Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kimia ‎Siswa Kelas X SMA Swasta di Samarinda

Siti Nurjanah, Ratna Kusumawardani, Iis Intan Widiyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar ‎kimia siswa kelas X SMA Swasta di Samarinda. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif. ‎Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta di Samarinda. Teknik ‎pengambilan sampel dilakukan dengan cara probability sampling dengan metode cluster ‎random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 212 siswa. Berdasarkan hasil analisis data ‎secara deskriptif diperoleh skor rata-rata disiplin belajar siswa adalah 35,38 tergolong dalam ‎kategori sedang dan prestasi belajar kimia siswa adalah 34,91 tergolong dalam kategori sedang. ‎Dari hasil analisis regresi linier sedehana Y= a + bX, maka diperoleh persamaan regresinya Y= ‎‎38,707 + 0,601X, uji hipotesis uji t diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa ‎terdapat pengaruh positif disiplin belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa. Adapun kontribusi ‎pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar kimia sebesar 12,4%. Berdasarkan hasil ‎penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif atau signifikan disiplin belajar ‎terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Swasta di Samarinda.‎

Keywords


Disiplin Belajar; Prestasi Belajar Kimia

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2014). Metode Penelitian, ‎Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012. ‎Reliabilitas Dan Validitas Edisi, 4.‎

Harun, A. Y., Sumardi, & Sukmanasa, E. ‎‎(2015). Jurnal Program Studi Pendidikan ‎Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas ‎Pakuan. Universitas Pakuan.‎

Riduwan, S. (2011). Pengantar Statistika untuk ‎penelitian pendidikan, sosial, ekonomi, ‎komunikasi dan bisnis. Cetakan Ke-4 ‎Bandung: Alfabeta.‎

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor ‎Yang Mempengaruhinya. PT Rineka ‎Cipta.‎

Sukmanasa, E. (2016). Hubungan antara ‎Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar pada ‎Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. ‎Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan ‎Dasar, 7(1).‎

Sumantri, B. (2010). Pengaruh Disiplin Belajar ‎Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI ‎SMK PGRI 4 Ngawi Tahun Pelajaran ‎‎2009/2010. Media Prestasi, VI(3), 117–‎‎126.‎

Yuliantika, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor ‎Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar ‎Siswa Kelas X, XI, Dan XII Di SMA ‎Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran ‎‎2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi ‎Undiksha, 9(1), 35–44.‎

Zainal, A. (2016). Evaluasi Pembelajaran: ‎Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: ‎PT Remaja Rosdayakarya.‎




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v3i1.8327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS