Implementasi Self-Efficacy dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Kimia di Abad 21
Abstract
Abad ke-21 ini ditandai dengan era revolusi industri 4.0 yang menuntut dunia pendidikan berbenah diri untuk dapat meningkatkan kualitas dari berbagai aspek. Salah satunya menciptakan peserta didik yang memiliki keterampilan 4C (Creativity and Innovation, Critival Thinking and Problem Solving, Communication, and Collaboration). Pada penelitian ini kami mengacu pada kemampuan berpikir kritis. Perkembangan keterampilan berpikir kritis ternyata dipengaruhi oleh faktor kepribadian, salah satunya self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self-efficacy dan keterampilan berpikir kritis siswa serta keterkaitan dua variabel tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode korelasional. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, sebanyak 63 siswa dari kelas XI MIPA di SMAN 2 Kab. Tangerang dipilih sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan angket Physic Learning Self-Efficacy yang diadaptasi dari Suprapto dan Chang (2017) dan tes uraian keterampilan berpikir kritis yang diadaptasi dari Ennis (1985). Hasil memunjukkan secara keseluruhan self-efficacy dan keterampilan berpikir kritis siswa berturut-turut sebesar 73,65 dan 65,71 dengan kategori baik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bandura, A. (1977). Self-efficacy: toward a unifying theory of behavioral change. Psychological Review, 84(2), 191.
Bandura, A. (2010). Self‐efficacy. The Corsini Encyclopedia of Psychology, 1–3.
Cheung, D. (2015). The combined effects of classroom teaching and learning strategy use on students’ chemistry self-efficacy. Research in Science Education, 45(1), 101–116.
De Bono, E. (2007). Revolusi berpikir. Bandung: Mizan Media Utama.
Ennis, R. H. (1985). A logical basis for measuring critical thinking skills. Educational Leadership, 43(2), 44–48.
Ghanizadeh, A., & Mirzaee, S. (2012). EFL learners’ self-regulation, critical thinking and language achievement. International Journal of Linguistics, 4(3), 451–468.
Gurcay, D., & Ferah, H. O. (2018). High School Students’ Critical Thinking Related to Their Metacognitive Self-Regulation and Physics Self-Efficacy Beliefs. Journal of Education and Training Studies, 6(4), 125–130.
Hidayat, A. (2017). Penjelasan Teknik Purposive Sampling Lengkap Detail. Retrieved August 28, 2019, from https://www.statistikian.com/2017/06/penjelasan-teknik-purposive-sampling.html
Hoffman, B., & Schraw, G. (2009). The influence of self-efficacy and working memory capacity on problem-solving efficiency. Learning and Individual Differences, 19(1), 91–100.
Hohmann, J. W., & Grillo, M. C. (2014). Using critical thinking rubrics to increase academic performance. Journal of College Reading and Learning, 45(1), 35–51.
Mabruroh, F., & Suhandi, A. (2017). Construction of critical thinking skills test instrument related the concept on sound wave. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 812, p. 12056). IOP Publishing.
Pajares, F. (2002). Self-efficacy Beliefs in Academic Setting: Review of Educational Research. Florida: Educational Research Council Research Bulletin.
Phan, H. P. (2009). Relations between goals, self‐efficacy, critical thinking and deep processing strategies: a path analysis. Educational Psychology, 29(7), 777–799.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Santrock, J. W., & Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan edisi kedua. Kencana Prenada Media Group.
Sukartono. (2019). Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya Terhadap Pendidikan di Indonesia. Surakarta.
Sundari, P. D., Parno, & Kusairi, S. (2016). Hubungan Antara Efikasi-diri dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM (pp. 405–415). Malang. Retrieved from http://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/Putri-Dwi-405-415.pdf
Suprapto, N., Chang, T.-S., & Ku, C.-H. (2017). Conception of learning physics and self-efficacy among Indonesian university students. Journal of Baltic Science Education, 16(1), 7–19.
Sutarno, S., Setiawan, A., Suhandi, A., Kaniawati, I., & Hamdani, D. (2018). Model Higher Order Thinking Virtual Laboratory: Model Praktikum Fisika Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Secara Kreatif. Jurnal Pendidikan Eksakta, 3(5).
Sya‘ban, A. (2005). Teknik Analisis Data Penelitian Aplikasi program SPSS dan Teknik Menghitungnya, 1-71. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Wilson, K., & Narayan, A. (2016). Relationships among individual task self-efficacy, self-regulated learning strategy use and academic performance in a computer-supported collaborative learning environment. Educational Psychology, 36(2), 236–253.
DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v1i2.2553
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo |
|
E-mail: jjec@ung.ac.id |
|
Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |