Pengaruh Pembelajaran Model Online Driver Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi

Sri Revayana Kupang, Nurhayati Bialangi, Nita Suleman, Akram La Kilo, Jafar La Kilo, Ahmad Kadir Kilo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model online driver terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bintauna. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode pra-eksperimen dengan design one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA 2 di SMA Negeri 1 Bintauna pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini, diberikan perlakuan pembelajaran kimia melalui pembelajar model online driver , kemudian diberikan pretest dan posttest pada kelas tersebut yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa dengan diberikan tes objektif sebanyak 15 butir soal pada materi laju reaksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model online driver pada siswa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pada pretest sebelum perlakuan 29,80 dan pada posttest setelah diberikan perlakuan mencapai 68,16. Dengan perhitungan uji N-Gain 0,542. Penelitian ini guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran model online driver dalam pembelajaran sebagai variasi metode mengajar.

Keywords


Model Online Driver; Hasil belajar; Laju reaksi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prpsedur penelitian suatu pendekatan praktek. Rineka Cipta.

Fenditasari, K. dan H. R. Achmadi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 18 Surabaya pada Materi Fluida Dinamik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 5(2): 34-39

Manggabarani, A. F., Sugiarti, & Masri, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab.Wajo (Studi Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur). Jurnal Chemica, 17(2), 83–93.

Nurroeni, Chusnul. (2013). Keefektifan Penggunaan Model Mind Apping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Journal of Elementary Education, 2(1): 54- 60.

Purwanto. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.

Rusman. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Rajawali Pers.

Sa’adah, N., & Supartono. (2013). Penggunaan Pendekatan Chemoentrepreneurship Pada Materi Larutan Penyangga Untuk Meningkatkan Life Skill Siswa. Chemistry in Education, 2(2).

Subawa, K., Kilo, A. La, & Laliyo, L. A. R. (2018). Penerapan Model Learning Cycle pada Materi Laju Reaksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Entropi, 13, 51–58.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R &D. Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.14859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS