Pengembangan Media Pembelajaran Tera-Tera untuk ‎Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Larutan ‎Penyangga

Nurpepi Pakuna, Hendri Iyabu, Suleman Duengo

Abstract


Penelitian ini bertujuan menguji validitas media pembelajaran tera-tera untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Adapun tahap tersebut yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluasi. Namun, dalam penelitian ini hanya sampai tahap development. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi penilaian kelayakan media pembelajaran tera-tera. Kelayakan media tera-tera dinilai oleh 4 orang validator ahli yaitu 3 orang dosen kimia UNG dan 1 orang guru SMA. Hasil validasi pengembangan media pembelajaran tera-tera diperoleh persentase rata-rata 90,00% dengan kriteria sangat valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa media pembelajaran tera-tera yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran materi larutan penyangga.

Keywords


Media Pembelajaran; Tera-tera; Minat Belajar; Larutan Penyangga

Full Text:

PDF

References


Argandi, R., & Martini, K. S. (2013). Pembelajaran Kimia Dengan Metode Inquiry Real dan Virtual Pada Pokok Bahasan Pemisahan Campuran. Pendidikan Kimia, 2(2), 44–49.

Asra, S. (2016). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Ervianna, R., Sari, K., Hadi, D. S., Si, M., Prishardoyo, D. B., & Si, M. (2012). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament. Economic Education Analysis Journal, 1(1).

Heriyanto, A., Haryani, S., & Sedyawati, S. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Education Game Sebagai Media Pembelajaran Kimia. Chemistry in Education, 3(1).

Kusumawardani, A., Utami, B., & Sukardjo, J. (2015). Penerapan Metode Numbered Heads Together (NHT) Dilengkapi Lingkaran Buffer Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA 4 SMAN 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Pendidikan Kimia, 4(4), 207–216.

Novianty., Akhyar, O., & Mashuri, M. T. (2018). Pengaruh Media Dart Board Terhadap Minat Belajar Kimia Siswa Pada Materi Koloid Di Kelas XI SMA Negeri 12 Banjarmasin. Pendidikan Kimia, 1(2).

Ratumanan, T. G., dan Laurens T. (2003). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Unesa University Press.

Rengen, Y. E., Sahputra, R., & Rasmawan, R. (2017). Pengaruh Model TGT Berbantuan Media TTS Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Nama Senyawa. Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1).

Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18–29.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmiyanto, S. (2012). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v3i1.10140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS