Survei Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Socio Scientific Issues pada Materi Asam Basa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriliya, N., Afrianis, N., & Nurhadi, N. (2022). Pengaruh Penerapan Pendekatan Socio Scientific IssuesTerhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Minyak Bumi. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 12(1), 10–19. https://doi.org/10.21009/JRPK.121.02
Anggorowati, S. (2020). ANALISIS MINAT BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XII SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30952
Asriana, A., Auliah, A., & Hardin, H. (2023). Pengembangan Alat Evaluasi HOTS Berbasis BOT Telegram pada Materi Larutan Penyangga. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(2), 102-111. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i2.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Fajrin, S., Haetami, A., & Marhadi, Muh. A. (2020). IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK LARUTAN ASAM DAN BASA DI KELAS XI IPA2 SMA NEGERI 1 WOLOWA KABUPATEN BUTON. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 5(1), 27. https://doi.org/10.36709/jpkim.v5i1.13106
Findy, V. U. *, Sulistyo, S., & Elfi, S. V. (2020). ANALISIS JENIS DAN TINGKAT KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMA N 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DALAM MEMAHAMI MATERI ASAM BASA MENGGUNAKAN TWO TIER MULTIPLE CHOICE. Jurnal Pendidikan Kimia, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Sebelas Maret, 9(1), 54–60.
Izzatunnisa, I., Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Penemuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Kimia SMA. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 49–54. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1240
Kemendikbudristek. (2022, February 11). Kurikulum merdeka . Retrieved from Kurikulum.Kemdikbud.Go.Id: From Https://Kurikulum.Kemdikbud.Go.Id/Kurikulum-Merdeka/.
Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4
Marsinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. In E. N. Masrinah, I. Aripin, & A. A. Gaffar (Eds.), Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019 (pp. 924–932). Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019.
Musa, W. J., Zainudin, F., Isa, I., La Kilo, J., & Kilo, A. K. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Ditinjau dari Aspek Kompetensi Sains Siswa pada Materi Global Warming. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(2), 142-149. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i2.12705X
Nazilah, N., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA. Natural Science Education Research, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.4162
Organisation for Economic Co-operation and Development. (2019). PISA 2018 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI KIMIA KELAS XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32402
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahmawati, W., Ratnasari, J., & Suhendar, S. (2018). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOCIOSCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2.10150
Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Rohmaya, N. (2022). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Socioscientific Issues (SSI). JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 107–117. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.553
Sa’adah, M., Suryaningsih, S., & Muslim, B. (2020). Pemanfaatan multimedia interaktif pada materi hidrokarbon untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 184–194. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.29680
Sadler, T. D., Foulk, J. A., & Friedrichsen, P. J. (2017). Evolution of a Model for Socio-Scientific Issue Teaching and Learning. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 5(1), 75. https://doi.org/10.18404/ijemst.55999
Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 7. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p7-12
Sirmayeni, S. (2023). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik dengan E-LKPD Berbasis Socioscientific Issues (SSI) pada Pembelajaran Kimia. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 174–183.
Zidny, R., & Eilks, I. (2020). Integrating perspectives from indigenous knowledge and Western science in secondary and higher chemistry learning to contribute to sustainability education. Sustainable Chemistry and Pharmacy, 16, 100229. https://doi.org/10.1016/j.scp.2020.100229
Zidny, R., & Eilks, I. (2022). Learning about Pesticide Use Adapted from Ethnoscience as a Contribution to Green and Sustainable Chemistry Education. Education Sciences, 12(4), 227. https://doi.org/10.3390/educsci12040227
DOI: https://doi.org/10.37905/jjec.v6i1.23505
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo |
|
E-mail: jjec@ung.ac.id |
|
Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |