Kebutuhan Modul Produktivitas Ikan Mujair sebagai Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19

K. Anom W, Tatik Yulia, Eka Ad'hiya, Rodi Edi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kebutuhan adanya modul mata kuliah kewirausahaan terintegrasi STEM topik pakan untuk meningkatkan produktivitas ikan mujair. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa semester 7 Pendidikan Kimia Universitas Sriwijaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dimana peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Diperoleh nilai rata-rata uji validitas angket yaitu 0,763 dan uji reliabilitas angket yaitu 0,963 dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 30,8% mahasiswa sangat setuju dan 69,2% mahasiswa setuju adanya modul pembelajaran kimia pada mata kuliah kewirausahaan dengan topik pakan untuk meningkatkan produktivitas ikan mujair yang dibutuhkan di era pandemi covid-19 dan berminat untuk melakukan budidaya ikan mujair.

Keywords


Analisis kebutuhan; modul; STEM; ikan mujair; covid-19

Full Text:

PDF

References


Asrizal. (2015). Pengembangan LKS IPA Terpadu Tipe Terhubung Berbasis ICT Mengintegrasikan Nilai Karakter Untuk Implementasi Standar Proses pada Siswa SMP Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Fisika, 4(1), 171-179.

Asrizal., Amran, A., Ananda, A., Festiyed., & Sumarmin, R. (2018). The Development of Integrated Science Instructional Material to Improve Students Digital Literacy in Scientific Approach. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7, 442-450.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 83-97.

Deviana, T. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tulungagung Untuk Kelas V SD Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 6(1), 47-56.

Dirham, & Trianto, M. (2020). Analisis Isi Lambung Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus) di Perairan Danau Talaga Kabupaten Donggala. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(8), 118-128.

Gunadi, B., A. Robisalmi & P. Setyawan. (2016). Performa pertumbuhan dan estimasi nilai heterosis juvenil ikan nila (Orochromis niloticus), ikan nila biru (Oreochromis aureus) dan persilangannya yang dipelihara di kolam air tawar. Prosiding Forum Inovasi Tekonologi Akuakultur, 571-577.

Hidayati, N., & Irmawati, F. (2019). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Era Digital 4.0: Multimedia Anatomi Fisiologi Manusia dengan Model STEM Education di Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang. Proceding Biology Education Congerence, 6(1), 110-117.

Khoiriyah, N., Abdurrahman., & Ismu, W. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika UAD, 5(2), 53-62.

Mustapa, M., & Rahmah, U. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Sistem Rekayasa TV Berbasis E-Modul di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronik Universitas Negeri Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 6(2), 81-90.

Mustofa, I. M., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi Terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id). Walisongo Journal of Information Thechnology, 1(2), 151-160.

Nakkina, M. 2016. Study of growth rate in nile tilapia (Oreochromis niloticus). Journal of Aquaculture Research & Development, 7(8), 8-11. https://doi.org/10.4172/2155-9546.1000440.

Nessa, W., Yusuf, H., & Cecil, H. (2017). Pengembangan Buku Siswa Materi Jarak pada Ruang Dimensi Tiga Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Problem-Based-Learning Di Kelas. Jurnal Elemen, 3(1), 1-14.

Ordoñez, J.F.F., M.F.H. Ventolero & M.D. Santos. 2017. Maternal mismatches in farmed tilapia strains (Oreochromis spp.) in the Philippines as revealed by mitochondrial COI gene. Mitochondrial DNA Part A: DNA Mapping, Sequencing, and Analysis, 28(4), 526-535. https://doi.org/10.3109/24701394.2016.1149824.

Pratiwi, Y., & Ramli. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Siswa Berbasis Pendekatan STEM pada Pembelajaran Fisika dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 89-96.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Saleky, D., Sianturi, R., Dailami, M., & Kusuma, A.B. (2021). Kajian Molekuler Ikan Oreochromis spp. dari Perairan Daratan Merauke-Papua, Berdasarkan DNA Mitokondria Fragmen Gen Sitokrom Oksidase Subunit I. Jurnal Perikanan, 23(1), 37-43.

Samoling, I.E., Ismanto, B., & Rina, L. (2021). Evaluasi Program Pembelajaran Ekonomi Secara Daring pada Masa Pandemi Covid Di Sman 2 Salatiga. Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication, 1(3), 125-131.

Sari, R. T., & Jusar, I. R. (2017). Analisis Kebutuhan Modul Pembelajaran IPA Berorientasi Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Quantum Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 26-32.

Septiani, A. (2016). Penerapan Asesmen Kinerja dalam Pendekatan STEM (Sains, Teknologi, Engineering, Matematika) Untuk Mengungkap Keterampilan Proses Sains. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek Isu-Isu Kontemporer Sains, Lingkungan, dan Inovasi Pembelajarannya, 654-659.

Yuhanna, W. L. (2021). Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Zoologi Vertebrata di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(1), 129-137.

Yulmiati. (2014). Analisis Kebutuhan Terhadap Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik. Jurnal Pelangi, 7(1), 31-37.

Yustysi, D.P., F. Basuki, T. Susilowati & T. Yuniarti. 2016. Analisis karakter reproduksi dan performa benih hibrid ikan nila pandu f6 dengan ikan nila nilasa (Oreochromis niloticus). Indonesian Journal of Fisheries Science and Technology, 12(1), 19-23.

Zuriyatina, R., Anom K.W., Sari, D.K., (2020). Validitas dan Efektifitas Modul Pembelajaran Kimia Terintegrasi STEM-PBL Topik Pakan Jeroan Ikan Untuk Ikan Lele dan Topik Lain Pada Mata Kuliah Kewirausahaan. Journal Jambura of Educational Chemistry, 2(2), 48-55.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.13487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS