Potensi Tumbuhan Lokal Desa Meranti Sebagai Konten dan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Kimia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriani, A., Ahsana, A., Zarwinda, I., & Mustafa, I. (2023). Pembuatan Kertas Indikator Alami dari Ekstrak Buah Jamblang sebagai Penentu Sifat Asam dan Basa Suatu Larutan. Jurnal Sains Dan Kesehatan Darussalam, 3(1). https://doi.org/10.56690/jskd.v3i1.79
Alifian, S. H. (2020). Studi potensi bayam merah (Althernanthena ammoena Voss) sebagai indikator Titrasi asam-basa. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Andarias, S. H. (2019). Potensi Organ Tumbuhan sebagai Indikator Asam Basa. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 4(2). https://doi.org/10.35326/pencerah.v4i2.299
Andriana, E., Vitasari, M., Oktarisa, Y., & Novitasari, D. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2139
Aprilliani, L., Rupa, M. I., Pamenang, F. D. N., & Listyarini, R. V. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Bahan Kearifan Lokal Papua pada Model Bentuk Orbital. In kimia.fmipa.um.ac.id.
Azizah, N., & Premono, S. (2021). Identifikasi Potensi Budaya Lokal Berbasis Etnokimia Di kabupaten Bantul. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 3(1). https://doi.org/10.14421/jtcre.2021.31-06
Hayaton, H. (2020). Penggunaan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa pada materi struktur atom di SMA …. In SKRIPSI Mahasiswa UM.
Irmeilyana, I., Ngudiantoro, N., Affandi, A. K., Setiawan, A., & Windusari, Y. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar dan Media Pembelajaran Matematika, IPA, dan Seni Bagi Pendidikan dan Pengembangan Kreatifitas Anak di Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Vokasi, 4(1), 16. https://doi.org/10.30811/vokasi.v4i1.1578
Irvani, A. I. (2022). Merancang Media Pembelajaran Berdasarkan Bagaimana Siswa Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 5(1), 1–9. https://doi.org/10.52188/jpfs.v5i1.205
Kurniawati, W. (2013). Pengembangan Alat Peraga dan Lembar Kerja Siswa Berorientasi Konstruktivisme dalam Pembelajaran Kimia SMA. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 2(1).
Lubis, F. G., Putri, A. D., Irvan, R. A., & Nurul, Z. J. (2022). Guru Profesional Sebagai Komunikator dan Fasilitator Pembelajaran Bagi Siswa. Cendekiawan : Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 1(1), 34–38. https://doi.org/10.61253/cendekiawan.v1i1.25
Martilia, A., & Priyambodo, E. (2017). Pengembangan Alat Peraga Kimia Berbasis Kearifan Lokal sebagai Media Pembelajaran Kimia Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY .
Mellanie, D. F., Oktaviani, S. N., Assyifa, N. F., Sarni, Sari, U. K., Sari, N. P., & Widagdo, P. P. (2022). Kesuksesan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Pada Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Mulawarman. Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 1(1), 01–07. https://doi.org/10.30872/atasi.v1i1.30
Mulyaningtyas, A., Wahyudi, A. E., & Wardana, I. C. (2020). Edukasi Pembuatan Kertas pH Sebagai Media Pembelajaran Di SMAN 1 Wonosari Klaten. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2). https://doi.org/10.30595/jppm.v4i2.6658
Nissa, N. A., Cut, R., Suci, D., David, S., & Aryungga, E. (2017). Miskonsepsi ipa smp pada topik atom, ion, dan molekul. Seminar Nasional Pendidikan Sains.
Nurhujaimah, R., Kartika, I. R., & Nurjaydi, M. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA pada Materi Larutan Penyangga Menggunakan Instrumen Tes Three Tier Multiple Choice. Jurnal Paedagogia, 19(1), 15–28.
Pikoli, M. (2019). Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Pada Materi Larutan Penyangga di Kelas XI SMA Negeri 1 Telaga. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1(2). https://doi.org/10.34312/jjec.v1i2.2666
Rian Hidayat, R., & Sartika Sari, Y. (2023). Belajar Asyik dengan Memanfaatkan Aplikasi Quiziz sebagai Mefia Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa Wilaya Jakarta Timur. Media Abdimas, 3(2), 122–129. https://doi.org/10.37817/mediaabdimas.v3i2.2848
Ristiyani, E., Kimia, P., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2016). sebuah proses dalam Salirawati , yang Dalam mendorong siswa untuk pembelajaran , pengajar memberikan materi pembelajaran kepada belajar antara lain : memenuhi rasa ingin tahu , maju , mendapatkan simpati orang tua / guru / teman , bila muridnya agar bisa . 2(1), 18–29.
Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. In Bandung: Alfabeta.
Sari, S. A., & Nilmarito, S. (2019). Red spinach (Alternanthera amoena voss) as an environmental friendly acid base indicator. Indonesian Journal of Chemical Science and Technology (IJCST), 2(2), 104–107.
Susanto, M. Y., Mumpuni, A. D., & Fadhilah, I. N. (2019). Pengembangan Pola Pikir Rasional dan Objektif dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Scientific. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1). https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9302
Syamsuri, M. M. F., Fadiawati, N., Riyanda, A. R., & Sagala, M. K. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Perangkat Lunak Kimia Berbasis Gawai sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 267. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i3.7616
DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v5i2.12759
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo | |
E-mail: jjec@ung.ac.id | |
Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |