Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kimia ‎Siswa Kelas X SMA Swasta di Samarinda

Siti Nurjanah, Ratna Kusumawardani, Iis Intan Widiyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar ‎kimia siswa kelas X SMA Swasta di Samarinda. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif. ‎Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta di Samarinda. Teknik ‎pengambilan sampel dilakukan dengan cara probability sampling dengan metode cluster ‎random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 212 siswa. Berdasarkan hasil analisis data ‎secara deskriptif diperoleh skor rata-rata disiplin belajar siswa adalah 35,38 tergolong dalam ‎kategori sedang dan prestasi belajar kimia siswa adalah 34,91 tergolong dalam kategori sedang. ‎Dari hasil analisis regresi linier sedehana Y= a + bX, maka diperoleh persamaan regresinya Y= ‎‎38,707 + 0,601X, uji hipotesis uji t diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa ‎terdapat pengaruh positif disiplin belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa. Adapun kontribusi ‎pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar kimia sebesar 12,4%. Berdasarkan hasil ‎penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif atau signifikan disiplin belajar ‎terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Swasta di Samarinda.‎

Keywords


Disiplin Belajar; Prestasi Belajar Kimia

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2014). Metode Penelitian, "ŽYogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012. "ŽReliabilitas Dan Validitas Edisi, 4."Ž

Harun, A. Y., Sumardi, & Sukmanasa, E. "Ž"Ž(2015). Jurnal Program Studi Pendidikan "ŽGuru Sekolah Dasar FKIP Universitas "ŽPakuan. Universitas Pakuan."Ž

Riduwan, S. (2011). Pengantar Statistika untuk "Žpenelitian pendidikan, sosial, ekonomi, "Žkomunikasi dan bisnis. Cetakan Ke-4 "ŽBandung: Alfabeta."Ž

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor "ŽYang Mempengaruhinya. PT Rineka "ŽCipta."Ž

Sukmanasa, E. (2016). Hubungan antara "ŽDisiplin Belajar dengan Hasil Belajar pada "ŽMata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. "ŽJurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan "ŽDasar, 7(1)."Ž

Sumantri, B. (2010). Pengaruh Disiplin Belajar "ŽTerhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI "ŽSMK PGRI 4 Ngawi Tahun Pelajaran "Ž"Ž2009/2010. Media Prestasi, VI(3), 117-"Ž"Ž126."Ž

Yuliantika, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor "ŽYang Mempengaruhi Disiplin Belajar "ŽSiswa Kelas X, XI, Dan XII Di SMA "ŽBhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran "Ž"Ž2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi "ŽUndiksha, 9(1), 35-44."Ž

Zainal, A. (2016). Evaluasi Pembelajaran: "ŽPrinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: "ŽPT Remaja Rosdayakarya."Ž




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v3i1.8327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS