Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer ‎Instruction Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan ‎Berpikir Kritis SMA Terpadu Wira Bhakti pada Materi Reaksi ‎Reduksi Oksidasi (Redoks)‎

Cicilia Yulianti Saeng, Astin Lukum, Deasy N Botutihe

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer ‎instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA ‎Terpadu Wira Bhakti pada materi reaksi reduksi oksidasi (redoks). Penelitian ini merupakan ‎penelitian kuantitatif dengan desain penelitian true experimental design dengan rancangan ‎posttest-only control design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA ‎Terpadu Wira Bhakti masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Model pembelajaran yang ‎digunakan pada kelas eksperimen adalah pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer ‎instruction sedangkan pada kelas kontrol adalah pembelajaran konvensional. Instrument ‎penelitian menggunakan tes objektif 20 nomor soal untuk mengukur penguasaan konsep siswa ‎sedangkan tes esay 6 nomor untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis ‎data pada pengujian hipotesis menggunakan uji-t. dengan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan ‎hasil perhitungan untuk penguasaan konsep siswa thitung = 2,11 > ttabel = 1,68, sedangkan untuk ‎perhitungan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai thitung = 5 > ttabel = 1,68.‎

Keywords


Inkuiri Terbimbing, Peer Instruction, Penguasaan Konsep, Berpikir Kritis, Redoks‎

Full Text:

PDF

References


Asmawati, E. Y. (2015). Lembar kerja siswa ‎‎(LKS) menggunakan model guided ‎inquiry untuk meningkatkan keterampilan ‎berpikir kritis dan penguasaan konsep ‎siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1).‎

Desni, N. W., Sihaloho, M., & Pikoli, M. ‎‎(2019). Studi Komparasi Kemampuan ‎Berpikir Kritis Siswa Menggunakan ‎Model Pembelajaran Problem Based ‎Learning dan Discovery Learning Pada ‎Materi Larutan Penyangga di Kelas XI ‎SMA Negeri 1 Telaga. Jambura Journal ‎of Educational Chemistry, 1(2), 63–68.‎

Dewi, C., Utami, L., & Octarya, Z. (2020). ‎Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri ‎Terbimbing Integrasi Peer Instruction ‎terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ‎Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi. ‎Journal of Natural Science and ‎Integration, 3(2), 196. ‎https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9100‎

Kurniawati, I. D., Wartono, & Diantoro, M. ‎‎(2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri ‎terbimbing integrasi peer instruction ‎terhadap penguasaan konsep dan ‎kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal ‎Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1).‎

Lastyono, J., Slamet, R., & Marheni, M. (2012). ‎Upaya Meningkatkan Kemampuan ‎Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan ‎Savi pada Materi ‎Redoks di Kelas X SMA ‎Negeri 52 Jakarta. JRPK: Jurnal Riset ‎Pendidikan Kimia, 2(1), 91–98.‎

Nana, S. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar ‎Mengajar. Bandung: Rosda Karya.‎

Nuraeni, S., Feronika, T., & Yunita, L. (2019). ‎Implementasi Self-Efficacy dan ‎Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada ‎Pembelajaran Kimia di Abad 21. Jambura ‎Journal of Educational Chemistry, 1(2), ‎‎49–56.‎

Sari, R., & Aisyah, S. (2016). Penerapan Peer ‎Instruction With Structured Inquiry ( Pisi ‎‎) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar ‎Kimia Siswa. 1(2), 176–188.‎

Sugiyono. (2011). Metodologi penelitian ‎kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.‎

Yeritia, S., Wahyudi, W., & Rahayu, S. (2017). ‎Pengaruh model pembelajaran inkuiri ‎terbimbing terhadap penguasaan konsep ‎dan kemampuan berpikir kritis fisika ‎peserta didik kelas X SMAN 1 Kuripan ‎tahun ajaran 2017/2018. Jurnal ‎Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), ‎‎181–187.‎




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v3i1.7087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS