Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit Berbasis Representasi Makroskopik, Submikroskopik dan Simbolik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmar, D. S. (2016). Hubungan antara regulasi diri dengan kemampuan berpikir kreatif dalam kimia peserta didik kelas XI IPA Se-Kabupaten Takalar. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1).
Alfitrah, R., Hartatiana, H., & Pratiwi, R. Y. (2021). Adobe Flash Proffesional Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Kimia Larutan. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 67-80. https://doi.org/10.19109/ojpk.v5i1.8373
Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Bait, D. J., Duengo, S., & Kilo, A. La. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Simayang Tipe II Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Kimia Siswa Kelas X Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Jurnal Entropi: Inovasi Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran Sains, 13(2), 157-163.
Damayanti, I. (2014). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1-12.
Hikmayanti, M., & Utami, L. (2019). Analisis Kemampuan Multiple Representasi Siswa Kelas XI MAN 1 Pekanbaru Pada Materi Titrasi Asam Basa. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(1), 52-57. https://doi.org/10.21009/jrpk.091.07
Indrayani, P. (2013). Analisis Pemahaman Makroskopik, Mikroskopik, dan Simbolik Titrasi Asam-Basa Siswa Kelas XI IPA SMA serta Upaya Perbaikannya dengan Pendekatan Mikroskopik. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 109-120.
Isnaini, M., & Ningrum, W. P. (2018). Hubungan Keterampilan Representasi Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Oragnik. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 12-25.
Mellyzar, Zahara, S. R., & Alvina, S. (2014). Literasi Sains Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA. Literasi Sains Siswa SMP, 5(2), 119-124.
Murtihapsari, Achmad, F., Larasati, C. N., & Yogaswara, R. (2022). Ulasan Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar Kimia Pada Peserta Didik. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(2), 64-69.
Nurhayati, S., & Natasukma, M. M. (2019). Profil Miskonsepsi Peserta Didik Pada Pembelajaran Multirepresentasi Materi Asam Basa Melalui Model Blended Learning. Chemistry in Education, 8(2), 17-23.
Rahman, L. (2021). Pengembangan E-Modul Inovatif Berbasis KKNI Untuk Pembelajaran Kimia Non Logam Pada Materi Karbon Dan Silikon [Universitas Negeri Medan]. https://hsgm.saglik.gov.tr/depo/birimler/saglikli-beslenme-hareketli-hayat-db/Yayinlar/kitaplar/diger-kitaplar/TBSA-Beslenme-Yayini.pdf
Safitri, N. C., Nursaadah, E., & Wijayanti, I. E. (2019). Analisis Multipel Representasi Kimia Siswa pada Konsep Laju Reaksi. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 4(1), 1. https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.5023
Sari, K. V., & Ulianas, A. (2021). Studi Literatur Penggunaan Bahan Ajar Berorientasi Chemistry Triangle Pada Materi Kimia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Ranah Research, 3(2), 13-19.
Sari, R. P., & Seprianto, S. (2018). Analisis Kemampuan Multipel Representasi Mahasiswa FKIP Kimia Universitas Samudra Semester II pada Materi Asam Basa dan Titrasi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 55-62. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10745
Sukmawati, T. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Pada Ma-teri Kesetimbangan Kimia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) siswa kelas XI-IA 5 SMA Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Vokasi (JP2V), 1(3), 307-315.
Sukmawati, W. (2019). Analisis Level Makroskopis , Mikroskopis dan Simbolik Mahasiswa dalam Memahami Elektrokimia Analysis of Macroscopic , Microscopic and Symbolic Levels of Students in Understanding Electrochemistry. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 195-204.
Syamsuryadin, S., & Wahyuniati, C. F. S. (2017). Tingkat Pengetahuan Pelatih Bola Voli Tentang Program Latihan Mental Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 13(1), 53-59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884
Windayani, N., Hasanah, I., & Helsy, I. (2018). Analisis Bahan Ajar Senyawa Karbon Berdasarkan Kriteria Keterhubungan Representasi Kimia. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 3(1), 83-93. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2682
Zulfahmi, Z., Wiji, W., & Mulyani, S. (2021). Development of Intertextual Based Learning Strategy Using Visualization Model To Improve Spatial Ability on Molecular Geometry Concept. Chimica Didactica Acta, 9(1), 8-16. https://doi.org/10.24815/jcd.v9i1.20078
DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.13256
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
![]() |
Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo |
![]() |
E-mail: jjec@ung.ac.id |
![]() |
|
![]() |
Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |