Peningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Kontrak Produktif Melalui Implementasi PIGP di SMKN2 Wonosari

Suharto Pakaya

Abstract


Salah satu kompetensi yang turut menentukan keberhasilan guru adalah kompetensi Pedagogik. Peranan kepala sekolah sebagai manajer dalam mengelola sekolah merupakan kunci keberhasilan sekolah termasuk meningkatkan kinerja guru. Karena itu, penelitian ini difokuskan pada kompetensi manajerial kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran, mencari solusi, dalam meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah membina Kompetensi Pedagogik guru kontrak produktif melalui implementasi Program Induksi Guru Pemula (PIGP) dengan teknik individual. Subjek Penelitian adalah kepala sekolah. Metode Penelitian berbentuk PTS melalui tahapan (Siklus). Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Validasi menggunakan teknik triangulasi. Analisis dilakukan secara induktif, yaitu temuan lapangan atau fakta empiris, mempelajari, menganalisis, menafsirkan dan menarik kesimpulan dari fenomena lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal kepala sekolah belum melaksanakan pembimbingan terhadap guru kontrak produktif sehingga persentasi capaian 0% (kurang). Pada Siklus I telah mencapai 72,68% (Cukup), dan siklus II meningkat menjadi 94,33% (Amat Baik).


Keywords


Supervisi manajerial, kompotensi pedagogik, guru kontrak produktif, PIGP.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

MenegPAN dan RB (2009). PermenegPAN dan RB nomor 16 tahun 2009 tentang jabatan funsional guru dan angka kreditnya. Jakarta.

Sudjana, Nana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sahertian, Piet A, (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta.

Siahaan, Amiruddin, Asli Rambe & Mahidin. (2006). Manajemen Pengawas Pendidikan. Jakarta: Quatum Teaching Ciputat Press Group.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v1i2.2340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS