Pengaruh Strategi Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Kemampuan Proses Sains dan Literasi Kimia

Mellyzar Mellyzar, Isna Rezkia Lukman, Busyraturrahmi Busyraturrahmi

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperiment desain dan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 3 Putra Bangsa dan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan kelas X IPA 2 sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menilai kemampuan literasi kimia menggunakan soal tes yang sudah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda, sedangkan untuk menilai keterampilan proses sains digunakan lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan bantuan program komputer SPSS. Hasil pengujian menggunakan independent sample t test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi POGIL terhadap literasi kimia dan kemampuan proses sains siswa pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 3 Putra Bangsa Lhoksukon. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh posistif strategi POGIL terhadap literasi kimia dan kemampuan proses sains siswa.

Keywords


POGIL, Kemampuan Proses Sains, Literasi Kimia

Full Text:

PDF

References


Aiman, U., & Hasyda, S. (2020). The Influence of Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Model Assisted by Realia Media to Improve Scientific Literacy and Critical Thinking Skill of Primary School Students. European Journal of Educational Research, 9(4), 1635–1647. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.4.1635

Avianti, R. (2015). Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Materi Asam Basa Kelas XI SMAN 8 Surabaya. UNESA Journal of Chemical Education, 4(2). https://doi.org/10.26740/ujced.v4n2.p%25p

Bahriah, E. S., Suryaningsih, S., & Yuniati, D. (2017). Pembelajaran berbasis proyek pada konsep koloid untuk pengembangan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Tadris Kimiya, 2(2), 145–152.

Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245–252.

Fitriana, F., Kurniawati, Y., & Utami, L. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(2), 226–236.

Imansari, M., Sudarmin, & Sumarni, W. (2018). Analisis Literasi Kimia Peserta Didik Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2201–2211.

Kholil, A. (2021). Kolaborasi Peran serta Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1). https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.191

Lepiyanto, A. (2017). Analisis keterampilan proses sains pada pembelajaran berbasis praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156–161. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795

Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran guru, orang tua, metode dan media pembelajaran: strategi kbm di masa pandemi covid-19. 3M Media Karya.

Marjan, J., Arnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. A. N. (2014). Pengaruh pembelajaran pendekatan saintifik terhadap hasil belajar biologi dan keterampilan proses sains siswa MA. Mu allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Mellyzar, M. (2021). Persepsi Guru Dan Siswa Terhadap Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Reaksi Redoks Dan Tatanama Senyawa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 81–89.

Muliaman, A., & Mellyzar, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Project Based Learning Pada Materi Laju Reaksi. Chemistry in Education, 9(2), 91–95.

Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). Upaya peningkatan literasi sains siswa melalui pembelajaran berbasis keunggulan lokal. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 24–35. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2876

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan persepsi calon guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1), 172–179. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1568

Perkasa, M., & Aznam, N. (2016). Pengembangan SSP kimia berbasis pendidikan berkelanjutan untuk meningkatkan literasi kimia dan kesadaran terhadap lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 46. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10269

Putri, V. W., & Gazali, F. (2021). Studi Literatur Model Pembelajaran POGIL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Kimia. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.31933/rrj.v3i2.363

Rahmasiwi, A., Susilo, H., & Suwono, H. (2018). Pengaruh pembelajaran diskusi kelas menggunakan isu sosiosains terhadap literasi sains mahasiswa baru pada kemampuan akademik berbeda. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(8), 980–989. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i8.11373

Saeng, C. Y., Lukum, A., & N. Botutihe, D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer‎ Instruction Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan‎ Berpikir Kritis SMA Terpadu Wira Bhakti pada Materi Reaksi‎ Reduksi Oksidasi (Redoks). ‎Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.34312/jjec.v3i1.7087

Sakdiah, H., & Jamilah, M. (2022). Digital Literacy Students Facing to Independent Learning Independent Campus Curriculum. Community Medicine and Education Journal, 3(1), 217–222. https://doi.org/10.37275/cmej.v3i1.180

Setyaningsih, A., Rahayu, S., Fajaroh, F., & Parmin, P. ". (2019). Pengaruh Process Oriented-Guided Inquiry Learning berkonteks isu sosiosaintifik terhadap keterampilan berargumentasi siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 168–179.

Sugiyono. (2014). Methods of quantitative, qualitative and R & D research. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Methods of quantitative, qualitative and R & D research. Alfabeta.

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.15338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS