Implementasi Self-Efficacy dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Kimia di Abad 21

Siti Nuraeni, Tonih Feronika, Luki Yunita

Abstract


Abad ke-21 ini ditandai dengan era revolusi industri 4.0 yang menuntut dunia pendidikan berbenah diri untuk dapat meningkatkan kualitas dari berbagai aspek. Salah satunya menciptakan peserta didik yang memiliki keterampilan 4C (Creativity and Innovation, Critival Thinking and Problem Solving, Communication, and Collaboration). Pada penelitian ini kami mengacu pada kemampuan berpikir kritis. Perkembangan keterampilan berpikir kritis ternyata dipengaruhi oleh faktor kepribadian, salah satunya self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self-efficacy dan keterampilan berpikir kritis siswa serta keterkaitan dua variabel tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode korelasional. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, sebanyak 63 siswa dari kelas XI MIPA di SMAN 2 Kab. Tangerang dipilih sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan angket Physic Learning Self-Efficacy yang diadaptasi dari Suprapto dan Chang (2017) dan tes uraian keterampilan berpikir kritis yang diadaptasi dari Ennis (1985). Hasil memunjukkan secara keseluruhan self-efficacy dan keterampilan berpikir kritis siswa berturut-turut sebesar 73,65 dan 65,71 dengan kategori baik


Keywords


self-efficacy; berpikir kritis; kimia

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. (1977). Self-efficacy: toward a "Žunifying theory of behavioral change. "ŽPsychological Review, 84(2), 191."Ž

Bandura, A. (2010). Self"efficacy. The Corsini "ŽEncyclopedia of Psychology, 1-3."Ž

Cheung, D. (2015). The combined effects of "Žclassroom teaching and learning strategy "Žuse on students' chemistry self-efficacy. "ŽResearch in Science Education, 45(1), "Ž"Ž101-116."Ž

De Bono, E. (2007). Revolusi berpikir. "ŽBandung: Mizan Media Utama."Ž

Ennis, R. H. (1985). A logical basis for "Žmeasuring critical thinking skills. "ŽEducational Leadership, 43(2), 44-48."Ž

Ghanizadeh, A., & Mirzaee, S. (2012). EFL "Žlearners' self-regulation, critical thinking "Žand language achievement. International "ŽJournal of Linguistics, 4(3), 451-468."Ž

Gurcay, D., & Ferah, H. O. (2018). High School "ŽStudents' Critical Thinking Related to "ŽTheir Metacognitive Self-Regulation and "ŽPhysics Self-Efficacy Beliefs. Journal of "ŽEducation and Training Studies, 6(4), "Ž"Ž125-130."Ž

Hidayat, A. (2017). Penjelasan Teknik "ŽPurposive Sampling Lengkap Detail. "ŽRetrieved August 28, 2019, from "Žhttps://www.statistikian.com/2017/06/penjelasan-teknik-purposive-sampling.html

Hoffman, B., & Schraw, G. (2009). The "Žinfluence of self-efficacy and working "Žmemory capacity on problem-solving "Žefficiency. Learning and Individual "ŽDifferences, 19(1), 91-100."Ž

Hohmann, J. W., & Grillo, M. C. (2014). Using "Žcritical thinking rubrics to increase "Žacademic performance. Journal of College "ŽReading and Learning, 45(1), 35-51."Ž

Mabruroh, F., & Suhandi, A. (2017). "ŽConstruction of critical thinking skills test "Žinstrument related the concept on sound "Žwave. In Journal of Physics: Conference "ŽSeries (Vol. 812, p. 12056). IOP "ŽPublishing."Ž

Pajares, F. (2002). Self-efficacy Beliefs in "ŽAcademic Setting: Review of Educational "ŽResearch. Florida: Educational Research "ŽCouncil Research Bulletin."Ž

Phan, H. P. (2009). Relations between goals, "Žself"efficacy, critical thinking and deep "Žprocessing strategies: a path analysis. "ŽEducational Psychology, 29(7), 777-799."Ž

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan "ŽKeterampilan Abad Ke-21 dalam "ŽPembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi "ŽPendidikan Kimia, 13(1)."Ž

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian "ŽUntuk Guru-Karyawan dan Peneliti "ŽPemula. Bandung: Alfabeta."Ž

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran "ŽBerbasis Komputer: Mengembangkan "ŽProfesionalisme Abad 21. Bandung: "ŽAlfabeta."Ž

Santrock, J. W., & Santrock, J. W. (2007). "ŽPsikologi Pendidikan edisi kedua. Kencana "ŽPrenada Media Group."Ž

Sukartono. (2019). Revolusi Industri 4.0 dan "ŽDampaknya Terhadap Pendidikan di "ŽIndonesia. Surakarta."Ž

Sundari, P. D., Parno, & Kusairi, S. (2016). "ŽHubungan Antara Efikasi-diri dan "ŽKemampuan Berpikir Kritis Siswa. In "ŽSemnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM "Ž"Ž(pp. 405-415). Malang. Retrieved from "Žhttp://pasca.um.ac.id/wp-"Žcontent/uploads/2017/02/Putri-Dwi-405-"Ž"Ž415.pdf"Ž

Suprapto, N., Chang, T.-S., & Ku, C.-H. (2017). "ŽConception of learning physics and self-"Žefficacy among Indonesian university "Žstudents. Journal of Baltic Science "ŽEducation, 16(1), 7-19."Ž

Sutarno, S., Setiawan, A., Suhandi, A., "ŽKaniawati, I., & Hamdani, D. (2018). "ŽModel Higher Order Thinking Virtual "ŽLaboratory: Model Praktikum Fisika "ŽBerbasis Keterampilan Berpikir Kritis dan "ŽPemecahan Masalah Secara Kreatif. Jurnal "ŽPendidikan Eksakta, 3(5)."Ž

Sya"˜ban, A. (2005). Teknik Analisis Data "ŽPenelitian Aplikasi program SPSS dan "ŽTeknik Menghitungnya, 1-71. Universitas "ŽMuhammadiyah Prof. Dr. Hamka."Ž

Wilson, K., & Narayan, A. (2016). "ŽRelationships among individual task self-"Žefficacy, self-regulated learning strategy "Žuse and academic performance in a "Žcomputer-supported collaborative learning "Ženvironment. Educational Psychology, "Ž"Ž36(2), 236-253."Ž




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v1i2.2553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS