Analisis Penguasaan Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kimia pada Materi Konsep Mol

Abdul Wahab Pahrun, Mangara Sihaloho, Suti Anggriani Latief, Masrid Pikoli, Lukman Abdul Rauf Laliyo, Ishak Isa, Thayban Thayban, Ahmat Sudir Umar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan konsep siswa kelas XI IPA dalam menyelesaikan soal kimia pada materi konsep mol di MAN 1 Kota Gorontalo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pilihan ganda sebanyak 10 butir soal. Instrumen telah dilakukan uji validitas dengan hasil validasi instrumen yang diperoleh sebesar 93,3%. Responden penelitian ada 131 siswa kelas XI IPA di MAN 1 Kota Gorontalo. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, pemberian tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa pada indikator menjelaskan konsep mol memperoleh nilai persentase sebesar 47% dengan kategori kurang, pada indikator menghitung massa atom relatif (Ar) dan massa molekul relatif (Mr) memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 87% dengan kategori Baik, pada indikator Mengkonversi jumlah mol dengan jumlah partikel, massa dan volume zat memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 79% dengan kategori baik, dan untuk indikator memprediksi rumus empiris molekul dan air kristal serta kadar zat dalam senyawa memperoleh persentase sebesar 44% dengan kategori kurang.

Keywords


Penguasaan konsep; Konsep mol

Full Text:

PDF

References


Ardiani, N. F. W., Guna, N. A., & Novitasari, R. (2013). Pembelajaran Tematik dan Bermakna dalam Perspektif Revisi Taksonomi Bloom. Satya Widya, 29(2), 93–107. https://doi.org/10.24246/J.SW.2013.V29.I2.P93-107

Astuti, D., & Fauziah, M. (2021). Penguasaan Konsep Siswa dalam Pendekatan Interactive Conceptual Instruction (ICI) dengan Video Pembelajaran. IBTIDA- Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1(2), 1–17. https://doi.org/10.33507/IBTIDA.V1I2.329

Bahauddin, A. F., Sudjimat, D. A., & Romlie, M. (2022). Eksplorasi Penguasaan Konsep Fisika dan Scientific Literacy Siswa dalam Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin Elemen Pokok Pengetahuan Bahan dan Dasar Sistem Mekanik. Jurnal Teknik Mesin Dan Pembelajaran, 5(2), 113–123. https://doi.org/10.17977/UM054V5I2P113-123

Bayrak, B. karadeniz. (2013). Using Two Tier Test To Identifity Primary Student’s Conceptual Understanding and Alternative Conception in Asid Base. Mevlana International Journal of Education, 3.

Emda, A. (2019). Motivasi mahasiswa dalam pembelajaran kimia. Jurnal Lantanida, 7(1).

Ernawati, M. (2016). Tesis penguasaan konsep dan kecerdasan majemuk. In J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia).

Fernanda, A., Haryani, S., & Prasetya, A. T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Pada Materi Larutan Penyangga Dengan Model Pembelajaran Predict Observe Explain. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2326–2336.

Grove, N. P., & Bretz, S. L. (2012). A continuum of learning: from rote memorization to meaningful learning in organic chemistry. Chemistry Education Research and Practice, 13(3), 201–208. https://doi.org/10.1039/C1RP90069B

Huda, S. W. (2014). Penguasaan Konsep Siswa. In Skripsi.

Jamal, F. (2014). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi peluang kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), hal 7.

Novianti, R., Isa, I., & Salimi, Y. K. (2016). Identifikasi Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Konsep Mol di Kelas X SMA Negeri 1 Wonosari. 11, 106–110.

Nursa’adah, E., Kurniawati, D., & Yunita, Y. (2016). Analisis Kemampuan Kognitif Mahasiswa pada Konsep Asam-Basa Menggunakan Tes Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 1(1), 25–35. https://doi.org/10.30870/EDUCHEMIA.V1I1.437

Oktavia, H., Sadiana, I. M., & Asi, N. berkat. (2019). Profil penguasaan konsep sistem periodik unsur pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Palangkaraya tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 10(5), 55.

Putri, A. C. (2017). Pengaplikasian Prinsip-Prinsip Green Chemistry dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kimia sebagai Pendekatan untuk Pencegahan Pencemaran Akibat Bahan-Bahan Kimia dalam Kegiatan Praktikum di Laboratorium. Journal of Creativity Student, 2(2), 67–73. https://doi.org/10.15294/JCS.V2I2.14585

Rachman, K. A., B.P, S. H., & Djoko L, A. (2018). Analisis penguasaan konsep teori kinetik gas menggunakan taksonomi solo pada siswa SMAN 1 Jember. In Seminar Nasional Pendidikan Fisika.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian peendidikan. Alfabeta.

Tafonao, N. B., Pohan, L. A., & Lubis, H. (2021). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Metode Jigsaw Menggunakan Modul Saintifik pada Materi Hukum Hukum Dasar Kimia di Kelas X Sma. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 5(2), 65–73. https://doi.org/10.30743/CHEDS.V5I2.4804

Tivany, F., Abdurachman, F., & Hartono. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kepala Bernomor Terstruktur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 42–45. https://doi.org/10.18269/JPMIPA.V21I1.36254

Wijaya, L. T. T., Jamaluddin, J., & Hadiprayitno, G. (2020). Penguasaan Konsep Sains Peserta Didik SMP Berdasarkan Dimensi Proses Kognitif dan Dimensi Pengetahuan. Jurnal Pijar Mipa, 15(4), 357–361. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i4.1912

Winarni, S., & Syahrial, S. (2022). The Mnemonic Correction Becomes Meaningful Through Focus Group Discussion in Chemistry Learning. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 7(2), 215–226. https://doi.org/10.15575/JTK.V7I2.19139




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.16672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS