya Meningkatkan Kemampuan "ŽBerpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan "ŽSavi pada Materi "ŽRedoks di Kelas X SMA "ŽNegeri 52 Jakarta. JRPK: Jurnal Riset "ŽPendidikan Kimia, 2(1), 91-98."Ž

Nana, S. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar "ŽMengajar. Bandung: Rosda Karya."Ž

Nuraeni, S., Feronika, T., & Yunita, L. (2019). "ŽImplementasi Self-Efficacy dan "ŽKeterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada "ŽPembelajaran Kimia di Abad 21. Jambura "ŽJournal of Educational Chemistry, 1(2), "Ž"Ž49-56."Ž

Sari, R., & Aisyah, S. (2016). Penerapan Peer "ŽInstruction With Structured Inquiry ( Pisi "Ž"Ž) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar "ŽKimia Siswa. 1(2), 176-188."Ž

Sugiyono. (2011). Metodologi penelitian "Žkuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta."Ž

Yeritia, S., Wahyudi, W., & Rahayu, S. (2017). "ŽPengaruh model pembelajaran inkuiri "Žterbimbing terhadap penguasaan konsep "Ždan kemampuan berpikir kritis fisika "Žpeserta didik kelas X SMAN 1 Kuripan "Žtahun ajaran 2017/2018. Jurnal "ŽPendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), "Ž"Ž181-187."Ž




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v3i1.7087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS